Sosialisasi Peningkatan Kepatuhan Terhadap Pemenuhan Standar Pelayanan Publik di Lingkungan Kabupaten Kapuas

Gambar
  Kegiatan Sosialisasi Peningkatan Kepatuhan Terhadap Pemenuhan Standar Pelayanan Publik di Lingkungan Kabupaten Kapuas dilaksanakan pada hari Selasa, 30 April 2024 di aula Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan Daerah Kabupaten Kapuas.  Dalam sambutan dari Asisten III, Bapak Ahmad M. Saribi, beliau mengharapkan adanya arahan dari Sekretaris Daerah terkait masalah pembangunan Zona Integritas di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas. Bapak Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas, Drs, Septedy, menyampaikan bahwa hasil dari Ombudsman untuk tahun 2023 adalah 82,72. Tapi penilaian KPK, kita berada pada 68,99 padahal target nasional adalah di atas 70. Kita tidak boleh puas dengan kepatuhan di Ombudsman, kita harus meningkatkan satuan pengawasan internal. Beliau bertanya, kalau darah lain bisa, mengapa kita tidak bisa. Mengapa? Masalahnya dimana? Pekerjaan ini adalah pekerjaan kita semua,

Pembukaan Jambore dan Bakti Sosial Penanggulangan Bencana Taruna Siaga Bencana (Tagana) se-Kalimantan Tengah Tahun 2010

Atraksi Taruna Siaga Bencana (Tagana)
Pada hari Sabtu, 16 Oktober 2010 pada pukul 08.30 - 09.30 WIB bertempat di Stadion Panjung Tarung Kuala Kapuas diselenggarakan kegiatan pembukaan Jambore dan Bakti Sosial Penanggulangan Bencana Taruna Siaga Bencana se-Kalimantan Tengah Tahun 2010.

Kegiatan bakti sosial yang akan dilaksanakan adalah donor darah dan membersihkan saluran air yang tersumbat di Jalan Mahakam, Kuala Kapuas.

Spanduk Jambore dan Bakti Sosial Penanggulangan Bencana Tagana
Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan Tagana dari seluruh Kalimantan Tengah yang berjumlah sekitar 173 orang. Jumlah Tagana yang aktif di Kalimantan Tengah adalah sebanyak 613 orang.
Tagana dari berbagai kabupaten
Para peserta menempati tenda-tenda yang dibuat sendiri. Masing-masing kabupaten memiliki tenda masing-masing.
Tenda peserta dari Kotawaringin Timur (Sampit)
Sarana dan prasarana yang dimiliki oleh Tagana sangat lengkap, mereka memiliki perahu karet yang digunakan untuk menyelamatkan korban atau mengantarkan logistik saat banjir atau bencana di sungai.
Perahu karet
Selain itu mereka juga mempunyai truk yang dapat digunakan untuk mengangkut tenda dan perlengkapan lain.
Mobil unit siaga bencana
Dalam penanggulangan bencana Tagana tidak bekerja sendiri, mereka bekerjasama dengan berbagai pihak. Diantaranya adalah Pemadam Kebarakan, baik yang negeri maupun swasta.
Petugas pemadam kebakaran swasta dan peralatannya
Kegiatan ini dibukan oleh Bupati Kapuas. Kemudian dilanjutkan dengan simulasi penanggulangan bencana, berupa pendirian tenda, menyeberangkan masyarakat dari dua sisi sungai, sebagaimana gambar dibawah ini.
Simulasi menyeberangkan sepeda dengan tali
Atau melakukan penyelamatan korban dengan menggunakan perahu karet, sebagaimana simulasi dibawah ini:
Simulasi penyelamatan menggunakan perahu karet

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan