Hal-hal yang dapat merusak investasi - Nouman Ali Khan

Gambar
  يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تُبْطِلُوا صَدَقَاتِكُم بِالْمَنِّ وَالْأَذَىٰ كَالَّذِي يُنفِقُ مَالَهُ رِئَاءَ النَّاسِ وَلَا يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ  ۖ  فَمَثَلُهُ كَمَثَلِ صَفْوَانٍ عَلَيْهِ تُرَابٌ فَأَصَابَهُ وَابِلٌ فَتَرَكَهُ صَلْدًا  ۖ  لَّا يَقْدِرُونَ عَلَىٰ شَيْءٍ مِّمَّا كَسَبُوا  ۗ  وَاللَّهُ لَا يَهْدِي الْقَوْمَ الْكَافِرِينَ  ‎   Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan si penerima), seperti orang yang menafkahkan hartanya karena riya kepada manusia dan dia tidak beriman kepada Allah dan hari kemudian. Maka perumpamaan orang itu seperti batu licin yang di atasnya ada tanah, kemudian batu itu ditimpa hujan lebat, lalu menjadilah dia bersih (tidak bertanah). Mereka tidak menguasai sesuatupun dari apa yang mereka usahakan; dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang kafir. (Q.S. Al-Baqarah, 2: 264) Kalau Anda memberi dan mengharapkan sesuatu dari pember

Membenarkan Konsep Yang Salah Tentang Harta


Oleh: Muhammad AlShareef
  1. Allah memerintahkan kita berdo'a: Rabbana aatina fiddunya hasanah wa fil akhirati hasanah waqina adzabannar (Dan di antara mereka ada orang yang berdoa: "Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka) QS. Al Baqarah, 2: 201. Jadi tidak masalah bila kita berdo'a untuk kebaikan kita di dunia, termasuk meminta kekayaan.
  2. Bagi orang-orang yang bertakwa Allah justru memberikan keberkahan kepada mereka:  Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi ... (Q.S. Al A'raaf, 7: 96)
  3. Sahabat datang kepada Rasulullah, kemudian diberi harta. Sahabat tidak mau. Rasulullah mengatakan bahwa harta yang baik adalah yang berada di tangan orang yang baik.
  4. Apakah kekayaan akan mengarahkan orang pada neraka? Tidak. Karena harta membuat Utsman masuk surga.
  5. Harta adalah tes dalam kehidupan. Sahabat yang miskin mengeluh kepada Rasulullah tentang para sahabat yang kaya: Orang kaya, mereka shalat sebagaimana kami shalat, mereka puasa sebagaimana kami puasa, tapi mereka bisa memberikan sedekah yang tidak bisa kami lakukan ... Rasulullah membekali mereka dengan amal-amal yang setara dengan itu.
  6. Apakah harta akan membawa orang ke surga? Tidak selalu, bagi Qarun harta membawanya ke neraka. Hati yang berpengaruh.
  7. Najasyi, meskipun dia sangat kaya, dia menyerahkan diri kepada Allah SWT. Rasulullah menyolatkan beliau secara ghaib ketika meninggal. Tidak ada masalah antara kekuasaan, kekayaan dan keislaman.
  8. Orang miskin masuk surga duluan. Harta tidak membawa ke surga atau ke neraka. Siapa saja berhak masuk neraka. Mertua (Abu Bakar), Istri (Khadijah), menantu (Utsman) Rasulullah, semuanya kaya.
  9. Umar sangat kaya, tapi dia tidak menggunakan hartanya untuk kemewahan. Dia menggunakannya di jalan Allah
  10. Kita harus menjadi teladan dalam memiliki kekayaan dalam kehidupan dunia dan akhirat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan