Panduan Lengkap Operasi Katarak: Sebelum, Selama, dan Sesudahnya

Gambar
  Di masa kuno, orang Mesir kuno menggunakan teknik bedah yang dikenal sebagai "couching," di mana jarum tajam digunakan untuk menggeser lensa yang keruh keluar dari bidang pandang dan masuk ke dalam rongga vitreus di bagian belakang mata. Kemudian, orang Romawi menggunakan metode yang disebut "needling" untuk memotong katarak menjadi potongan-potongan kecil yang cukup kecil untuk diserap kembali. Meskipun kedua prosedur tersebut dapat meningkatkan penglihatan, mereka tidak dapat menyediakan penglihatan yang sepenuhnya jernih karena tidak menggantikan lensa. Terobosan tersebut tidak datang sampai tahun 1940-an, ketika ahli oftalmologi Inggris, Harold Ridley, menemukan lensa intraokular. Berbeda dengan operasi di zaman kuno, operasi katarak saat ini menggunakan sayatan kecil dan sedotan untuk mengeluarkan lensa yang keruh, dan kemudian menggantinya dengan lensa plastik buatan. Ekstraksi lensa dilakukan menggunakan salah satu dari dua prosedur: phacoemulsification ata

Mengenal Lebih Dekat Kamus Dwibahasa Dayak Ngaju - Indonesia dan Versi Digitalnya

 

Pendahuluan

Pernahkah Anda penasaran untuk memahami lebih dalam tentang Bahasa Dayak Ngaju? Atau mungkin Anda adalah penutur asli yang ingin memperdalam pengetahuan bahasa Anda? Kabar baiknya, Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah merilis "Kamus Dwibahasa Dayak Ngaju - Indonesia". Kamus ini tidak hanya tersedia dalam bentuk cetak, tetapi juga dalam versi web dan PDF yang bisa diunduh.


Siapa di Balik Kamus Ini?

Kamus ini adalah buah pikir dari tim yang dipimpin oleh Drs. Sumadi, M.Hum. Tim ini juga diperkuat oleh beberapa nama terkemuka lainnya seperti Anthony Suryanyahu, Vujiadi, Iwan Fauzi, dan Ralph Hery Budhiono.


Pentingnya Kamus Ini

Kamus ini lebih dari sekadar kamus. Ini adalah upaya nyata dari pemerintah daerah untuk melestarikan Bahasa Dayak Ngaju. Bahkan, kamus ini juga dirancang untuk mendukung Bahasa Dayak Ngaju sebagai mata pelajaran muatan lokal di sekolah dasar.


Isi Kamus

Kamus ini menyajikan lema dan sublema dengan ejaan yang sesuai dengan perkembangan terkini dari bahasa Dayak Ngaju dan bahasa Indonesia yang telah disempurnakan.


Versi Web dan PDF

Selain versi cetak, kamus ini juga tersedia dalam bentuk aplikasi web yang bisa diakses di Kamus Dayak Ngaju. Bagi Anda yang lebih suka versi PDF, kamus ini bisa diunduh melalui tautan ini.


Kesimpulan

"Kamus Dwibahasa Dayak Ngaju - Indonesia" adalah sebuah sumber informasi yang sangat berharga, tidak hanya untuk penutur asli tetapi juga bagi siapa saja yang ingin mempelajari bahasa ini. Dengan ketersediaan versi web dan PDF, akses ke kamus ini menjadi lebih mudah dan praktis.


Artikel ini ditulis dengan bantuan ChatGPT dengan prompt oleh Jum'atil Fajar

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan