Sosialisasi Peningkatan Kepatuhan Terhadap Pemenuhan Standar Pelayanan Publik di Lingkungan Kabupaten Kapuas

Gambar
  Kegiatan Sosialisasi Peningkatan Kepatuhan Terhadap Pemenuhan Standar Pelayanan Publik di Lingkungan Kabupaten Kapuas dilaksanakan pada hari Selasa, 30 April 2024 di aula Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan Daerah Kabupaten Kapuas.  Dalam sambutan dari Asisten III, Bapak Ahmad M. Saribi, beliau mengharapkan adanya arahan dari Sekretaris Daerah terkait masalah pembangunan Zona Integritas di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas. Bapak Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas, Drs, Septedy, menyampaikan bahwa hasil dari Ombudsman untuk tahun 2023 adalah 82,72. Tapi penilaian KPK, kita berada pada 68,99 padahal target nasional adalah di atas 70. Kita tidak boleh puas dengan kepatuhan di Ombudsman, kita harus meningkatkan satuan pengawasan internal. Beliau bertanya, kalau darah lain bisa, mengapa kita tidak bisa. Mengapa? Masalahnya dimana? Pekerjaan ini adalah pekerjaan kita semua,

Mendaki Bukit Simancik

Gambar ini dibuat oleh Microsoft Bing Creator

Oleh: ChatGPT dibantu oleh Jum'atil Fajar

Pada suatu hari, kami, sekelompok siswa kelas lima SD, memutuskan untuk mengadakan petualangan kecil. Tujuan kami adalah Bukit Simancik yang terletak di Kota Sungai Penuh, Jambi. Kami berencana untuk berangkat di pagi hari dan kembali di sore hari.

Sebelum fajar, kami bangun dan mempersiapkan diri. Kami masing-masing membawa tas kecil, namun hanya berisi bekal makanan seadanya dan botol air yang bisa disandang, seperti nasi yang dibungkus daun pisang.

Saat fajar menyingsing, kami memulai perjalanan kami. Suasana pagi di Kota Sungai Penuh masih sangat tenang. Suara burung-burung yang berbunyi riang menyambut awal petualangan kami.

Kami mulai menapaki bukit yang dikenal dengan Bukit Simancik. Jalur yang kami lalui adalah jalur penghijauan yang dilakukan oleh SPMA Sungai Penuh. Pada jalur tersebut, barisan bibit pohon yang baru ditanam tampak menjanjikan, walaupun masih kecil. Mereka berdiri tegak, menjanjikan masa depan yang lebih hijau bagi bukit ini. Kami menikmati setiap detik perjalanan kami, berjalan perlahan sambil menikmati indahnya pemandangan sekitar.

Meskipun kami masih kecil dan pendakian bukit bisa menjadi tantangan yang cukup berat, kami tidak pernah merasa takut atau lelah. Setiap kali ada di antara kami yang mulai merasa lelah, kami akan berhenti sejenak, bersantai di bawah bayangan bibit pohon, dan berbagi makanan ringan dan air dari botol yang kami bawa.

Sesampainya di puncak, kami disambut oleh pemandangan Kota Sungai Penuh yang luar biasa. Salah satu pemandangan yang paling memukau adalah Danau Kerinci, yang tampak indah dan menenangkan dari ketinggian. Kami duduk bersama, menikmati bekal makanan yang kami bawa sambil memandangi keindahan kota dan danau dari ketinggian. Kami bercanda, tertawa, dan berbagi cerita, membuat hari itu menjadi lebih spesial.

Saat tiba saatnya untuk menuruni bukit, suasana menjadi sedikit tegang. Menuruni bukit ternyata jauh lebih sulit dibandingkan mendakinya. Saya, khususnya, merasa agak kesulitan untuk menahan laju. Pada suatu titik, laju saya semakin cepat dan saya harus berpikir cepat. Akhirnya, saya memutuskan untuk menabrakkan diri ke sebuah pohon pisang untuk menghentikan laju saya. Meski terdengar lucu, momen itu cukup membuat saya merasa takut.

Namun, setelah itu kami semua bisa turun dengan selamat. Kami meninggalkan bukit dengan senyum lebar dan hati yang penuh kebahagiaan. Kami membawa pulang kenangan yang tak akan pernah kami lupakan dari petualangan hari itu. Hari itu, kami bukan hanya mendaki bukit, tetapi juga mendaki tangga kebersamaan dan persahabatan. Pengalaman menabrak pohon pisang itu, bahkan menjadi cerita yang sering kami ceritakan dan tertawa bersama.