Kacang Dede: Oleh-Oleh Lezat dari Kapuas

Gambar
  Penulisan artikel ini dibantu oleh ChatGPT Saat saya mengunjungi Pameran Koperasi Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) yang diselenggarakan di Lapangan Bukit Ngalangkang dalam rangka Ulang Tahun Koperasi ke-77 dan Pertemuan Raya II Kaum Bapak Gereja Kalimantan Evangelis (GKE) Tahun 2024 se-Indonesia di Kuala Kapuas pada hari Kamis, 25 Juli 2024, saya mengunjungi beberapa stand yang ada di sana. Salah satu yang menjadi favorit adalah kacang di atas. Kacang Dede, produk lokal dari Kapuas, menarik perhatian saya dengan kemasannya yang sederhana namun menarik. Kacang ini diproduksi oleh UMKM setempat dan merupakan salah satu oleh-oleh khas Kapuas yang sangat populer. Kacang ini tidak hanya lezat tetapi juga diproduksi dengan standar kualitas yang tinggi, terbukti dengan adanya sertifikasi P-IRT (Produk Industri Rumah Tangga) dengan nomor 216203010098-28. Kacang Dede ini memiliki tekstur yang renyah dan rasa yang gurih, cocok dinikmati sebagai camilan sehari-hari atau sebagai pendamping

Sate Ayam Sahabat

Penjual Sate Ayam Sahabat
Sate Ayam Sahabat mangkal di dekat Apotek Sederhana, di Pasar Sari Mulia. Beliau mulai berada di tempat ini mulai jam 08.00 WIB dan paling lambat pulang jam 17.00 WIB. Harga satu porsinya (10 tusuk sate ayam + ketupat) adalah Rp 8.000. Bapak penjual sate ini dapat dihubungi pada nomor HP 082159214044. Alamat rumah beliau adalah Jl. Mahakam Gg. VII, Kuala Kapuas.
1 porsi sate ayam sahabat yang dibungkus
Beliau sudah berjualan sate ayam ini sejak tahun 1993. Beliau bisa membuat sate ayam ini karena sebelumnya pernah bekerja dengan paman di Palangka Raya yang membuka toko makan dengan menu ikan bakar dan sate ayam. Dengan ketrampilan ini beliau berjualan sate ayam. Dalam sehari beliau bisa menghabiskan sekitar 1000-1200 tusuk sate. Beliau mulai mempersiapkan jualannya ini mulai jam 03.00 WIB setiap harinya. Beliau membeli daging ayam di pasar sebanyak kurang lebih 10 kilogram sehari. 

Berikut ini adalah video penyiapan pesanan sate ayam yang dibungkus:



* Dimuat dalam Daftar Telepon di Kabupaten Kapuas

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan