Sosialisasi Peningkatan Kepatuhan Terhadap Pemenuhan Standar Pelayanan Publik di Lingkungan Kabupaten Kapuas

Gambar
  Kegiatan Sosialisasi Peningkatan Kepatuhan Terhadap Pemenuhan Standar Pelayanan Publik di Lingkungan Kabupaten Kapuas dilaksanakan pada hari Selasa, 30 April 2024 di aula Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan Daerah Kabupaten Kapuas.  Dalam sambutan dari Asisten III, Bapak Ahmad M. Saribi, beliau mengharapkan adanya arahan dari Sekretaris Daerah terkait masalah pembangunan Zona Integritas di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas. Bapak Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas, Drs, Septedy, menyampaikan bahwa hasil dari Ombudsman untuk tahun 2023 adalah 82,72. Tapi penilaian KPK, kita berada pada 68,99 padahal target nasional adalah di atas 70. Kita tidak boleh puas dengan kepatuhan di Ombudsman, kita harus meningkatkan satuan pengawasan internal. Beliau bertanya, kalau darah lain bisa, mengapa kita tidak bisa. Mengapa? Masalahnya dimana? Pekerjaan ini adalah pekerjaan kita semua,

Fogging Massal / Penyemprotan Massal Demam Berdarah

Sehubungan dengan peningkatan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kapuas, maka Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas merencanakan pelaksanaan fogging massal (penyemprotan massal) di kota Kuala Kapuas. Pemilihan kota Kuala Kapuas mengingat selama ini jumlah kasus tertinggi DBD adalah di kota. Fogging massal ini direncanakan dilaksanakan mulai Minggu 25 Nopember 2012 selama 14 hari ke depan (2 siklus). 

Fogging yang bertujuan untuk membunuh nyamuk dewasa DBD ini dilaksanakan oleh tim Dinas Kesehatan Kab. Kapuas, menggunakan 2 cara yaitu :
  1. Penyemprotan menggunakan mesin yang disandang di bahu petugas (swing fogg)
  2. Penyemprotan menggunakan mesin yang diangkut oleh mobil pick up berjalan (ULV)

Untuk keamanan dan keselamatan,  diminta kerja sama masyarakat sebagai berikut :

Untuk penyemprotan dengan mesin yang disandang di bahu petugas :
  1. Sebelum penyemprotan agar rumah dikosongkan, jangan ada orang di dalam rumah, makanan dan minuman ditutup rapat, binatang peliharaan agar dikeluarkan dari dalam rumah
  2. Selama penyemprotan agar jangan mendekat, tutup hidung dan mulut karena yang disemprotkan adalah zat beracun yang berbahaya
  3. Setelah disemprot agar jendela dan pintu ditutup, jangan masuk ke rumah sampai asap betul-betul hilang

Untuk penyemprotan menggunakan mobil pick up berjalan :
  1. Racun yang disemprotkan lebih pekat karena itu lebih berbahaya
  2. Jangan berdiri dekat-dekat dengan mobil penyemprot
  3. Sebelumnya agar menutup makanan dan minuman rapat-rapat , tutup hidung dan mulut

Selain penyemprotan akan dibagikan juga bubuk Abate secara gratis dan leaflet penyuluhan pencegahan DBD melalui 4M Plus. Bubuk Abate yang dibagikan dalam kantong plastic kira-kira 10 gram diperuntukkan untuk 100 liter air, untuk membunuh jentik-jentik nyamuk.

Penyemprotan ini hanya membunuh nyamuk dewasa, namun tidak dapat membunuh jentik dan telur nyamuk demam berdarah. Karena itu peran serta masyarakat dalam GERAKAN BERSAMA PEMBERANTASAN SARANG NYAMUK (GEBER PSN) 3 M PLUS sangat diharapkan untuk menurunkan kasus demam berdarah. 

Sumber: Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas

Komentar

  1. terima kasih infonya sangat bermanfaat untuk menanggulangi DBD. penyemprotan merupakan cara efektif membasmi jentik nyamuk DBD.

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar terhadap tulisan kami!

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan