Sosialisasi Peningkatan Kepatuhan Terhadap Pemenuhan Standar Pelayanan Publik di Lingkungan Kabupaten Kapuas

Gambar
  Kegiatan Sosialisasi Peningkatan Kepatuhan Terhadap Pemenuhan Standar Pelayanan Publik di Lingkungan Kabupaten Kapuas dilaksanakan pada hari Selasa, 30 April 2024 di aula Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan Daerah Kabupaten Kapuas.  Dalam sambutan dari Asisten III, Bapak Ahmad M. Saribi, beliau mengharapkan adanya arahan dari Sekretaris Daerah terkait masalah pembangunan Zona Integritas di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas. Bapak Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas, Drs, Septedy, menyampaikan bahwa hasil dari Ombudsman untuk tahun 2023 adalah 82,72. Tapi penilaian KPK, kita berada pada 68,99 padahal target nasional adalah di atas 70. Kita tidak boleh puas dengan kepatuhan di Ombudsman, kita harus meningkatkan satuan pengawasan internal. Beliau bertanya, kalau darah lain bisa, mengapa kita tidak bisa. Mengapa? Masalahnya dimana? Pekerjaan ini adalah pekerjaan kita semua,

Mengenal Lebih Dekat Kamus Dwibahasa Dayak Ngaju - Indonesia dan Versi Digitalnya

 

Pendahuluan

Pernahkah Anda penasaran untuk memahami lebih dalam tentang Bahasa Dayak Ngaju? Atau mungkin Anda adalah penutur asli yang ingin memperdalam pengetahuan bahasa Anda? Kabar baiknya, Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah merilis "Kamus Dwibahasa Dayak Ngaju - Indonesia". Kamus ini tidak hanya tersedia dalam bentuk cetak, tetapi juga dalam versi web dan PDF yang bisa diunduh.


Siapa di Balik Kamus Ini?

Kamus ini adalah buah pikir dari tim yang dipimpin oleh Drs. Sumadi, M.Hum. Tim ini juga diperkuat oleh beberapa nama terkemuka lainnya seperti Anthony Suryanyahu, Vujiadi, Iwan Fauzi, dan Ralph Hery Budhiono.


Pentingnya Kamus Ini

Kamus ini lebih dari sekadar kamus. Ini adalah upaya nyata dari pemerintah daerah untuk melestarikan Bahasa Dayak Ngaju. Bahkan, kamus ini juga dirancang untuk mendukung Bahasa Dayak Ngaju sebagai mata pelajaran muatan lokal di sekolah dasar.


Isi Kamus

Kamus ini menyajikan lema dan sublema dengan ejaan yang sesuai dengan perkembangan terkini dari bahasa Dayak Ngaju dan bahasa Indonesia yang telah disempurnakan.


Versi Web dan PDF

Selain versi cetak, kamus ini juga tersedia dalam bentuk aplikasi web yang bisa diakses di Kamus Dayak Ngaju. Bagi Anda yang lebih suka versi PDF, kamus ini bisa diunduh melalui tautan ini.


Kesimpulan

"Kamus Dwibahasa Dayak Ngaju - Indonesia" adalah sebuah sumber informasi yang sangat berharga, tidak hanya untuk penutur asli tetapi juga bagi siapa saja yang ingin mempelajari bahasa ini. Dengan ketersediaan versi web dan PDF, akses ke kamus ini menjadi lebih mudah dan praktis.


Artikel ini ditulis dengan bantuan ChatGPT dengan prompt oleh Jum'atil Fajar

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan