Piagam Hak-Hak Keselamatan Pasien

Gambar
  Hak atas Perawatan yang Tepat Waktu, Efektif, dan Sesuai : Pasien berhak menerima perawatan yang responsif dan efektif, disesuaikan dengan kebutuhan kesehatan mereka, dan tersedia selama 24 jam. Hak atas Proses dan Praktik Perawatan Kesehatan yang Aman : Pasien berhak mengharapkan praktik perawatan yang aman, termasuk identifikasi pasien yang akurat, pengelolaan transisi perawatan yang aman, dan pencegahan infeksi. Hak atas Tenaga Kesehatan yang Kompeten dan Berkualifikasi : Pasien berhak diberi perawatan oleh tenaga kesehatan yang memiliki kualifikasi, keahlian, dan kompetensi sesuai dengan standar nasional dan internasional. Hak atas Produk Medis yang Aman dan Penggunaannya yang Rasional : Pasien berhak mengakses produk medis yang aman, termasuk obat-obatan, vaksin, dan teknologi medis, serta penggunaannya yang aman dan rasional. Hak atas Fasilitas Perawatan Kesehatan yang Aman dan Terlindungi : Pasien berhak diberi perawatan dalam fasilitas yang aman dan terlindungi, dengan desain

Janji Palsu Suplemen Minyak Ikan

 

Minyak ikan telah lama dipercaya sebagai penunjang kesehatan jantung. Namun, kenyataannya tidak sesederhana itu. Studi terbaru menunjukkan bahwa suplemen minyak ikan mungkin tidak seefektif yang dipikirkan banyak orang.

Kebenaran di Balik Suplemen Minyak Ikan

Suplemen minyak ikan, yang dikonsumsi oleh jutaan orang Amerika, termasuk satu dari lima orang di atas usia 60, sering dianggap dapat mencegah penyakit jantung. Namun, penelitian selama dua dekade terakhir menunjukkan tidak ada bukti manfaat kesehatan jantung dari suplemen ini. 

Omega-3 dalam Diet Kita

Omega-3 adalah asam lemak yang penting, yang harus didapatkan dari makanan atau sumber lain. Ikan berlemak seperti salmon dan tuna adalah sumber dua jenis omega-3: eicosapentaenoic acid (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA). Sementara itu, alpha-linolenic acid (ALA) ditemukan dalam banyak tanaman, seperti biji-bijian dan kacang-kacangan.

Polusi dari Suplemen Minyak Ikan

Menariknya, sebuah penelitian menemukan bahwa banyak klaim kesehatan pada label suplemen minyak ikan yang menyesatkan. Suplemen ini dikategorikan sebagai makanan oleh FDA, bukan obat, sehingga mereka tidak melalui pengujian klinis yang ketat. Penelitian tersebut juga menunjukkan adanya perbedaan signifikan dalam jumlah EPA dan DHA dalam suplemen-suplemen tersebut.

Bahaya Minyak Ikan yang Teroksidasi

Proses industri pembuatan suplemen minyak ikan seringkali menyebabkan oksidasi asam lemak omega-3, yang berpotensi kehilangan manfaat biologisnya. Minyak yang teroksidasi ini telah dikaitkan dengan peradangan vaskular, penyebab utama penyakit kardiovaskular.

Alternatif Resep dan Saran Diet

Untuk penderita penyakit jantung, obat resep icosapent ethyl mungkin menjadi pilihan yang lebih aman. Namun, bagi kebanyakan orang, mengonsumsi dua porsi ikan berlemak setiap minggu atau mengikuti diet vegetarian kaya minyak sehat, kacang-kacangan, dan biji-bijian adalah strategi yang lebih baik daripada bergantung pada suplemen minyak ikan.

Kesimpulannya, suplemen minyak ikan mungkin tidak memberikan jaminan kesehatan jantung seperti yang banyak dipercaya. Lebih bijak untuk memilih diet alami yang kaya akan omega-3 untuk kesehatan kardiovaskular yang lebih baik.


Dirangkum dari The false promise of fish oil supplements - Harvard Health dengan bantuan ChatGPT

Komentar

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar terhadap tulisan kami!

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan