Berbagi Berkah di Bulan Ramadhan - Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Kapuas

Gambar
Kuala Kapuas, 5 April 2024 Dewan Pengurus Daerah Persatuan Perawat Nasional Indonesia DPD PPNI Kab. Kapuas, pada Ramadhan 1445H tahun ini berbagi Berkah Ramadhan dengan Tema "Jum'at Berkah Ramadhan"  Kegiatan ini dihimpun dari sumbangan anggota PPNI dan beberapa donatur, jumlah yang dibagikan 1.400 item terdiri dari beras, gula, minyak goreng, telur, nasi kotak dan takjil adapun sasaran ditahun ini, Rumah Singgah, Panti Asuhan, fakir miskin dan dhuafa. Foto, video dan tulisan merupakan kiriman Bapak M. Hipni

Mengatasi tidak bisa menahan kencing tanpa operasi

Melatih kandung kemih dapat membantu mengatasi tidak dapat menahan kencing (inkontinensia). Terapi inkontinensia ini melibatkan belajar untuk kencing sesuai jadwal dan melakukan latihan otot pelvis.

Berikut ini adalah langkah-langkah teknik latihan kandung  kemih:

  1. Buat catatan. Selama satu atau dua hari, catat kapan Anda kencing atau terkencing selama satu hari.
  2. Hitung. Rata-rata berapa kali sehari Anda menunggu diantara waktu ke kamar mandi dalam sehari.
  3. Pilih sebuah interval. Berdasarkan interval untuk kencing, tetapkan interval awal untuk latihan sehingga menjadi 15 menit lebih lama. Jadi, jika interval Anda adalah 1jam, maka interval permulaan Anda adalah satu jam dan 15 menit.
  4. Tahan. Pada hari Anda memulai latihan Anda, kosong kandung kemih Anda di pagi hari dan jangan ke kamar mandi sampai Anda mencapai target waktu interval Anda. Jika waktu interval sampai sebelum Anda merasa ingin kencing, tetap ke kamar mandi. Jika Anda ingin kencing sebelum target interval, ingatkan diri Anda bahwa kandung kemih Anda belum terlalu penuh, dan gunakan teknik apapun yang dapat Anda lakukan untuk menunda keinginan tersebut. Coba latihan dasar pelvis (Kegel), atau coba menunggu 5 menit lagi sebelum berjalan perlahan ke kamar mandi.
  5. Tingkatkan interval Anda. Sekali Anda berhasil dengan interval awal, tingkatkan interval tersebut 15 menit lagi. Dalam beberapa minggu atau bulan, Anda akan dapat menunggu lebih lama dan Anda kurang merasa "kebelet". Setelah empat sampai delapan minggu, jika Anda rasa, Anda sudah merasakan adanya perbaikan terhadap inkontinensia Anda, lakukan catatan lain. Bandingkan catatan awal Anda dengan catatan kedua Anda untuk melihat perbaikan dalam interval Anda dan jumlah urin yang Anda keluarkan. Tindakan meninjau dan membandingkan akan membantu mendorong proses latihan kandung kemih.
Diterjemahkan dari HEALTHbeat 7 Oktober 2022

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan