Sosialisasi Peningkatan Kepatuhan Terhadap Pemenuhan Standar Pelayanan Publik di Lingkungan Kabupaten Kapuas

Gambar
  Kegiatan Sosialisasi Peningkatan Kepatuhan Terhadap Pemenuhan Standar Pelayanan Publik di Lingkungan Kabupaten Kapuas dilaksanakan pada hari Selasa, 30 April 2024 di aula Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan Daerah Kabupaten Kapuas.  Dalam sambutan dari Asisten III, Bapak Ahmad M. Saribi, beliau mengharapkan adanya arahan dari Sekretaris Daerah terkait masalah pembangunan Zona Integritas di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas. Bapak Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas, Drs, Septedy, menyampaikan bahwa hasil dari Ombudsman untuk tahun 2023 adalah 82,72. Tapi penilaian KPK, kita berada pada 68,99 padahal target nasional adalah di atas 70. Kita tidak boleh puas dengan kepatuhan di Ombudsman, kita harus meningkatkan satuan pengawasan internal. Beliau bertanya, kalau darah lain bisa, mengapa kita tidak bisa. Mengapa? Masalahnya dimana? Pekerjaan ini adalah pekerjaan kita semua,

Program Penanganan Kemiskinan di Kabupaten Kapuas

Banyak program penanganan kemiskinan yang tersebar di berbagai dinas dan badan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kapuas. Misalnya di Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kabupaten Kapuas ada Program Keluarga Harapan (PKH) yang memberikan bantuan kepada keluarga miskin untuk bersemangat untuk memeriksakan kehamilan pada petugas kesehatan, menyekolahkan anak usia sekolah, membawa balita ke posyandu. Selain itu juga ada program pembekalan kepada anak jalanan, sehingga mereka punya kemampuan untuk mandiri.

Selain itu juga ada program Beras Miskin yang didistribusikan ke seluruh kelurahan dan desa di lingkungan Kabupaten Kapuas. Kendala Kapuas dalam distribusi beras miskin ini adalah tidak adanya dana distribusi beras dari kecamatan ke kelurahan atau desa. Akibatnya dana distribusi tersebut akhirnya dibebankan kepada harga beras.

Dari bidang kesehatan sendiri, rumah sakit memiliki program Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas), Jaminan Kesehatan Masyarakat Daerah (Jamkesda), Jaminan Persalinan (Jampersal) dan Pelayana Operasi Katarak bagi keluarga tidak mampu.

Dari Badan Amil Zakat sendiri, ada program pemberdayaan masyarakat miskin, walaupun sejauh ini masih belum maksimal dalam pengelolaannya.

Mudah-mudahan berbagai program ini bila disinergikan akan dapat meningkatkan taraf kehidupan masyarakat kurang mampu dilingkungan Kabupaten Kapuas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan