Postingan

28 Mei 2020 - Kapuas resmi melaksanakan Pembatasan Sosial Berskala Besar

Pada tanggal 28 Mei 2020, Menteri Kesehatan mengeluarkan keputusan Nomor HK.O1.07/Menkes/339/2020 tentang Penetapan Pembatasan Sosial Berskala Besar di Wilayah Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19)

Bila kita melihat peraturan menteri kesehatan diatas maka kita lihat bahwa sebagian besar kegiatan PSBB sudah dilaksanakan seperti penutupan sekolah, pelaksanaan ibadah di rumah dan lain-lain. Adanya keputusan menteri diatas memberi wewenang lebih besar kepada pihak-pihak terkait untuk melaksanakan PSBB ini sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Pengalaman diambil swab untuk pemeriksaan COVID-19

Sebagai petugas kesehatan yang bekerja di rumah sakit dan pernah beberapa kali menangani jenazah-jenazah pasien COVID-19, admin diminta untuk diperiksa status COVID-19-nya apakah positif atau negatif.
Pada hari Rabu, 27 Mei 2020 bersama dengan petugas kesehatan yang lain, admin mengikuti pengambilan swab di Ruang Dahli, RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas.  Kami diminta untuk mengisi formulir yang berisikan identitasKami antri untuk pemeriksaanSaat nama saya dipanggil, saya masuk ruang tunggu. Di ruang tersebut saya bila melihat dari balik plastik tebal pasien lain yang sedang diambil swab-nya. Pasien tersebut diminta untuk menengadahkan kepalanya sehingga lidi swab bisa mudah masuk ke dalam hidung. Setelah memasukkan lidi swab ke lubang hidung yang satu, dimasukkan lagi ke lubang hidung yang lain. Setelah itu menggunakan lidi swab berbeda dilakukan pengambilan sampel untuk tenggorokan.Ketika saya diminta masuk, saya duduk di kursi periksa dan saya langsung menengadahkan kepa…

25 Mei 2020 - Kabupaten Kapuas dinyatakan sebagai daerah transmisi lokal COVID-19

Gambar
Saat mendapat WA dari teman yang mengatakan bahwa Kapuas sudah menjadi daerah transmisi lokal, saya langsung berkunjung ke halaman COVID-19 Kementerian Kesehatan:
https://infeksiemerging.kemkes.go.id/
Ternyata memang betul, Kapuas menjadi daerah transmisi lokal ketiga setelah Palangka Raya dan Murung Raya. Ketika dijadikan sebagai daerah dengan transmisi lokal jumlah kasus positif Kapuas sebanyak 62 orang, sebagaimana ditampilkan oleh situs Media Center Gugus Tugas COVID-19 Kalimantan Tengah:
https://corona.kalteng.go.id/
Hal ini punya implikasi luas. Setiap orang yang memiliki gejala demam atau batuk atau pilek atau sakit tenggorokan, maka dia sudah bisa dianggap sebagai Orang Dalam Pengawasan (ODP), sesuai dengan definisi yang diberikan oleh kementerian kesehatan.

MELIHAT KE DALAM RUMAH NABI MUHAMMAD SAWﷺ ❤️

Gambar

THE PROOF OF CREATION # 13 THE PROOF OF GIVING SUSTENANCE

Gambar
Video diatas menunjukkan bahwa tidak mungkin dunia ini ada tanpa adanya pencipta.

Kamu Pahlawanku - cara anak-anak menghadapi COVID-19

Buku ini lebih tepatnya dibacakan kepada anak-anak karena tulisannya kecil-kecil.

Buku cerita anak tidak harus rumit

Buku ini sangat mengesankan bagi saya karena hanya dengan gambar dan sedikit tulisan, kita sudah tahu apa yang ingin disampaikan. Inilah kekuatan gambar.