Pesan Presiden Jokowi dalam Rapat Kerja Kesehatan Nasional 2024

Gambar
  Indonesia berpeluang menjadi negara maju saat bonus demografi terjadi pada tahun 203--an dimana 68% penduduk Indonesia berada pada usia produktif. Bila kita tidak mencapai ini, kita akan seperti Amerika Latin yang tidak bisa menjadi negara maju. Namun banyak tantangan yang harus dihadapi seperti angka stunting yang meskipun sudah menurun dari 37,6% (2013) menjadi 21,5% (2023), namun masih jauh dari target 14%. Kematian akibat penyakit menular juga masih tinggi yaitu stroke 331 ribu per tahun, jantung 296 ribu per tahun dan kanker 297 ribu per tahun. Itulah sebabnya kementerian kesehatan berusaha agar Puskesmas bisa melakukan deteksi dini dengan menggunakan USG dan EKG. Rumah sakit juga diharapkan untuk bersiap menerima CT-Scan, mamografi dan Cath-Lab, Linaec, serta MRI. Tentu semua itu harus ditunjang dengan sumber daya manusia yang memadai. Ketersediaan dokter spesialis masih menjadi problem terbesar. Rasion dokter kita masih 0,47, ranking 147 dunia. RSUD Indonesia 34% tidak punya d

5 cara untuk menjaga kaki anda tetap sehat untuk beraktifitas

Kaki mudah diabaikan - tetapi ia akan membalas budi bila anda merawatnya. Ketika kita tua, nyeri kaki yang kronik dan masalah kaki yang sering terjadi (seperti radang tendon, pembengkakan dan nyeri pada jempol kaki, radang sendi) dapat membatasi gerakan anda.

Tetapi dengan beberapa langkah sederhana untuk merawat kaki anda dapat membantu anda untuk menjaga atau memperbaiki gerakan anda.

1. Mempertahankan berat badan ideal. Kegemukan mempengaruhi kaki anda dengan memberikan tekanan yang lebih besar bagi kaki anda setiap kali anda melangkah. Hal itu juga dapat meningkatkan resiko anda untuk menderita radang sendi di kaki dan nyeri yang makin parah akibat masalah kaki lainnya. Kegemukan dapat juga membahayakan kesehatan kaki dengan membuat anda beresiko lebih tinggi terhadap buruknya sirkulasi darah, yang dapat menyebabkan nyeri kaki dan kehilangan sensasi pada kaki.

2. Pakai sepatu yang baik. Menggunakan sepatu yang nyaman adalah pencegahan terbaik yang anda lakukan untuk memastikan pergerakan anda. Menggunakan sepatu yang ketat atau hak yang tinggi untuk acara satu malam tidak apa-apa. Tapi bila anda sepanjang hari akan berada diatas kaki anda, pilih sepatu yang mendukung dan nyaman. Menginvestasi pada sepatu atletis yang pas untuk berlari, aerobik, dan aktivitas dampak tinggi lainnya.

3. Lembabkan kaki anda. Kulit kaki cenderung menjadi lebih tipis dan lebih kering saat tua; kaki bekalus dapat terbelah dan berdarah, menyebabkan nyeri. Untuk menjaga agar kaki tetap lembut, oleskan losion pelembab tebal ke kaki anda sesudah mandi sesuai keperluan (tetapi hindari ruang diantara jari kaki, dimana terlalu banyak pelembab dapat menyebabkan infeksi).

4. Jaga kebersihan kaki.  Cuci dan keringkan kaki anda saat mandi. Potong kuku untuk menghindari kuku yang tumbuh ke dalam.  Jika anda menggunakan kuteks pada kaki, jaga agar kuku tetap sehat dengan membiarkan mereka "bernapas" beberapa hari setelah anda membersihkannya dan sebelum menggunakannya lagi.

5. Regangkan kaki anda. Orang biasanya tidak berpikir untuk meregangkan ujung dan dasar kaki mereka, tetapi peregangan dapat membantu anda untuk mngobati - dan mencegah - nyeri kaki. Peregangan tendon Achilles juga penting.

Sumber: HEALTHbeat 11 Desember 2015


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan