Berbagi Berkah di Bulan Ramadhan - Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Kapuas

Gambar
Kuala Kapuas, 5 April 2024 Dewan Pengurus Daerah Persatuan Perawat Nasional Indonesia DPD PPNI Kab. Kapuas, pada Ramadhan 1445H tahun ini berbagi Berkah Ramadhan dengan Tema "Jum'at Berkah Ramadhan"  Kegiatan ini dihimpun dari sumbangan anggota PPNI dan beberapa donatur, jumlah yang dibagikan 1.400 item terdiri dari beras, gula, minyak goreng, telur, nasi kotak dan takjil adapun sasaran ditahun ini, Rumah Singgah, Panti Asuhan, fakir miskin dan dhuafa. Foto, video dan tulisan merupakan kiriman Bapak M. Hipni

Meminimalisir Risiko Kanker Melalui Nutrisi: Sebuah Panduan Sederhana

Kanker, salah satu penyakit paling ditakuti di dunia, ternyata bisa dicegah hingga 10-20% hanya dengan mengubah pola makan kita. Dalam sebuah diskusi yang diselenggarakan untuk memperingati Hari Kanker Sedunia, para ahli dari Harvard T.H. Chan School of Public Health dan Harvard Medical School berbagi wawasan tentang bagaimana nutrisi berperan dalam mencegah kanker.

Konsep Dasar Diet Sehat

Sebuah diet sehat tidak hanya terfokus pada apa yang kita makan, tetapi juga bagaimana komposisi dari makanan tersebut. Protein, lemak, dan karbohidrat harus dipilih dari sumber yang sehat:

Protein: Utamakan protein dari tanaman dan pilih daging tanpa lemak. Hindari daging merah dan olahan.

Lemak: Fokus pada lemak dari tanaman seperti kacang-kacangan, alpukat, dan minyak zaitun. Batasi lemak hewani.

Karbohidrat: Pilihlah biji-bijian utuh, sayuran, dan buah-buahan utuh. Kurangi konsumsi makanan olahan.


Manfaat Diet Sehat

Studi menunjukkan bahwa diet sehat tidak hanya berpotensi menurunkan risiko kanker, tetapi juga penyakit lain seperti diabetes dan penyakit jantung. Hal ini karena diet sehat membantu mengontrol kadar lipid darah, kolesterol, dan glukosa dalam tubuh.


Pentingnya Menghindari Makanan Olahan

Makanan olahan, yang kaya akan karbohidrat olahan dan lemak jenuh, dapat meningkatkan asupan energi secara berlebihan serta memicu inflamasi. Hal ini tidak hanya berkontribusi pada obesitas tetapi juga meningkatkan risiko kanker.


Kombinasi Nutrisi dan Olahraga

Nutrisi dan olahraga adalah dua sisi mata uang yang sama dalam mencegah kanker. Olahraga membantu dalam mengelola keseimbangan energi dan berat badan, yang keduanya memiliki pengaruh besar terhadap risiko kanker. Diet sehat dan olahraga yang teratur dapat saling melengkapi dalam membangun gaya hidup sehat.


Mitos dan Fakta tentang Nutrisi

Dalam diskusi, juga dibahas berbagai mitos tentang nutrisi dan kanker. Salah satu yang paling berbahaya adalah mitos yang menyarankan penggantian pengobatan medis dengan suplemen atau makanan tertentu. Faktanya, tidak ada "pil ajaib" yang dapat menggantikan perawatan medis yang telah terbukti secara ilmiah.


Langkah Praktis untuk Mencegah Kanker

Kurangi Makanan Olahan: Makanan olahan dan gula berlebih tidak hanya berkontribusi pada berat badan berlebih tetapi juga meningkatkan risiko kanker.

Pilih Diet Berbasis Tanaman: Diet yang kaya akan buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian utuh dapat menurunkan risiko kanker.

Perhatikan Ukuran Porsi: Mengontrol ukuran porsi dapat membantu mengelola berat badan dan mengurangi risiko kanker.

Olahraga Teratur: Olahraga membantu menjaga keseimbangan energi dan berat badan yang sehat.


Melalui diskusi ini, kita diajak untuk lebih sadar akan pentingnya nutrisi dalam mencegah kanker. Dengan mengadopsi gaya hidup sehat dan membuat pilihan nutrisi yang tepat, kita dapat secara signifikan mengurangi risiko kanker. Ini bukan hanya tentang menghindari penyakit, tetapi juga tentang membangun kualitas hidup yang lebih baik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan