Konsolidasi Asosiasi Rumah Sakit Daerah (ARSAD) 2024

Gambar
  Pada hari Kamis, 25 April 2024 bertempat di Hotel Santika dilaksanakan Konsolidasi ARSADA - RSD Se-Indonesia dengan tema Strategi Pelayanan Farmasi dan Regulasi Pajak di Rumah Sakit Daerah. Dr. dr. Slamet Riyadi menyampaikan sambutan dari ARSADA tentang berbagai asumsi yang harus diantisipasi sebagai berikut: 1. Pemerintahan Baru. Potensi dampaknya kepada rumah sakit daerah. Kepala daerah baru (periode baru) DPRD Baru (periode baru) Posisi / kedudukan direktur rumsah sakit daerah Hubungan Pemda dengan rumah sakit daerah Kebijakan Pemda tentang uang, sarana prasarana dan sumber daya manusia Konsistensi pelaksanaan BLU/BLUD 2. Kefarmasian. Kepmenkes HK.01.07/Menkes/503/2024. Nilai klaim harga obat program rujuk balik; obat penyakit kronis di fasilitas pelayanan kesehatan tingkat lanjut, obat kemoterapi, dan obat alteplase. Potensi dampak kepada rumah sakit daerah: Output: Mutu Layanan Kefarmasian meningkat Konsolidasi katalog elektronik sektoral kementerian kesehatan Penataan formulari

ChatGPT, Bing dan Al-Qur'an

 


Saat membaca Qur'an di Masjid Baitul Kurnia, Bintaro, Tangerang Selatan, saya ingin mengetahui tafsir dari ayat yang saya baca. Saya lalu membuka aplikasi Bing yang ada di HP saya. Saya lalu mengetuk lambang chat Bing yang ada di tengah bawah:


Lalu saya ketik perintah, "Terjemahkan kata per kata surat Fathir ayat 18", lalu muncul jawaban berikut:

=========================================================================

Terjemahan kata per kata surat Fathir ayat 18 adalah sebagai berikut:

- وَلَا تَزِرُ: dan tidak memikul
- وَازِرَةٌ: orang yang berdosa
- وِّزْرَ: dosa
- اُخْرٰى: orang lain
- وَاِنْ تَدْعُ: dan jika memanggil
- مُثْقَلَةٌ: seseorang yang berat dosanya
- اِلٰى حِمْلِهَا: untuk memikul dosanya itu
- لَا يُحْمَلْ: tidak akan dipikulkan
- مِنْهُ شَيْءٌ: sedikitpun darinya
- وَّلَوْ كَانَ ذَا قُرْبٰىۗ: meskipun (yang dipanggilnya itu) kaum kerabatnya
- اِنَّمَا تُنْذِرُ: sesungguhnya yang dapat kamu beri peringatan hanya 
- الّذين يخشون ربهم بالغيب : orang-orang yang takut kepada azab Tuhannya (sekalipun) mereka tidak melihat-Nya 
- وأقاموا الصلاة : dan mereka mendirikan shalat

Sumber terjemahan kata per kata ini adalah ¹. Jika Anda ingin mengetahui arti keseluruhan ayat ini dalam bahasa Indonesia, Anda bisa membaca tafsir dari sumber lain seperti ⁴ atau ⁶.

Source: Conversation with Bing, 3/1/2023(1) Quran Surat Fatir Ayat 18 Arab, Latin, Terjemahan Arti Bahasa Indonesia. https://tafsirweb.com/7884-quran-surat-fatir-ayat-18.html Accessed 3/1/2023.
(2) Tafsir Surah Fathir Ayat 18 Dahsyatnya Hari Kiamat - Tafsir Al Quran. https://tafsiralquran.id/tafsir-surah-fathir-ayat-18/ Accessed 3/1/2023.
(3) Al-Qur'an Surat Fatir Ayat ke-18 | merdeka.com. https://www.merdeka.com/quran/fatir/ayat-18 Accessed 3/1/2023.
(4) Surat Fatir Ayat 18 - TafsirWeb. https://tafsirweb.com/7884-surat-fatir-ayat-18.html Accessed 3/1/2023.
(5) Surat Al-Fath Ayat 18 - TafsirWeb. https://tafsirweb.com/9730-surat-al-fath-ayat-18.html Accessed 3/1/2023.
(6) Surat Fatir Ayat 18 | Tafsirq.com - Tafsir AlQuran Online. https://tafsirq.com/35-fatir/ayat-18 Accessed 3/1/2023.
=========================================================================

Lalu saya mengetikkan perintah, "Bagaimana pendapat Nouman Ali Khan terhadap ayat ini". Jawabannya adalah sebagai berikut:

=========================================================================
Pendapat Nouman Ali Khan terhadap ayat ini bisa Anda dengarkan dalam video ¹ yang berdurasi 2 menit 47 detik. Dalam video tersebut, beliau menjelaskan bahwa ayat ini mengajarkan kita tentang tanggung jawab pribadi atas dosa-dosa kita dan tidak bisa menyalahkan orang lain atau mencari bantuan dari mereka. Beliau juga memberikan contoh dari kisah Nabi Adam dan Hawa yang mengakui kesalahan mereka masing-masing ketika ditanya oleh Allah SWT. Beliau menekankan bahwa kita harus sadar akan konsekuensi dari perbuatan kita dan berusaha untuk bertaubat sebelum terlambat.

Source: Conversation with Bing, 3/1/2023(1) Surah 35 Al Fatir Ayat 18 by Nouman Ali khan - YouTube. https://www.youtube.com/watch?v=PHnJTkluXEM Accessed 3/1/2023.
(2) QS. Faathir (Pencipta) – surah 35 ayat 18 [QS. 35:18] - RisalahMuslim. https://risalahmuslim.id/quran/faathir/35-18/ Accessed 3/1/2023.
(3) 35 - Surah Fatir Explanation | Quran Tafseer Series | Dr. Nouman Ali Khan. https://www.youtube.com/watch?v=nnXv9Q8Igv8 Accessed 3/1/2023.
=========================================================================

Jadi kita bisa bertanya apa saja tentang Qur'an pada Bing yang sudah mengintegrasikan ChatGPT ke dalam sistemnya.

Kita bisa bertanya kepada Bing tafsir dari berbagai macam ulama Qur'an yang kita kenal. Jadi ini merupakan suatu hal yang sangat luar biasa. 

Menariknya, cara Bing menjawab pertanyaan tidak pernah sama. Apa yang saya tulis diatas adalah apa yang saya coba ulang setelah pulang dari masjid. Hasil yang ditampilkan Bing berbeda dengan apa yang ditampilkannya saat di masjid tadi.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan