Entri yang Diunggulkan

Weekend With Qur'an (Program Tahfizh Intensif 3 hari)

Lembaga Tahfidz Kalimantan (LTK) bekerja sama dengan Pesantren Tahfidz dan Dirosat Al-Qur'an (PTDQ) Al-Hayah akan menyelenggarakan We...

Sabtu, 11 Februari 2017

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia (ASA)

ASA, menggiling, mengasah; akan mengasah; fokus. Toh paham kanjihi pisau, ombet asae, sekarang pisau sangat tajam, cukup diasah. - Tepa kea menteng aso te, paham asae, akhirnya berani juga anjing ini, sangat terasah. Tepa kea ie masawa awi paham asae, akhirnya dia menikah karena sudah terus-menerus diasah, = setelah meminta kemana-mana, dipaksakan. - Masa, hasa dengan, mengasah. Masa arepe dengan olo, dipaksakan dengan seseorang. - Haasaasa, sering, lama menggiling. - Taraasa,  akan bisa diasah. - Paasa, pamasa, yang menggiling segalanya; arepe, yang selalu menyerang. - Kasa, saling menggesek (dari 2, barang yang sama, besi dengan besi, kayu dengan kayu, batu dengan batu, batu kasar, yang membuatnya menjadi batu giling yang halus;). - Hakasa, bergesekan (seperti angin menggoyangkan pohon.) - Mangasa, hakasa dengan, bergesekan, mengasah (pisau) - Asaasa, mengganggu, mendesak, terus-menerus. Asaasa ie blaku pakanan intu aku, dia terus menerus dan mendesak meminta saya untuk memberinya makan.

Sumber: 
Hardeland, A. (1859) Dajacksch-Deutsches W├Ârterbuch, Amsterdam: Frederik Muller Amsterdam (on behalf and for cost of Nederland Bijbel Genootschap)