Kunjungan Kerja Pj. Bupati Kapuas dan Safari Ramadhan di Masjid Muhajirin Anjir Mambulau Barat

Gambar
  Pada hari Ahad, 17 Maret 2024 rombongan Safari Ramadhan Hervina Pulsa di Masjid Muhajirin. Kegiatan ini dihadiri oleh masyarakat sekitar masjid. Kegiatan diawali dengan sambutan Camat Kapuas Timur dan ketua FKUB Kabupaten Kapuas. Ketua FKUB menekankan pentingnya sinergi antara ulama dan umara. Bupati Kapuas, Erlin Hardi menekankan pentingnya pendidikan keagamaan yang akan membentuk akhlak. Beliau kembali menekankan pentingnya persamaan dalam membangun Kapuas Barkah dan Beriman. Beliau juga meminta masukan dari masyarakat. Beliau ingin membangun dari desa. Hidup nyaman, sehat dan pintar adalah 3 hal yang ingin beliau wujudkan.  Dalam kesempatan juga diberikan bantuan rumah ibadah tahun 2024 kepada 4 masjid di Kecamatan Kapuas Timur.  Tausiyah Ramadhan membahas masalah berbagai kemuliaan yang diterima manusia selama Ramdhan. Tidurnya saja bernilai ibadah. Amal diterima, sehingga disarankan perbanyak ibadah. Salah satunya adalah tarawih. Sayangnya diakhir Ramadhan jamaah tarawih makin b

Geber PSN di Selat Hilir dan Selat Dalam

Geber PSN di Selat Hilir

Mengubah perilaku memang tidak mudah, namun bukan mustahil untuk diwujudkan. Inilah yang ingin dicontohkan melalui GEBER PSN (Gerakan Bersama Pemberantasan Sarang Nyamuk) yang dilaksanakan tanggal 8 Januari 2013 lalu di Kelurahan Selat Hilir(RT 5 Jalan S Parman) dan Selat Dalam (RT 1, 6, 12, 17 Jl. Cilik riwut) Kecamatan Selat.
Geber PSN di Selat Hilir
Upaya memberikan contoh pencegahan efektif penyakit Demam Berdarah (DBD) ini dipimpin langsung oleh Lurah Selat Hilir H. Fitriadi dan aparat kelurahan, pimpinan Puskesmas Selat drg. Luluk Nurhayati dan stafnya, RT setempat, serta Kelompok Masyarakat Peduli Lingkungan (KMPL) bersama tossa hijaunya. Sedangkan di Selat Dalam dikomandani oleh Lurah Rasyidi S.Sos dan staf, pimpinan Puskesmas Melati dr. Ahmad Haspiani dan staf, petugas dari Koramil, dan para ketua RT setempat. Sedangkan dari Dinas Kesehatan diwakili oleh Kabid Bina PMK Rasita Usman, SKM dan staf.
Geber PSN di Selat Dalam
Mereka membawa plastic kresek, sapu lidi, dan serokan. Sambil mengumpulkan wadah-wadah berpotensi untuk berkembang biak nyamuk DBD (botol bekas, kaleng bekas, gelas bekas, dll), mereka juga melakukan penyuluhan, membagikan Abate dan leaflet DBD.

Telah diteliti bahwa hanya GEBER PSN yang dilakukan luas dan rutin seminggu sekali-lah yang berhasil menurunkan angka kesakitan DBD. GEBER PSN yang dicontohkan ini perlu ditindaklanjuti secara mandiri oleh masyarakat secara luas, rutin tiap minggu, tanpa bosan. Kegiatan ini harus luas karena jika hanya beberapa rumah saja maka akan percuma. Kegiatan ini harus rutin seminggu sekali karena nyamuk berkembang biak setiap hari. Karena itu masyarakat diharapkan secara mandiri rutin melakukan 4M Plus di lingkungan rumah masing-masing. 4 M Plus yaitu Menutup, Menguras, Mengubur, Memantau wadah jentik, Plus tidak menggantung baju, memelihara ikan pemakan jentik, menaburkan Abate, dan memakai obat nyamuk.

Tanpa kesadaran GEBER PSN dari masyarakat sendiri, akan sulit menurunkan angka kesakitan DBD. Jangan sampai anggota keluarga kita sakit, atau sampai meninggal karena DBD, akibat kita lalai lakukan PSN. Boleh jadi orang lain sakit DBD, karena sumbernya dari rumah kita. Boleh jadi siswa sekolah sakit DBD, karena sumbernya dari sekolah itu sendiri. Boleh jadi seorang karyawan sakit DBD, karena sumbernya ada di tempat kerjanya sendiri.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan