Sosialisasi Peningkatan Kepatuhan Terhadap Pemenuhan Standar Pelayanan Publik di Lingkungan Kabupaten Kapuas

Gambar
  Kegiatan Sosialisasi Peningkatan Kepatuhan Terhadap Pemenuhan Standar Pelayanan Publik di Lingkungan Kabupaten Kapuas dilaksanakan pada hari Selasa, 30 April 2024 di aula Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan Daerah Kabupaten Kapuas.  Dalam sambutan dari Asisten III, Bapak Ahmad M. Saribi, beliau mengharapkan adanya arahan dari Sekretaris Daerah terkait masalah pembangunan Zona Integritas di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas. Bapak Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas, Drs, Septedy, menyampaikan bahwa hasil dari Ombudsman untuk tahun 2023 adalah 82,72. Tapi penilaian KPK, kita berada pada 68,99 padahal target nasional adalah di atas 70. Kita tidak boleh puas dengan kepatuhan di Ombudsman, kita harus meningkatkan satuan pengawasan internal. Beliau bertanya, kalau darah lain bisa, mengapa kita tidak bisa. Mengapa? Masalahnya dimana? Pekerjaan ini adalah pekerjaan kita semua,

Pengolahan rotan perlu proses panjang

Saat jalan-jalan ke Pangkalan Sari, admin mampir di salah satu rumah perajin rotan. Tuan rumah menjelaskan bagaimana setelah mereka membeli rotan, mereka harus melakukan beberapa proses pengolahan rotan sehingga rotan itu siap untuk diolah menjadi berbagai macam kerajinan seperti bakul rotan, tikar rotan dan lain-lain. Melihat proses yang sangat melelahkan tersebut, dan lamanya waktu yang diperlukan untuk membuat sebuah kerajinan rotan. Nampaknya kita harus lebih menghargai kerajinan rumah tangga ini.
Sabut rotan
Rumah yang admin kunjungi ini adalah rumah sederhana, hampir tanpa sekat. Ada dua keluarga yang hidup di rumah yang sangat sederhana ini. Di ruangan ini sang ibu menidurkan bayinya di ayunan, di ruangan ini juga rotan-rotan yang sedang diolah diletakkan, di ruangan ini juga sang kakek beristirahat di lantai.

Dari proses pengolahan rotan ini, ada juga hasil sampingannya yaitu sabut rotan yang bisa digunakan untuk mandi. Dijual per kilo Rp 5.000.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan