Ketersediaan Darah di UTD-RS

Stok darah per 16 Juli 2014:

A = 0; B = 0, O = 0, AB = 0

Sumber: Debi (UTD RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo)

Sabtu, 29 Januari 2011

Kapal Karam di Pelabuhan KP3 Kuala Kapuas

Kapal-kapal ini bersandar di pelabuhan KP3 Kuala Kapuas. Karamnya kapal ini biasanya adalah karena tidak ada yang menimba airnya setelah diguyur hujan lebat selama berhari-hari. Keberadaan kapal karam ini sudah sering terjadi di pelabuhan ini, terbukti dengan dimuatnya foto tentang kapal karam ini di Panoramio yang juga bisa dilihat melalui Google Earth.

Taman Pelabuhan KP3 Kuala Kapuas

Taman ini sudah dibuat sejak enam bulan yang lalu dan sekarang menjadi tempat yang sangat baik bagi masyarakat yang ingin menikmati waktu sore hari di pelabuhan sambil menikmati berbagai makanan dan minuman yang dijual di depan taman. Taman ini biasanya digunakan oleh keluarga dan pasangan muda-mudi untuk menikmati pemandangan sore hari di Sungai Kapuas Murung. Taman ini merupakan salah satu dari beberapa taman yang tersebar di kota Kuala Kapuas.

Jumat, 28 Januari 2011

Penjual Es Krim Campina keliling

Bapak ini baru seminggu berjualan es krim Campina. Dalam sehari dia bisa membawa es krim sebanyak sekitar seratus buah. Sebenarnya es krim ini memiliki kisaran harga yang cukup besar yaitu mulai dari Rp 2.500 sampai Rp 33.000. Tapi es krim yang harganya mahal tidak tersedia, karena jarang pembelinya. Dalam sehari es krim tersebut bisa habis terjual atau tidak. Tempat penyimpanan es krim ini dilengkapi dengan beberapa cold box sehingga es krim tahan berada di dalam kotak ini seharian. Pusat es krim Campina untuk Kapuas berada di Jalan Kapuas, Kelurahan Selat Hulu, Kecamatan Selat.

Polindes Desa Sei Asam

Sesuai dengan namanya, pondok bersalin desa (Polindes) ini terletak di Desa Sei Asam, Kecamatan Kapuas Hilir. Polindes ini diasuh oleh bidan Yuni Astuti. Dirumah sederhana ini juga tinggal Kepala Sekolah SMKN 3 Kuala Kapuas yaitu Bapak Moh. Amin Hi. Ambotuwo, S.Pt.

Kamis, 27 Januari 2011

Guest House "full booking"

Kantor "Guest House"
Berita ini tentu membanggakan bagi warga Kapuas karena "rumah tamu" yang merupakan salah satu maskot kota Kapuas banyak diminati oleh masyarakat luas. Penuhnya hunian di Guest House sampai akhir bulan Januari ini diperoleh informasinya dari petugas di bagian resepsionis. Semoga tingkat hunian yang tinggi ini tetap bisa bertahan sepanjang tahun. Bravo untuk pengelola Guest House.

Turnamen Futsal untuk anak dibawah 14 tahun

Pertandingan antara Persal dan KFC
Pada hari Kamis, 27 Januari 2011 pukul 15.00 WIB bertempat di Lapangan Futsal 88, Jalan Patih Rumbih diselenggarakan babak penyisihan dalam rangka Turnamen Futsal untuk anak dibawah 14 tahun. Kegiatan ini diikuti oleh 12 tim dari berbagai sekolah. Mengingat umur mereka sangat bervariasi, jadi kadang-kadang tim yang berhadapan agak kurang seimbang, disatu sisi banyak yang besar-nya, disisi lain banyak yang kecilnya. Meskiipun demikian permainan berlangsung dengan seru. Berikut ini adalah jadwal pertandingannya:

Berikut ini adalah videonya di YouTube:

Bincang-bincang dengan Bapak Abdul Muis Riduan - Pimpinan CV. Edo

Mobil yang sudah rusak body-nya kalau direparasi maka bisa meningkatkan nilai jualnya. Sudah banyak mobil yang beliau perbaiki dari kerusakan, bisa meningkatkan nilai jual dari mobil tersebut. Bahkan ada mobil yang setelah tabrakan kemudian di-deco, nilai jualnya cukup tinggi.

Pekerjaan reparasi mobil ini sangat membutuhkan kerjasama tim. Dalam urusan men-deco misalnya, harus dimulai dulu dari tukang las, setelah itu baru di deco. Untuk mendeco satu mobil, biasanya diperlukan waktu sekitar dua minggu. Beliau berseloroh bahwa waktu dua minggu itu lebih karena orang sering tidak suka kalau kerjanya sebentar tapi bayarnya mahal.

Pengalaman sebagai tukang reparasi mobil ini beliau peroleh dari orang tua yang memang juga tukang reparasi mobil. Lima bersaudara ini semuanya membuka bengkel mobil di berbagai tempat di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah. Beliau selalu berprinsip bahwa setiap mobil yang sudah keluar dari bengkel beliau tidak masuk lagi dengan masalah semula. Hal inilah yang membuat mengapa hampir setiap hari banyak sekali mobil yang keluar masuk di bengkel ini. Selain itu beliau juga mengungkapkan bahwa beliau senantiasa mengikuti perkembangan dalam masalah reparasi mobil ini dari internet. Beliau memantau kemunculan mobil-mobil terbaru dan kerusakan-kerusakan yang sering terjadi pada mobil-mobil tersebut serta bagaimana cara mengatasinya.

Dengan bekal pengetahuan tersebut, beliau berani menerima reparasi untuk mobil-mobil jenis terbaru seperti pengapian dengan cara injection. Keberanian didasarkan pada pengetahuan yang telah beliau peroleh dari dunia maya.

Hal menarik lain yang beliau sampaikan adalah bahwa dalam melakukan reparasi tersebut harus mengikuti aturan. Kalau mau reparasi AC mobil maka harus diperiksa freon-nya, diperiksa kompresornya, diperiksa dengan vaccuum apakah ada kebocoran atau tidak, sama seperti dokter, ada tahapan-tahapan yang harus dilakukan untuk memastikan dimana kerusakan dari bagian mobil tersebut. Masing-masing bagian mobil juga ada ukuran-ukurannya, sehingga kalau ukuran tersebut tidak tercapai, maka ada yang salah pada bagian tersebut.

Mudah-mudahan semangat pembelajaran yang beliau miliki ini bisa ditiru oleh kita semua.

Beliau dapat dihubungi pada:

CV. EDO (Pemeliharaan, Reparasi Mobil, AC dan penjualan suku cadang)
Jalan Tambun Bungai RT II, Kelurahan Selat Dalam, Telepon (0513) 24934, Handphone 081349473298 atau 081351333434.

Rabu, 26 Januari 2011

Seminar Motivasi Diri bersama Ippho Santosa

Dalam rangka meningkatkan kinerja PNS Daerah Kabupaten Kapuas untuk dapat bekerja secara cerdas dan profesional, Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas menyelenggarakan Seminar Motivasi Diri yang disampaikan oleh Ippho Santosa (pakar pengembangan otak kanan). Beliau menyampaikan hal-hal positif yang dimiliki oleh otak kanan yang bisa membuat kita mampu untuk menghadapi tantangan, seperti sikap optimis ketika menghadapi target yang cukup berat. Kalau kita berpikir bahwa sesuatu itu insya Allah bisa kita kerjakan maka kita akan mencari cara untuk bisa mewujudkannya.

Beliau menunjukkan bahwa yang namanya keyakinan itu sangat diperlukan. Hal ini sangat diperlukan dalam meraih tujuan. Selain itu juga diperlukan adanya keikhlasan dalam mencapai tujuan. Hal-hal ini merupakan faktor-faktor pengali, sehingga kalau dia tidak ada, maka tujuan sulit untuk diraih.

Beliau juga menyampaikan tentang pentingnya pola pikir positif, karena aura dari pemikiran ini akan memancar ke sekitar kita, sehingga apa-apa yang kita inginkan, akan bisa terwujud pada masa depan. Selain itu beliau juga menyampaikan tentang pentingnya input (masukan) yang kita terima dalam kehidupan. Apabila masukan yang kita terima bersifat positif, maka kita akan bersikap baik dalam keseharian, tapi bila masukan yang kita terima bersifat negatif, maka hal itu akan mempengaruhi hari-hari kita yaitu menjadi kurang riang. Beliau tidak menganjurkan untuk mendengar atau melihat sesuatu yang cengeng, baik itu lagu maupun film.

Menurut beliau nasib dan takdir itu bisa diubah dengan do'a dan sedekah yang kita lakukan. Beliau mengajak peserta untuk meyakini kebenaran janji Allah untuk mengganjar orang yang banyak bersedekah. Sebagai latihan, beliau mengajak peserta untuk bersedekah langsung pada saat itu, berduyun-duyun peserta memberikan sedekahnya.

Berikut ini adalah cuplikan presentasi yang beliau sampaikan:

Selasa, 25 Januari 2011

Kesempatan Berkarir di PMI Kabupaten Kapuas

Dalam rangka pemberdayaan markas dan pelaksanaan Program Kesehatan dan Pertolongan Pertama Berbasis Masyarakat (KPPBM), Palang Merah Indonesia bekerja sama dengan Palang Merah Spanyol melakukan rekrutmen terhadap tenaga kesehatan dan tenaga relawan untuk pelaksanaan program tersebut. Bagi yang berminat dapat mengirimkan surat lamaran yang ditujukan kepada PMI Kabupaten Kapuas dilengkapi dengan foto berwarna ukuran 2 x 3 sebanyak 3 lembar, dan ukuran 4 x 6 sebanyak 3 lembar. Lamaran tersebut diserahkan kepada Bapak H. Agong Suyatno di Laboratorium Kesehatan Daerah Kabupaten Kapuas, Jalan Melati No. 17, Kuala Kapuas paling lambat tanggal 1 Februari 2011. Insya Allah wawancara akan diadakan pada tanggal 2-3 Februari 2011. Adapun kriteria dari kedua tenaga yang dibutuhkan tersebut dapat dilihat dibawah ini:



Sumber: Palang Merah Indonesia Kabupaten Kapuas

Senin, 24 Januari 2011

MOTIVASI DIRI


Pemaparan tema di atas disampaikan oleh Bpk IPPHO SANTOSA dari Batam, kegiatan ini diselenggara malam ini tanggal 24 Januari 2011 di Aula Bappeda Kapuas, dimana kegiatan ini bertujuan memberikan pencerahan kepada Pegawai Negeri dijajaran Pemda Kapuas guna meningkatkan Kinerja PNS dan mampu bekerja cerdas dan profesional.

Pada kesempatan ini juga Bpk Sekda Kapuas Nurul Edy berharap para PNS dilingkungan Pemda Kapuas dapat termotivasi untuk bekerja lebih profesional sehingga mampu meningkatkan kinerjanya dan mencapai tujuan bersama untuk kemajuan Kabupaten Kapuas.

IPPHO SANTOSA diantaranya menyampaikan tentang kelebihan Otak Kanan, dimana otak kanan :
- Fleksibilitas
- Kreativitas
- Imajinatif
- Intuisi
dengan melatih otak kanan akan menimbulkan semangat yang luar biasa, dimana segala sesuatu yang secara logika tidak mungkin menjadi mungkin.

disampaikan pula "PELANGI IMPIAN" bahwa seseorang harus memiliki impian yang besar untuk dapat menarik sumber yang besar pula, serta dilandasi keyakinan yang kuat. Juga disampaikan tentang "SEPASANG BIDADARI" yakni keselarasan dengan orang tua dan keselarasan dengan pasangan hidup kita. Serta disampaikan tentang "PERISAI LANGIT".
Disampaikan juga panjang lebar tentang kekuatan sedekah dan amalan sholat sunat yang akan berimbas pada kesuksesan yang akan diraih.

Untuk lebih memantapkan apa yang telah disampaikan oleh IPPHO SANTOSA besok tanggal 25 Januari 2011 bertempat di Aula Pemda Kapuas beliau kembali akan memaparkan tentang "motivasi diri" untuk meraih sukses dunia dan akhirat.

Merokok dalam angkutan umum

Merokok dalam angkutan umum
Kebiasaan buruk yaitu merokok, rupanya masih banyak kita temui di tempat-tempat yang sudah dinyatakan sebagai kawasan tanpa rokok. Menurut Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan Pasal 115 dijelaskan bahwa kawasan tanpa rokok antara lain:

  1. Fasilitas pelayanan kesehatan
  2. Tempat proses belajar mengajar
  3. Tempat anak bermain
  4. Tempat ibadah
  5. Angkutan umum
  6. Tempat kerja, dan
  7. Tempat umum dan tempat lain yang ditetapkan
Sehubungan dengan itu, Pemerintah Daerah wajib menetapkan kawasan tanpa rokok diwilayahnya.

Wajah Baru RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun

Gedung poliklinik baru dan gedung administrasi baru serta beberapa ruang rawat VIP yang ada di belakang gedung sudah mulai dioperasikan. Kemegahan bangunan yang memakan waktu dua tahun pembangunan ini sudah menampakkan wujudnya. Hal ini dapat diwujudkan karena adanya Master Plan yang ditandatangani oleh Bupati Kotawaringin Barat, sehingga pendanaan untuk pembangunannya diperjuangkan melalui APBD setiap tahunnya, sampai Master Plan tersebut terwujud. Kemegahan bangunan ini juga diikuti oleh peningkatan kemampuan rumah sakit untuk mengelola keuangan sendiri melalui Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), sehingga rumah sakit sekarang sudah mampu mengelola keuangan sendiri dan sudah bisa memberdayakan Instalasi Farmasi untuk melakukan pembelian dan penjualan obat secara mandiri. Hal ini akan membantu memperbaiki kinerja pengadaan Bahan Habis Pakai dan penyediaan obat-obatan untuk berbagai program di rumah sakit. Semoga Kabupaten Kapuas juga bisa belajar dari tetangga jauh kita ini.

Sabtu, 22 Januari 2011

Perumahan Baru di Saka Purun

Kebutuhan perumahan di Kabupaten Kapuas masih tinggi, hal ini terbukti dengan tetap banyaknya pengembang yang melakukan kegiatan pembangunan rumah. Salah satu pengembang tersebut adalah CV, Kapuas Batara yang membangun perumahan tipe 45/130 minimalis di Komplek Saka Purun, Kuala Kapuas. Harga jual rumah tersebut adalah 160 juta dengan uang muka 18 juta. Perusahaan tersebut dapat dihubungi pada nomor 081348649666.

Aspal Mixing Plant


Pembangunan jalan di Kabupaten Kapuas, mengharuskan para pemborong untuk memiliki sarana produksi aspal yang akan digunakan untuk pengaspalan. Salah satu perusahaan konstruksi jalan, PT. Berkat Bersama Nasional (yang pabriknya terletak di Jalan Jepang, Pulau Telo) di Kapuas telah memiliki sarana ini. Aspal didatangkan dari luar, kemudian aspal tersebut dicampur dengan batu, pasir dan bahan-bahan lain, setelah itu baru digunakan untuk mengaspal jalan. Aspal inilah yang telah banyak berperan dalam mengaspal jalan-jalan di Kabupaten Kapuas.

Jumat, 21 Januari 2011

Proyek Kesehatan dan Pertolongan Pertama Berbasis Masyarakat di Kabupaten Kapuas

Pada tanggal 1 Desember 2010 yang lalu, Palang Merah Indonesia sudah menandatangani perjanjian dengan Palang Merah Spanyol untuk melaksanakan proyek Kesehatan dan Pertolongan Pertama Berbasis Masyarakat di tiga kabupaten/kota di Kalimantan Tengah yaitu Kabupaten Kapuas, Kota Palangka Raya dan Kabupaten Barito Utara. Kegiatan ini dimulai dari Desember 2010 sampai dengan November 2013. Dana yang dikucurkan untuk proyek ini adalah sebesar 826.852 euro (setara dengan 10.123.149.036 rupiah - kurang lebih 10 milyar rupiah - kurs tanggal 21 Januari 2011). Berikut ini adalah perjanjian kerjasama tersebut:

Kamis, 20 Januari 2011

"Speaking English Please" - at School Canteen

Berbagai upaya dilakukan oleh guru bahasa Inggris untuk membiasakan para murid berbahasa Inggris. Salah satu upaya tersebut adalah membiasakan para murid untuk berbahasa Inggris di kantin sekolah. Hal ini dilakukan oleh seorang guru bahasa Inggris honor yang bekerja di SD Negeri 4 Selat Hilir. Jadi para murid yang ingin berbelanja di kantin harus bertanya dalam bahasa Inggris dan penjual pun harus menjawab dalam bahasa Inggris. Namun kadang-kadang kalau ada siswa yang tidak tahu harus mengucapkan apa saat membeli sesuatu, dia hanya mengangkat barang yang akan dibeli, lalu sang penjual menyebutkan harganya dalam bahasa Inggris. Kreativitas ini patut diacungkan jempol.

Rabu, 19 Januari 2011

Bincang-bincang dengan Andre - Muazin di berbagai langgar

Sore ini, setelah admin menyelesaikan shalat sunnah sebelum Ashar di Langgar Baiturrahman, Jalan Mahakam, muazin mengumandangkan Iqamah. Setelah itu dia mempersilahkan admin untuk menjadi imam, admin lalu bertanya, "Apa tidak ada lagi yang ditunggu?", karena yang ada di langgar itu cuma kami berdua. Dia lalu menjawab, "Tidak, biasanya yang shalat disini cuma saya sendiri saja".

Setelah selesai shalat dan wirid, admin mengajaknya berbincang-bincang. Siswa MAN Selat Tengah kelas II ini mengatakan bahwa sekarang dia rutin menjadi muazin di Langgar Hakat Mupakat yang ada di depan Kuburan Muslim, Jalan Ahmad Yani. Sejak anak bungsu dari pengurus langgar tersebut menikah, langgar tersebut tidak ada lagi yang mengayomi. Jadi dia menjadi muazin ditempat tersebut. Selain dikedua langgar tersebut, Andre juga pernah menjadi muazin di langgar Inayah untuk shalat Zuhur atau Ashar, tapi sejak langgar Inayah banyak jama'ah-nya dia tidak lagi mangkal disana.

Senin, 17 Januari 2011

Pembayaran Bantuan PKH Tahun 2010


PT. POS Memberikan Pelayanan terbaiknya

Ada yang menarik pada hari Sabtu, 15 Januari 2011 Bertempat di Balai Desa Terusan Raya, PT. POS Kuala Kapuas memberikan pelayanan terbaiknya kepada warga KSM ( Keluarga Sangat Miskin ) dengan memindahkan aktivitasnya ke desa tersebut untuk Pembayaran Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) Tahap 3 dan 4 masing-masing Desa Terusan Raya,Terusan Makmur, Terusan Karya dan Terusan Mulya degan total pembayaran Rp. 220.900.000,-. Menurut Pendamping PKH desa Terusan, Bapak Abdul Hakim, S.E, kegiatan ini diharapkan agar warga KSM tidak perlu mengeluarkan biaya terlalu besar apabila mereka harus ke kota Kuala Kapuas untuk mengambil Bantuan PKH nya, sehingga dana yang diperoleh warga tersebut benar-benar mampu dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk memenuhi kewajibannya di kegiatan PKH yaitu di bidang Pendidikan dan Kesehatan.

Gajah Main Bola di Stadion Panunjung Tarung, Kabupaten Kapuas

Para gajah siap beraksi
Pada hari Minggu, 16 Januari 2011, warga Kabupaten Kapuas dihibur oleh 8 ekor gajah yang didatangkan dari Aceh. Gajah-gajah ini sudah dilatih untuk melakukan berbagai macam atraksi diantaranya main bola, berhitung dan berbagai hal lainnya yang menarik perhatian penonton. Meskipun hari hujan, namun masyarakat tetap antusias untuk menonton pertunjukan ini sampai sore.

Lokasi dan Alokasi Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) Kabupaten Kapuas 2011

Daftar Lokasi dan Alokasi Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPM) Mandiri Tahun Anggaran 2011 untuk Kabupaten Kapuas adalah sebagai berikut:


No
Kecamatan
Alokasi BLM 
(Rp x juta)

1

Basarang

2.000

2

Kapuas Barat

3.000

3

Kapuas Hilir

1.250

4

Kapuas Hulu
1.000

5

Kapuas Kuala

600

6

Kapuas Murung

3.000

7

Kapuas Tengah

1.250

8

Kapuas Timur

3.000

9

Mantangai

3.000

10

Pulau Petak

3.000

11

Selat

600

12

Timpah

1.250



Total

22.950

Sumber: Daftar Alokasi BLM PNPM Mandiri Tahun 2011

Minggu, 16 Januari 2011

DINKES KAPUAS SALURKAN PMT KE PANTI ASUHAN



Akhir minggu kemaren Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas melalui Puskesmas Melati menyalurkan bantuan PMT berupa susu instan ke Panti Asuhan Budi Sejahtera di Jl. Jawa No.82 Kuala Kapuas. Adapun sasaran dari PMT ini adalah anak asuh penghuni panti yang berjumlah 35 orang, dimana bantuan yang disalurkan diperhitungkan dapat digunakan selama 3 (tiga) bulan.

Pemberian PMT bagi anak penghuni panti dimaksudkan untuk melengkapi asupan gizinya guna menjadikan anak lebih sehat sehingga dalam menjalankan aktifitasnya yakni belajar lebih baik serta berprestasi dan bagi anak yang masih dalam masa pertumbuhan dapat berlangsung maksimal.

Diakhir tahun 2010 dinas kesehatan kabupaten Kapuas juga telah mendistribusi MP-ASI bagi anak balita gizi kurang atau status gizi rendah (< -3 SD s/d < -2 SD) dan PMT bagi bumil KEK (Kurang Energi Kronik) ke puskesmas wilayah kabupaten Kapuas. Selanjutnya puskesmas mendistribusikan MP-ASI dan PMT ke masyarakat melalui kegiatan posyandu. Jadi mohon kiranya masyarakat wilayah kabupaten Kapuas dapat menyarankan ibu hamil dan ibu yang memiliki balita untuk berhadir ke posyandu, sehingga sekiranya status gizi kurang dapat mendapatkan paket MP-ASI/PMT.




Survival di Bukit Tangkiling

Pada tangal 31 Desember 2010 - 2 Januari 2011, Pandu Keadilan Kalimantan Tengah menyelenggarakan kegiatan Outbond di Bukit Tangkiling. Dalam kegiatan tersebut para peserta menjalani berbagai kegiatan seperti permainan, flying fox, meniti tali melewati lubang besar, permainan penyusupan ke kelompok lain dan yang terakhir adalah survival selama 24 jam.
Namun kegiatan survival ini bukan survival yang menetap tapi "mobile survival", jadi peserta berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat yang lain. Dalam kegiatan tersebut peserta hanya diijinkan untuk membawa perlengkapan yang dapat digunakan untuk survival, diantaranya ponco, matras, dan tempat air. Dilokasi survival, peserta diharuskan untuk membuat tenda dari ponco dan matras yang mereka bawa. Kemudian peserta akan dikumpulkan lagi untuk berpindah dengan mercon.

Ada kejadian menarik ketika rombongan akan berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain. Admin memilih tempat kemah yang agak jauh dari tempat berkumpul, sehingga ketika panitia menyalakan mercon untuk membangunkan peserta di malam hari untuk mengumpulkan mereka, admin sama sekali tidak mendengarnya. Akhirnya anggota kelompok admin diharuskan untuk mencari admin. Admin terbangun ketika mendengar suara salah seorang teman yang memanggil-manggil. Akhirnya admin dihukum karena terlambat.

Kegiatan ini pada intinya memberi semangat kepada kita bahwa tantangan seperti apapun beratnya, insya Allah bisa diatasi.

Jumat, 14 Januari 2011

Bincang-bincang dengan Ustadz Luthfi - Pimpinan Jama'ah Tabligh

Perbincangan ini berlangsung di Masjid Nurul Hidayah, Pulau Telo, sesudah shalat Jum'at, 14 Januari 2011. Beliau mengungkapkan sebuah cerita tentang seorang yang baru diketahui meninggal oleh tetangganya sesudah 5 hari meninggal. Menurut beliau hal tersebut tidak akan terjadi apabila semua warga masyarakat rajin mengerjakan shalat berjama'ah lima waktu di masjid. Jadi kalau ada yang tidak datang, langsung semua orang berziarah ke rumahnya, untuk mencari tahu apa yang terjadi dengannya.

Bila suatu lingkungan sudah menerapkan tiga tujuan hidup manusia (beribadah kepada Allah, menjadi khalifah Allah dimuka bumi dan berdakwah), niscaya akan aman. Beliau mencontohkan lingkungan beliau di Banjarmasin yang berada di tepi Sungai Martapura. Bila ada acara-acara pesta perkawinan, kematian, maka biasanya di daerah tersebut akan diadakan judi selama tiga malam. Tapi sekarang, dengan adanya pesantran Hafidz Qur'an di sana, maka tidak ada lagi kejahatan yang terjadi di sana.

Beliau juga bercerita tentang banyaknya pendeta di Menado yang masuk dalam Islam karena mereka kecewa dengan Vatican dan kondisi keberagamaan diluar negeri. Mereka berharap kalau mereka berkunjung ke Vatican, mereka akan menemukan kedamaian. Tapi justru yang mereka temui di sana adalah banyaknya praktek penebusan dosa. Kunjungan para pendeta ke Eropa juga tidak membuat mereka gembira karena gereja-gereja di sana banyak yang kosong dan hanya diisi oleh orang-orang tua saja. Hal tersebut membuat mereka kecewa.

Sarana dan Tujuan Hidup - Khubah Jum'at di Masjid Nurul Hidayah

Oleh: Ustadz Luthfi (Pimpinan Jama'ah Tabligh Kalimantan)

Dalam kehidupan ini ada yang disebut sebagai sarana kehidupan dan tujuan kehidupan. Sarana kehidupan itu meliputi makan, minum, tempat tinggal, transportasi. Tujuan kehidupan adalah:

  • Beribadah kepada Allah SWT.

dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.” (Q.S. Adz-Dzariat, 51: 56)

2.      Berbaik kepada sesama manusia sebagai wujud peran kita sebagai khalifah dimuka bumi.

 ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada Para Malaikat: "Sesungguhnya aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi." mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, Padahal Kami Senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui." (Q.S. Al Baqarah, 2: 30)

Dalam berbuat baik kepada sesama manusia hendaknya kita mencoba untuk menerapkan sifat-sifat Allah dalam memperlakukan manusia. Allah adalah pemberi rezeki, makanya diharapkan kita berupaya untuk memberi sedekah, memberi makan kepada orang-orang yang memerlukan. Kalau kita bisa menyisihkan sebagian harta kita dijalan Allah, maka Allah akan memberikan keberkahan terhadap sisa harta yang kita miliki.

Allah bersifat pemaaf. Maka memaafkan orang lain adalah lebih mulia dari pada meminta maaf, karena memaafkan itu lebih berat. Jadi dalam diri seorang Muslim seharusnya tidak ada dendam.
  • Berda’wah kepada sesama manusia
 Katakanlah: "Inilah jalan (agama) ku, aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada Allah dengan hujjah yang nyata, Maha suci Allah, dan aku tiada Termasuk orang-orang yang musyrik". (Q.S. Yusuf, 12: 108)

Jadi selain beribadah kepada Allah dan berbuat baik kepada sesama manusia, kita diharapkan untuk mengajak sesama manusia ke jalan Allah SWT. Banyak musibah yang terjadi di muka bumi ini karena manusia tidak menjalankan apa yang seharusnya menjadi tujuan hidup mereka di muka bumi. Kalau kita bisa melaksanakan ketiga hal diatas maka Allah akan memberikan perlindungan kepada kita musibah/bencana. Saya (Ustadz Luthfi) pernah berkunjung ke Aceh dan mendengar langsung dari masyarakat yang selamat dari Tsunami bahwa ketika air yang setinggi pohon kelapa itu mencapai desa mereka, air tersebut hanya membasahi tanah saja, tidak ada rumah yang hancur di desa tersebut. Demikian juga dengan desa yang berada sekitar 4 kilometer dari Gunung Merapi, mereka tidak terkena musibah karena mereka sudah menerapkan ketiga hal diatas.

Kamis, 13 Januari 2011

Bincang-bincang dengan Bapak I Made Sumartha - Kepala Dinas Pendidikan

Perbincangan ini berlangsung pada saat acara syukuran yang beliau adakan di rumahnya, di Jalan Tambun Bungai Gg. IV, Kuala Kapuas. Pelantikan beliau sebagai kepala dinas merupakan suatu terobosan baru yang dilakukan oleh Bupati Kapuas, mengingat hal ini menghapuskan "image" selama ini yang menganggap bahwa staf ahli itu adalah "orang buangan". Pak Made bercerita bahwa dengan diangkatnya beliau menjadi staf ahli, beliau merasa mendapat kehormatan karena diangkat dari eselon III ke eselon II. Selama menjadi staf ahli beliau justru sangat sibuk, karena sering diminta oleh Bupati untuk mewakili beliau pada berbagai pertemuan. Bupati pernah berkomentar tentang staf ahli yang kurang aktif: bagaimana akan dikasih amanah kalau masuk kerja saja tidak aktif.

Beliau pernah mendapatkan pesan dari ketua BKKBN Kabupaten Kapuas yang lalu, yang menyatakan bahwa sebagai pendatang kita harus mengurangi tidur, karena perantau biasanya dianggap lebih berhasil dibandingkan dengan orang yang ada di kampung. Sejak dulu beliau sudah memulai kegiatan wiraswasta, mulai dari berjualan pakaian, alat-alat elektronik yang dibeli dari Banjarmasin kemudian dijual di Kapuas, sampai menjadi supir travel. Beliau sering mengantarkan penumpang ke Pelabuhan Trisakti Banjarmasin. Beliau akan berangkat jam 03.00 WIB dari Kapuas dan jam 06.30 WIB sudah masuk kerja.

Banyak kenalan yang beliau miliki dengan menjadi supir travel. Beliau mengkhususkan hari Jum'at dan hari Minggu untuk mengantarkan penumpang ke Pengajian Guru Sekumpul dan ke Kalampayan. Bahkan ada langganan yang maunya berangkat pengajian kalau diantar oleh beliau. Ada juga ibu-ibu yang tidak jadi berangkat pengajian di Sekumpul karena beliau tidak bisa mengantar. Orang-orang di Terminal Pal 6 pun banyak yang mengenal beliau.

Dengan berwiraswasta tersebut, beliau bisa menabung gaji yang beliau dan istri miliki, sehingga beliau mendapatkan panggilan dari Allah untuk melaksanakan ibadah haji ke tanah suci.

Sebagai kepala dinas yang baru, beliau memiliki visi untuk menuntaskan wajib belajar 9 tahun. Selain itu beliau akan mengupayakan agar kesejahteraan guru bisa meningkat, dengan mengupayakan sertifikasi guru sampai tahun 2013. Selain itu, beliau juga memiliki mimpi bagaimana jaringan pendidikan nasional (Jardiknas) bisa mencapai seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Kapuas. Dalam proses seleksi sebagai kepala dinas, beliau sempat menjalani "fit and proper test" untuk mengetahui visi dan misi beliau bila diangkat sebagai kepala dinas. Mari kita do'akan semoga beliau dimudahkan dalam menjalankan amanah ini. Amin.

Pondok Ayam dan Ikan Bakar "IDOLA"

Rumah makan ini terletak di Jalan Ahmad Yani, di depan SDN 3 Kuala Kapuas (SDN Diponegoro). Rumah makan yang baru buka satu minggu ini merupakan cabang dari rumah makan yang sama di Depan Bank BNI, Jalan Ahmad Yani, Kuala Kapuas. Rumah makan ini buka dari jam 09.00 - 24.00 WIB.

Daftar menu dari ayam dan ikan yang disajikan di pondok ini dapat dilihat dibawah ini:

MENU BAKAR
HARGA
 Ayam Ras
13.000
Ayam Kampung
19.000
Bebek
18.000
Ikan Nila
18.000
Ikan Mas
18.000
Ikan Bawal
22.000
Udang
27.000
Cumi-cumi
28.000

MENU GORENG
HARGA
Ayam Ras
12.000
Ayam Kampung
18.000
Bebek
16.000
Ikan Nila
16.000
Ikan Mas
16.000
Ikan Lele
12.000
Ikan Bawal
20.000
Udang
25.000
Cumi-cumi
25.000
Kepiting
30.000

MENU ASAM MANIS
HARGA
Ayam Ras
14.000
Bebek
18.000
Ikan Nila
19.000
Ikan Mas
19.000
Bawal
22.000
Udang
25.000
Cumi-cumi
25.000
Kepiting
30.000
Sayur Bayam
3.000

Jalan berlubang di Desa Teluk Palinget memakan korban

Kejadian ini berlangsung secara bersamaan ketika hujan gerimis dimalam hari, Rabu, 12 Januari 2011 sekitar pukul 21.30 WIB di Desa Teluk Palinget. Sepeda motor pertama jatuh karena tidak bisa menghindari lubang yang ada di jalan. Sepeda motor yang ditumpangi oleh dua orang ini langsung terjatuh dan kedua pengendaranya mengalami cedera di kepalanya. Bahkan salah seorang pengendara sepeda motor tersebut tidak dapat bangun sampai mobil ambulance rumah sakit datang.

Sepeda motor kedua terjatuh tidak jauh dari lokasi sepeda motor pertama. Sepeda motor kedua ini melaju dengan cepat mendahului mobil yang ada di depannya. Tapi rupanya dia tidak menyadari kalau di depannya ada lubang besar. Dia berusaha mengerem, tapi hal itu menyebabkannya terjatuh. Dagunya sampai menyentuh aspal. Syukurnya pengendara sepeda motor ini mengenakan helm, jadi dia cuma pusing dan badannya terasa lemah. Ketika sudah agak pulih, dia bisa kembali mengendarai sepeda motornya.

Mengingat sudah banyak korban akibat jalan berlubang di Desa Teluk Palinget, dihimbau kepada masyarakat untuk tidak mengendarai sepeda motor atau mobil terlalu cepat, untuk menghindari kecelakaan. Kepada pemerintah daerah juga dihimbau untuk memperbaiki jalan tersebut.

Rabu, 12 Januari 2011

Pohon Rambutan belum berbunga

Setiap awal tahun di daerah Kecamatan Pulau Petak dan Kapuas Murung biasanya diramaikan dengan buah rambutan. Tapi tahun 2011 ini, pohon rambutan belum berbunga. Hal ini diakibatkan karena tingginya curah hujan di daerah ini. Pohon-pohon rambutan ini menghiasi bagian kiri dan kanan dari jalan.

Penimbunan Bahu Jalan Kuala Kapuas - Palingkau

Beberapa ruas jalan yang sudah mendapatkan pengaspalan ulang dengan hotmix, sekarang menjalani fase berikutnya yaitu penimbunan bahu jalan agar antara badan jalan dan bahu jalan tidak terlalu tinggi. Jalan raya yang menghubungkan Kuala Kapuas dan Palingkau banyak dipenuhi dengan tanah pasir dan batu (sirtu) untuk menimbun bahu jalan.

Memancing di sawah

Memancing adalah pekerjaan yang mengasyikkan bagi peminatnya. Tapi masyarakat yang ada di pedesaan, memancing bukan sekedar hobi, tapi merupakan salah satu cara untuk mendapatkan lauk bagi nasi. Kekayaan alam Kalimantan membuat tanahnya sangat subur, sehingga hanya dengan memancing di sawah, pemancing bisa mendapatkan banyak ikan gabus (ikan haruan).

Desa Teluk Palinget - Salah satu produsen kayu galam

Pemuatan kayu galam ke dalam truk pengangkut
Sejak dulu, Desa Teluk Palinget merupakan produsen kayu galam. Setiap hari kita bisa menyaksikan banyak klotok yang hilir mudik untuk mengantarkan kayu galam ini ke jalan raya dari hutan yang terletak di bagian dalam handil ini ke arah darat. Kebutuhan terhadap kayu galam ini memang tidak ada habisnya mengingat untuk pelebaran jalan di Kalimantan Tengah ini sangat membutuhkan kayu galam. Jadi sepanjang pekerjaan pembuatan jalan di Kabupaten Kapuas ini masih berjalan, maka kebutuhan terhadap kayu galam akan tetap tinggi.

Oleh-oleh makanan khas Kabupaten Kapuas?

Foto diatas bukan untuk mempromosikan Bagea Palopo (oleh-oleh khas Palopo, Sulawesi Selatan yang terbuat dari sagu), tapi ingin menunjukkan bahwa Kabupaten Kapuas mungkin juga perlu memikirkan hal yang serupa yaitu: Apa oleh-oleh khas Kabupaten Kapuas yang berupa makanan? Atau mungkin admin belum mengetahuinya? Bagi pembaca yang ingin berbagi tentang topik ini, dapat menulis di komentar dari artikel ini.

Kelompok Bermain Islam Terpadu dan Tempat Penitipan Anak Al-Amin

Pendirian lembaga ini diawali dengan keprihatinan terhadap berbagai kelompok bermain yang ada di Kuala Kapuas yang kurang memberikan nilai ruhani dalam pemberian bimbingan terhadap anak-anak yang dititipkan disana. Hal ini membuat sekelompok orang tua yang memiliki anak-anak yang masih kecil untuk membentuk kelompok bermain dan tempat penitipan anak yang mempunyai nuansa religius dalam pengelolaannya. Diharapkan penanaman nilai-nilai religius sejak dini ini akan memberikan pengaruh yang positif bagi anak-anak dalam perkembangan mereka selanjutnya. Lokasinya adalah di Jalan Tambun Bungai Gg. IV Jalur D No. 5, RT 35 RW 04, Kuala Kapuas. Teleponnya adalah 0513-25205.

Perkembangan Pembangunan Masjid Agung Al-Mukarram

Pembangunan Masjid Agung Al-Mukarram yang baru sudah mulai menampakkan bentuknya. Hanya dalam waktu empat bulan (dibandingkan dengan kondisi bulan September 2010), bangunan mesjid ini sudah berdiri dengan megahnya. Perkembangan pembangunan masjid ini makin menyerupai maket yang dipasang di bagian depan masjid ini. Mudah-mudahan masjid yang megah ini kelak juga disemarakkan oleh berbagai kegiatan untuk memakmurkannya.

Selasa, 11 Januari 2011

Penjahit Keliling


Berbagai macam upaya yang dilakukan orang untuk menarik perhatian. Salah satunya adalah Penjahit Keliling ini. Upaya kreatif ini patut diacungkan jempol, mengingat ini adalah salah satu upaya yang dilakukan oleh para pengusaha untuk mendekatkan jasa dengan pelanggannya. Penjahit ini menjelaskan bahwa dia tidak punya rute tertentu dan ketika ditanya tentang tarifnya, beliau mengatakan bahwa tarifnya lebih murah daripada tarif para penjahit di pasar. Selamat mencoba !

Penjahit keliling sedang beraksi

Wirid Shalat Subuh Langgar Al-Inayah

Masing-masing langgar, mushola, surau atau masjid dimanapun memiliki kebiasaan tersendiri dalam melaksanakan wiridnya. Dalam video dibawah ini digambarkan kebiasaan di langgar Al-Inayah dalam melaksanakan wirid sebelum dan sesudah shalat Subuh. Wirid sebelum subuh dilakukan cukup panjang untuk menunggu jama'ah untuk datang ke langgar. Wirid sebelum shalat ini dilakukan hanya pada shalat Subuh saja. Sedangkan wirid sesudah shalat yang cukup panjang ini dilakukan sesudah shalat Subuh dan shalat Maghrib.

Blog pertama tentang Kapuas yang berbahasa Inggris

Blog yang dikelola oleh Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kapuas ini merupakan blog pertama yang berisi tentang kebudayaan dan pariwisata di Kabupaten Kapuas yang disajikan dalam bahasa Inggris. Blog yang baru dibuat pada bulan Desember 2010 lalu sudah memiliki 9 tulisan, baik tulisan yang ditulis sendiri oleh Bapak Syamsuddin Rudiannoor, S. Sos maupun tulisan yang disadur dari media lain. Semoga rintisan awal dalam penulisan tentang Kapuas dalam bahasa Inggris ini dapat membantu mengenalkan Kabupaten Kapuas kepada dunia. 

Pengapalan oleh PT. Karya Sejati

Berdasarkan "New Alert Panjiva" tanggal 9 dan 10 Januari 2011, PT. Karya Sejati, telah melakukan pengiriman karet alam (natural rubber) ke Astlett Rubber Inc dan Rcma Americas Inc. Sejak Informasi Kapuas berlangganan pemberitahuan dari Panjiva, ini adalah pengiriman kedua dan ketiga setelah bulan Desember yang lalu. Hal ini menunjukkan bahwa industri karet masih memiliki pangsa pasar yang cukup baik di dunia.

Senin, 10 Januari 2011

Yayasan Abdi Bangsa - Pusdiksus LPP

Lembaga ini pada awalnya dikenal sebagai tempat kursus komputer. Sekarang sudah mengembangkan berbagai macam usaha seperti jual beli pulsa, fotocopy dan percetakan. Yayasan yang terletak di Jalan Tambun Bungai ini memberikan kontribusi yang cukup besar dalam mengentaskan buta komputer dikalangan masyarakat Kabupaten Kapuas.

Pasar Blok R Kuala Kapuas

Pasar ini menjual berbagai macam keperluan rumah tangga, mulai dari sayur mayur, ikan, ayam, bumbu masakan dan lain-lain. Foto diatas diambil dari Jalan Anggrek. Pasar ini juga dapat diakses dari Jalan Mawar.

Rukun-rukun Shalat - Majelis Ta'lim Al-Inayah

Rukun-rukun shalat dibagi menjadi tiga:

  1. Rukun qalbi yaitu niat
  2. Rukun qauli yaitu membaca Al-Fatihah, membaca tahiyat
  3. Rukun fi'li yaitu takbiratul ihram, ruku', sujud, duduk diantara dua sujud, duduk tahiyat
Ada beberapa hal yang harus dipenuhi ketika melakukan sujud:
  1. Punggung harus lebih tinggi dari kepala
  2. Sebagian dari dahi harus menyentuh lantai
  3. Telapak tangan harus diletakkan secara penuh ke lantai
  4. Melakukan sujud dimulai dengan meletakkan lutut ke lantai, baru tangan dan dahi
  5. Bangkit dari sujud hendaknya tidak meninggikan pantat lebih dahulu
Hal-hal lain seputar sujud:
  • sujud sahwi dilakukan apabila lupa dengan tahiyat awal atau lupa untuk membaca qunut saat shalat subuh
  • sujud sahwi dilakukan saat selesai membaca tahiyat akhir dan sebelum salam
  • sujud sahwi dilakukan dengan dua kali sujud dan duduk diantara dua sujud, setelah sujud yang kedua, langsung salam
  • bacaan sujud sahwi boleh membaca tasbih yang dibaca saat sujud dalam shalat biasa
  • sujud syukur dapat dilakukan kapan saja, bacaannya bisa dengan membaca tasbih, tahmid, takbir dan tahlil
Berikut ini adalah cuplikan video dari ta'lim tersebut:


Narasumber : Guru Farhani

Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Teluk Palinget

Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dari sampah-sampah yang berasal dari seluruh pelosok Kabupaten Kapuas memiliki nilai tersendiri dalam Adipura. Itulah sebabnya, sekarang TPA ini sudah mulai berbenah diri. Diharapkan pada masa yang akan datang, bisa diadakan alat pengolah sampah, sehingga sampah-sampah yang masuk ke tempat ini bisa dimanfaatkan kembali.

Tong Sampahpun Dihias

Dalam rangka meraih Adipura, berbagai macam kegiatan sudah dilakukan oleh Pemerintah Daerah, mulai dari Jum'at Bersih, membuat taman di tengah jalan, membuat taman di berbagai sudut kota, sekarang tong sampahpun mendapatkan gilirannya. Mudah-mudahan berbagai upaya ini juga diikuti oleh kesadaran masyarakjat untuk membuang sampah pada tempatnya.

Sabtu, 08 Januari 2011

Beasiswa Tahfidz Qur'an

Telah dibuka program seleksi program persiapan untuk kuliah di Universitas Al-Ahqaff Yaman dan program menghapal Qur'an (beasiswa / gratis asrama, makan, pendidikan). Seleksi dimulai sejak tanggal 1-15 Januari 2011 di Pondok Pesantren Al-Ahgaff, Cipayung, Bogor. Untuk keterangan mengenai syarat dan ketentuan bisa menghubungi:

  1. Ust. Abdullah Sho'im (085224377470 atau 085890385490)
  2. Ust. Ahmad Kamaluddin (085781326232)

TASMIAH DI KAPUAS 'ALA BANJAR


Tasmiah atau pemberian nama kepada bayi yang baru lahir biasa dirangkai dengan kegiatan Aqiqah. pemberian nama/tasmiah ini merupakan kewajiban orang tua diawal kehadiran anak sebagai amanah dari Allah SWT.
Sebagian dari kegiatan tasmiah yang dilakukan adalah menghias ayunan bayi yang biasanya dari sarung atau kain panjang dengan anyaman daun kelapa, anyaman daun kelapa ini biasa berupa anyaman ketupat dan hiasa-hiasan berupa kembang atau bunga. Makna dari hiasan anyaman daun kelapa ini bermacam-macam tafsiran dari masyarakat, ada yang beranggapan ini merupakan simbol dari pengharapan keluarga agar anak bersangkutan kelak selalu dilimpahkan rezeki sandang pangan yang banyak, ada juga yang menyatakan bahwa ini merupakan gambaran kebahagiaan dari keluarga si bayi akan kehadirannya. Sebagian juga beranggapan bahwa ini merupakan simbol-simbol agar si bayi tidak diganggu oleh makhluk halus sehingga bayi selalu sehat dan tidak sakit-sakitan.
Pada kegiatan ini keluarga si bayi mengundang sanak saudara, tetangga, kerabat dan handai taulan, sehingga pada kegiatan ini silaturrahmi akan terjalin semakin erat. Inilah inti dari pelaksanaan kegiatan ini.
Foto di atas merupakan kegiatan Aqiqah dan Tasmiah Putri ke-3 Saudara Mawardi dari Desa Dadahup Kecamatan Dadahup Kab.Kapuas pada tanggal 08 JAnuari 2011.

Permohonan Maaf Kepada Badan Pusat Statistik

Pemuatan Kapuas Dalam Angka 2009 yang dilakukan oleh INFORMASI KAPUAS dengan jalan menyatukan file-file pdf yang terpencar, rupanya telah melanggar hak cipta dari Badan Pusat Statistik. Tidak ada  maksud dari admin untuk mengkomersialisasikan informasi tersebut. Pemuatan tersebut semata-mata untuk memudahkan masyarakat yang membutuhkan informasi tersebut, yang sebenarnya telah dimuat secara bebas di situs BPS Kabupaten Kapuas. Sehubungan dengan itu kami memohon maaf sebesar-besarnya atas keteledoran ini. Kami berharap BPS Kabupaten Kapuas tidak jera untuk tetap memuat Kapuas Dalam Angka dalam bentuk "soft copy" mengingat data tersebut sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

Kesempatan berkarir menjadi Fasilitator Masyarakat

Jumlah fasilitator masyarakat (Community Facilitators - CF) yang direktur CWSHP Kabupaten Kapuas sebanyak 13 orang yang terdiri dari:

  1. CF kesehatan sebanyak 5 orang
  2. CF teknik sebanyak 4 orang
  3. CF pemberdayaan sebanyak 4 orang
CF akan bertugas sebagai fasilitator masyarakat di desa lokasi proyek CWSH dalam melaksanakan kegiatan sebagai berikut:
  1. Melaksanakan sosialisasi proyek CWSH
  2. Mendukung keterlibatan masyarakat dalam membuat usulan penanggulangan masalah serta perbaikan fasilitas air bersih dan fasilitas sanitasi masyarakat
  3. Membantu masyarakat untuk membentuk Tim Kerja Masyarakat (TKM) di tingkat desa
  4. Membantu masyarakat dan TKM menyiapkan usulan Rencana Kerja Masyarakat (RKM) di tingkat desa
  5. Melakukan monitoring kemajuan pelaksanaan proyek dan membuat laporan bulanan yang memberikan gambaran kinerja proyek

Tipu Daya Dunia - Khutbah Jum'at

Imam Al-Ghazali mengumpamakan dunia seperti seorang laki-laki yang sedang dikejar oleh singa. Dia melompat ke dalam sumur dan bergantung pada seutas tali. Diatas sumur menunggu seekor singa, di dasar sumur menunggu seekor ular besar dengan mulut menganga. Pada seutas tali tempat dia bergantung ada dua ekor tikus, tikus hitam dan tikus putih, yang mulai menggerogoti tali tersebut. Di dinding sumur tersebut ada sebuah sarang madu. Ketika laki-laki ini mengambil sedikit madu tersebut kemudian mencicipi dengan lidahnya, dengan serta merta dia melupakan semua yang dia hadapi (baik itu singa yang sedang menanti, ular yang siap memangsa, tali yang digerogoti oleh tikus).

Singa itu adalah kematian yang senantiasa mengejar kita. Ular adalah kuburan yang senantiasa menanti kedatangan kita. Tali tersebut adalah kehidupan yang kita lalui. Tikus hitam adalah malam hari. Tikus putih adalah siang hari. Jadi kedua tikus itu senantiasa akan mengurangi jatah kehidupan kita. Dan sarang madu tersebut adalah kehidupan dunia. Jadi dunia bisa membuat orang menjadi lupa terhadap apa yang sedang dihadapi oleh manusia.

Ali mengatakan bahwa kehidupan dunia adalah mimpi, yang orang baru akan tersadar dari mimpi tersebut ketika dia meninggal dunia.

Kamis, 06 Januari 2011

Pelantikan Pejabat Eselon II, III dan IV


Pada hari Kamis, 6 Januari 2011, bertempat di Aula Kantor Pemda Kabupaten Kapuas, Jl. Pemuda Km. 5,5 diselenggarakan Pelantikan Pejabat Eselon II, III dan IV dilingkungan Pemda Kapuas. Berikut ini adalah ringkasan dari surat keputusan Bupati Kapuas (mohon maaf ada beberapa lembar yang tidak sempat dimuat, karena kurang jelasnya foto yang dibuat dari SK tersebut):


Nama

Jabatan Lama

Jabatan Baru

Frederik Timbung, SH

Kepala Dinas
Pendidikan

Staf Ahli Bupati Bidang
Hukum dan Politik

Drs. H. Zahirsyah
Rovel, S.Hut

Kepala Badan
Lingkungan Hidup

Asisten Perekonomian
dan Pembangunan

Drs. Teras

Kepala Dinas
Pendapatan Daerah

Staf Ahli Bupati
Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia

Ir. Granit Sugiarto

Asisten Perekonomian
dan Pembangunan

Staf Ahli Bidan Ekonomi
dan Keuangan

Ir. Afiadin Husni

Kepala Dinas Pertanian
Tanaman Pangan dan Hortikultura

Kepala Dinas Pendapatan
Daerah

Drs. H. I Made
Sumartha

Staf Ahli Bupati
Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia

Kepala Dinas
Pendidikan

Ir. M. Ishak Basseri

Staf Ahli Bidang Ekonomi
dan Keuangan

Kepala Dinas Pertanian
Tanaman Pangan dan Hortikultura

Suhardjono, SH

Staf Ahli Bupati Bidang
Hukum dan Politik

Kepala Badan Kepegawaian
Pendidikan dan Pelatihan Daerah

Drs. I Dewa Gde Oka
Ariawan

Kepala Dinas Perhubungan
dan Kominfo

Staf Ahli Bupati
Bidang Pemerintahan

Ir. Andarias Lempang

Kepala Dinas Perkebunan
dan Kehutanan

Kepala Badan Lingkungan
Hidup