Piagam Hak-Hak Keselamatan Pasien

Gambar
  Hak atas Perawatan yang Tepat Waktu, Efektif, dan Sesuai : Pasien berhak menerima perawatan yang responsif dan efektif, disesuaikan dengan kebutuhan kesehatan mereka, dan tersedia selama 24 jam. Hak atas Proses dan Praktik Perawatan Kesehatan yang Aman : Pasien berhak mengharapkan praktik perawatan yang aman, termasuk identifikasi pasien yang akurat, pengelolaan transisi perawatan yang aman, dan pencegahan infeksi. Hak atas Tenaga Kesehatan yang Kompeten dan Berkualifikasi : Pasien berhak diberi perawatan oleh tenaga kesehatan yang memiliki kualifikasi, keahlian, dan kompetensi sesuai dengan standar nasional dan internasional. Hak atas Produk Medis yang Aman dan Penggunaannya yang Rasional : Pasien berhak mengakses produk medis yang aman, termasuk obat-obatan, vaksin, dan teknologi medis, serta penggunaannya yang aman dan rasional. Hak atas Fasilitas Perawatan Kesehatan yang Aman dan Terlindungi : Pasien berhak diberi perawatan dalam fasilitas yang aman dan terlindungi, dengan desain

Sarana transportasi umum di Mahidol University


Ini sepeda Mahidol University (MU), warnanya putih. Jika kita menemukan sepeda ini di mana saja di lingkungan kampus, kita boleh memakainya karena ini sepeda milik bersama (public bicycle). Siapa saja boleh memakainya, tapi tidak boleh jadi hak milik pribadi, tidak boleh dibawa keluar kampus, tidak boleh mengubah/menambah asesories apapun, termasuk mengubah warnanya.




Semua mahasiswa di sini umumnya pakai sepeda di dalam kampus. Tidak heran jika di tiap fakultas berderet-deret sepeda diparkir di depan halamannya. MU juga menyediakan sarana parkir sepeda, sehingga semua sepeda diparkir dengan rapi. Gambar di samping adalah parkir sepeda di depan Enginering Faculty. Bisa dibayangkan, calon-calon sarjana teknik di kampus ini mereka pakai sepeda! Sepedanya rata-rata sederhana, seperti sepeda mini adik-adik kita di SMP. Sepeda model Polygon, United, dll yang pakai gigi sangat jarang saya temui di sini. Jadi umumnya mahasiswa di sini pakai sepeda yang murah meriah, he he he.... Murah, sehat dan bebas polusi.. Siip dah!!


Ini trem MU, siap mengantar siapa saja yang memerlukan. Trem ini tiap hari berputar keliling kampus. Karena kampus Mahidol Salaya sangat luas, wajar jika universitas menyediakan ini sebagai sarana transportasi umum gratis.
Uniknya supirnya tidak duduk, tapi berdiri. Klaksonnya berupa lonceng. Kadang trem ini juga full music, tergantung supirnya mau putar lagu apa. Jadi kadang kalau trem lewat, ramai : ada lonceng plus musik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan