Panduan Lengkap Operasi Katarak: Sebelum, Selama, dan Sesudahnya

Gambar
  Di masa kuno, orang Mesir kuno menggunakan teknik bedah yang dikenal sebagai "couching," di mana jarum tajam digunakan untuk menggeser lensa yang keruh keluar dari bidang pandang dan masuk ke dalam rongga vitreus di bagian belakang mata. Kemudian, orang Romawi menggunakan metode yang disebut "needling" untuk memotong katarak menjadi potongan-potongan kecil yang cukup kecil untuk diserap kembali. Meskipun kedua prosedur tersebut dapat meningkatkan penglihatan, mereka tidak dapat menyediakan penglihatan yang sepenuhnya jernih karena tidak menggantikan lensa. Terobosan tersebut tidak datang sampai tahun 1940-an, ketika ahli oftalmologi Inggris, Harold Ridley, menemukan lensa intraokular. Berbeda dengan operasi di zaman kuno, operasi katarak saat ini menggunakan sayatan kecil dan sedotan untuk mengeluarkan lensa yang keruh, dan kemudian menggantinya dengan lensa plastik buatan. Ekstraksi lensa dilakukan menggunakan salah satu dari dua prosedur: phacoemulsification ata

Dinamika Konflik Israel-Palestina: Strategi Netanyahu dan Implikasinya

 

Konflik antara Israel dan Palestina telah lama menjadi topik perdebatan dan konflik internasional. Peran Benjamin Netanyahu, mantan Perdana Menteri Israel, telah menjadi fokus utama dalam beberapa tahun terakhir, terutama berkaitan dengan pendekatannya terhadap Palestina dan implikasi kebijakannya yang luas.

1. Pandangan Netanyahu terhadap Negara Palestina

Netanyahu berpendapat bahwa Palestina tidak berhak atas sebuah negara sendiri. Pada tahun 2007, pembahasan antara intelijen militer Israel dan AS menyoroti konflik di kawasan, termasuk masalah Iran, Suriah, Jalur Gaza, dan Hamas.


2. Kontrol Hamas atas Gaza

Setelah memenangkan pemilu, Hamas mengambil alih kendali penuh Gaza. Kekhawatiran meningkat baik di Israel maupun AS mengingat tindakan kekerasan Hamas terhadap warga sipil Israel. Seorang pejabat Israel bahkan menyatakan bahwa dengan kendali Hamas atas Gaza, Israel dapat memperlakukannya sebagai negara musuh.


3. Sejarah dan Pembentukan Israel

Gerakan Zionis, yang berjuang untuk tanah air Yahudi di tengah penganiayaan sepanjang sejarah, memainkan peran penting dalam pembentukan negara Israel di wilayah Palestina. Pembagian wilayah oleh Inggris dan PBB menimbulkan konflik lanjutan antara Arab asli dan imigran Yahudi, yang berujung pada pengusiran Arab Palestina.


4. Dampak Pendudukan Israel

Pasca perang 1967, pendudukan Israel atas wilayah Palestina menciptakan kondisi yang kompleks di Tepi Barat dan Jalur Gaza. Pembangunan permukiman dan kontrol ketat atas wilayah tersebut menimbulkan berbagai masalah sosial dan politik.


5. Strategi Netanyahu: Sabotase dan Kekuatan

Netanyahu dikenal karena taktiknya dalam menggagalkan perjanjian damai dan mencegah pembentukan negara Palestina. Strategi 'memecah dan menaklukkan' Palestina diimplementasikan untuk melemahkan posisi negosiasi mereka.


6. Konflik Berkelanjutan dan Peningkatan Permukiman

Peningkatan permukiman di bawah kepemimpinan Netanyahu dan kebijakannya memperburuk kondisi Palestina. Divisi pemerintahan Palestina antara Hamas dan faksi sekuler juga dimanfaatkan oleh Israel untuk mempertahankan kontrol.


7. Netanyahu dan Hamas: Sebuah Aliansi Paradoks

Pandangan Netanyahu yang memandang Hamas sebagai alat untuk menjaga Palestina tetap terpecah telah menimbulkan situasi paradoks. Kebijakannya yang secara tidak langsung mendukung kekuasaan Hamas di Gaza telah memperlemah posisi Palestina secara keseluruhan.


8. Dampak pada Keamanan dan Masa Depan

Serangan besar Hamas pada tahun 2023 menunjukkan kegagalan strategi Netanyahu dalam memastikan keamanan bagi rakyat Yahudi. Kebijakannya, yang seharusnya memberikan perlindungan, justru menciptakan ketidakamanan dan konflik yang lebih luas.


Kesimpulan

Konflik Israel-Palestina adalah cerminan dari kompleksitas politik internasional. Kebijakan yang diambil oleh pemimpin seperti Netanyahu tidak hanya mempengaruhi wilayah lokal tetapi juga dinamika global. Penyelesaian damai yang adil dan berkelanjutan masih menjadi tantangan besar di kawasan ini.

Artikel ini dirangkum oleh ChatGPT dari transkrip video di atas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan