DPD PPNI Kabupaten Kapuas Go LMS Plataran Sehat

Gambar
  Sejak diberlakukannya UU Kesehatan No 17 Tahun 2023, Dewan Pimpinan Daerah Persatuan Perawat Nasional Indonesia (DPD PPNI) Kabupaten Kapuas, tidak dapat melaksanakan Seminar Keperawatan ber SKP, dikarenakan semua kewenangan organisasi diambil alih Kementerian Kesehatan. Tapi DPD PPNI Kabupaten Kapuas tidak patah semangat mengingat anggota PPNI Kabupaten Kapuas berjumlah 1035 yang tersebar di 17 Kecamatan,  Pada hari ini, Sabtu, 20 Juli 2024, DPD PPNI Kabupaten Kapuas bisa kembali melaksanakan Seminar Keperawatan ke 7 ber SKP Kementerian Kesehatan. Hal ini merupakan komitmen DPD PPNI Kabupaten Kapuas dalam memberikan pelayanan kepada anggota PPNI. Adapun seminar hari ini diikuti peserta 200 sesuai kuota yang diberikan LMS Plataran Sehat Kementerian Kesehatan. Adapun materi seminar diantaranya : 1. Tips dan Trik  Mencapai SPM TB Dengan Mudah  di Puskesmas oleh Afriani Sintha, S.Kep,. Ners 2. Tatalaksana Pasien Hipertensi di Puskesmas oleh Muhammad Hipni, S.Kep., Ners 3. Peran Serta Per

Konsumsi Buah-Buahan Ini untuk Manfaat Anti-inflamasi

Buah-buahan merupakan makanan alami yang tidak hanya lezat tetapi juga kaya akan manfaat kesehatan, terutama dalam melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Menyantap sekitar satu setengah hingga dua cangkir berbagai jenis buah setiap hari dapat meningkatkan aktivitas antioksidan. Buah-buahan sangat kaya akan senyawa anti-inflamasi yang penting dalam melindungi tubuh dari penyakit jantung, diabetes, beberapa jenis kanker, dan penyakit usus.

Dalam panduan dari Harvard Medical School yang berjudul "Foods that Fight Inflammation", dijelaskan lebih dari 120 jenis makanan yang dapat membantu Anda menyajikan makanan yang melawan inflamasi. Anda akan mempelajari bagaimana fitokimia, bahan kimia berbasis tanaman, berfungsi sebagai agen antioksidan dan anti-inflamasi, membantu mengurangi tingkat inflamasi dan menangkal efek buruk inflamasi.

Sumber: HEALTHbeat 12 Mei 2024

Strategi Konsumsi Buah-Buahan Sesuai Musim di Indonesia

Di Indonesia, ada dua musim utama yang mempengaruhi jenis buah yang tersedia:

- Musim Hujan: Memilih buah-buahan seperti jeruk, jambu biji, dan rambutan yang tumbuh subur selama musim hujan.

- Musim Kemarau: Saatnya menikmati buah-buahan seperti mangga, durian, dan salak yang banyak tersedia pada musim ini.


Buah-buahan Terpilih dan Manfaatnya

Jeruk dan Lemon: Kaya akan vitamin C, serat, dan fitokimia seperti flavonoid dan karotenoid yang memiliki sifat anti-inflamasi. Nutrisi ini berperan dalam perlindungan jantung.

Mangga: Mangga tidak hanya lezat tetapi juga kaya akan serat, vitamin C, dan berbagai jenis polifenol yang memiliki efek anti-inflamasi. Mangga efektif dalam mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes.

Jambu Biji: Sumber vitamin C yang sangat baik, jambu biji juga mengandung serat, potassium, dan antioksidan yang kuat. Jambu biji sering digunakan untuk mencegah penyakit jantung dan meningkatkan sistem imun.

Durian: Meskipun kontroversial dalam rasa, durian adalah sumber kalium, serat, dan vitamin C. Durian juga diketahui memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi pembengkakan dan nyeri.

Rambutan: Mirip dengan lychee, rambutan kaya akan vitamin C, serat, dan berbagai mineral. Buah ini juga dikenal dapat mendukung kesehatan jantung.

Salak: Kaya akan antioksidan, vitamin C, dan beta-karoten, salak adalah pilihan yang baik untuk meningkatkan pertahanan tubuh dan mengurangi risiko penyakit inflamasi.

Kesimpulan

Mengintegrasikan buah-buahan lokal yang sesuai dengan musim tidak hanya mendukung kesehatan Anda tetapi juga membantu dalam menjaga keberlanjutan lingkungan. Dengan memilih buah-buahan yang tumbuh secara alami di sekitar Anda, Anda memanfaatkan nutrisi yang optimal pada waktu yang tepat, sambil juga mendukung petani lokal. Selamat menikmati buah-buahan Indonesia yang kaya akan rasa dan manfaat kesehatan!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan