Kamis, 30 Desember 2010

Pusat Kesehatan Pondok Pesantren Al-Amin

Puskestren Ponpes Al-Amin tampak depan
Kabupaten Kapuas tidak hanya memiliki Puskesmas, Pustu, Poskesdes, dan Polindes, sekarang mulai dikembangkan Puskestren (Pusat Kesehatan Pondok Pesantren). Salah satu poskestren yang ada di Kabupaten Kapuas terletak di Pondok Pesantren Al-Amin yang terletak di Jalan Pemuda Km. 20, Desa Anjir Palambang, Kecamatan Pulau Petak.

Puskestren yang terletak di depan gedung pondok pesantren ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap, mulai dari meja periksa, tempat tidur untuk tempat periksa, tempat istirahat bagi petugas, berikut dengan obat-obatan sederhana bagi para santri yang sakit.

Meja periksa, tempat untuk obat-obatan

Tempat tidur untuk tempat pemeriksaan pasien
Saat ini yang masih perlu disediakan oleh pondok pesantren adalah WC yang bisa digunakan oleh pasien dan juga petugas yang akan menginap di puskestren ini serta beberapa jenis obat-obatan yang akan sering digunakan oleh para santri yang sakit.

Rabu, 29 Desember 2010

Figur-figur Inspiratif Kabupaten Kapuas Tahun 2010

Buku ini ditulis oleh Teguh Prasatya Madjan dan diterbitkan oleh Wadah Bina Paramuda Sayap Kecil pada bulan Agustus 2010. Adapun figur-figur tersebut adalah sebagai berikut:

  1. dr. H. Bawa Budi Raharja
  2. H. Muhammad Aspiansyah
  3. Mustain Khaitami, S.Ag
  4. Drs. Muhammad Hafizi
  5. H. Fadli Ramli
  6. Ir. H. Sri Hardjito, M.Si
  7. Payantris T. Dehen, S.Pd, MM
  8. Hj. Riaswati Djauhari
  9. H. Asrani
  10. Hj. Rietna Condrad

Penjual Anggrek

Penjual bunga anggrek ini terletak di Jalan Kalimantan No. 50, Kuala Kapuas 73513. Pemiliknya yaitu Ibu Ayangsih Unjung dapat dihubungi pada nomor telepon rumah yaitu (0513) 21675, atau melalui handphone yaitu 081349531425. Selain menjual tanaman anggrek, beliau juga menerima pesanan rangkaian bunga untuk berbagai macam keperluan, misalnya untuk ucapan bela sungkawa saat kematian.

Selain itu, beliau juga memiliki hobi mengoleksi berbagai macam jenis bunga anggrek, bila ada yang berminat untuk membelinya, beliau bersedia untuk menjualnya.
Berbagai bunga koleksi Ibu Ayangsih Unjung

Bincang-bincang dengan Bapak Hani - Kepala Gudang Bulog Kapuas

Suasana ketika memasuki gudang Bulog
Gudang Bulog yang terletak di Jalan Kalimantan ini memiliki dua buah gudang yang memiliki kapasitas 3500 ton dan 2000 ton. Kapasitas penyimpanan beras di Bulog ini biasanya sekitar 3000 ton untuk tiga bulan. Beras di gudang ini didatangkan dari Jawa Tengah, Jawa Timur, Makasar, bahkan ada juga yang dari Vietnam. Karena pelabuhan Bulog sedang mengalami penurunan, transportasi beras ke gudang ini dilakukan dengan menggunakan truk.
Truk pengangkut beras dari pelabuhan Trisakti Banjarmasin
Selain menyimpan beras untuk keperluan masyarakat, gudang Bulog ini juga menyimpan beras cadangan pemerintah untuk keperluan bencana. Sewaktu terjadi banjir di daerah Tambak Bajai yang lalu, Dinas Sosial dan Tenaga Kerja sudah mengambil 50 ton beras yang akan didistribusikan ke daerah bencana tersebut.

Selain memiliki gudang beras, gudang Bulog ini juga memiliki penggilingan padi, kapasitasnya sangat besar, mengingat bangunannya yang sangat besar. Selain ada mesin penggilingan, di dalam gudang ini juga ada mesin pengering dan mesin untuk pengepakan beras yang sudah digiling. Namun saat ini gudang ini tidak dioperasikan mengingat mahalnya harga beras yang dijual oleh petani.
Penggilingan beras Bulog

Senin, 27 Desember 2010

PELAKSANAAN BIMTEK BAGI SERVICE PROVIDER KESEHATAN DAN PENDIDIKAN PADA PKH DI KUALA KAPUAS

Kegiatana ini dilaksanakan Senin, 27 Desember 2010 bertempat di Aula Bappeda Kabupaten Kapuas, acara ini diikuti oleh jajaran Dinas Kesehatan dalam hal ini para kepala puskesmas dan bidan koordinator, jajaran Dinas Pendidikan para kepala sekolah SD/SMP dan jajaran Kementerian Agama para kepala Madrasah (MI, MTs).






Dalam kesempatan ini paparan terkait program Keluarga Harapan disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan, kepala Kementerian Agama dan Kepala Dinas Kesehatan serta dari UPPKH Pusat/Kementerian Sosial.

Program Keluarga Harapan adalah program yang memberikan harapan yang tinggi kepada masyarakat, harapan yang dimaksud adalah harapan untuk dapat hidup yang layak, tuntas wajib belajar 9 tahun, mampu memeriksakan kesehatan secara teratur, serta mampu memberikan gizi yang baik untuk anak-anak. Hal ini menjadi indikator didalam pencapaian tujuan pembangunan millenium atau Millenium Development Goals (MDGS).















DAMPAK PELAKSANAAN PKH (SPOTCHECK’09) yang diharap :

Peningkatan kunjungan peserta PKH ke Posyandu : 36 %

Kenaikan jumlah bayi yang ditimbang : 5%

Peningkatan Imunisasi : 3 %

Peningkatan rata-rata waktu sekolah anak-anak peserta PKH : 0,4% atau 17 hari sekolah

Peningkatan kehadiran anak disekolah : 1,79%

Ketidak hadiran anak di sekolah : - 13.8%

Peningkatan jumlah guru : 0,7%

Peningkatan rasio guru-murid : 4,9 %

Kesimpulan : PKH membantu pencapaian tujuan pembangunan bidang pendidikan dan kesehatan

Minggu, 26 Desember 2010

Pesantren Kilat

Pada hari Sabtu - Minggu, 25-26 Desember 2010 bertempat di Masjid Agung Al Mukarram, Kuala Kapuas, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Agama Islam (PAI) Sekolah Menengah Pertama (SMP) mengadakan Pesantren Kilat untuk siswa SMP. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Kementerian Agama Kabupaten Kapuas.

KUALA KAPUAS MENJELANG TAHUN BARU 2011

Mungkin tidak jauh berbeda dengan daerah-daerah lain, di Kota Kuala Kapuas sudah mulai ramai terlihat aktifitas menyambut Tahun Baru 2011. Diantaranya sudah banyaknya terlihat para pedagang terompet yang menjual dagangannya, harga terompet yang dijual bervariasi dari Rp. 5.000,-an s/d 20.000,-an. Para pedagang berharap pergantian tahun 2010 ke 2011 mendatangkan banyak rezeki bagi mereka....semoga ya !.

Ini beberapa pedagang yang sudah berjualan memajang terompetnya :

































































































Demikian pula dengan ucapan Selamat berupa spanduk telah dipasang dan dipampang pada instansi pemerintah/swasta serta pada tempat-tempat umum, beberapa spanduk ucapan selamat tahun baru 2011 :









Kita semua tentunya berharap pada pergantian tahun kali ini suasana dapat kondusif/aman, dimana semua dapat menjaga diri dan lingkungannya agar tercipta suasana yang terkendali.
Di Tahun 2011 nanti kita pasti ingin segala sesuatunya menjadi baik dibanding dari tahun sebelumnya. "Mari kita lakukan perbaikan dan kebaikan" oleh seluruh unsur lapisan masyarakat, pemerintah, swasta. ormas, tokoh masyarakat, tokoh agama dll demi majunya Kabupaten Kapuas.

Sabtu, 25 Desember 2010

NATAL & TAHUN BARU

Pada kesempatan ini izinkan kami mengahaturkan ucapan selamat :


Mengenal ASEAN Institute for Health Development (AIHD)



Video diatas merupakan promosi resmi dari AIHD, salah satu institut dari Mahidol University, Thailand, dimana salah seorang warga Kapuas bersekolah disana. Lembaga ini pada awalnya hanya merupakan suatu pusat pelatihan bagi para praktisi pelayanan kesehatan dasar di ASEAN, tapi setelah itu lembaga ini berkembang menjadi sebuah institut. Tujuannya adalah untuk membentuk para ahli dalam bidang manajemen pelayanan kesehatan dasar dan membangun jaringan dalam rangka mencapai Health for All.

Beberapa peran yang ingin dimainkan oleh AIHD adalah:

  1. Melakukan penelitian dan pengembangan
  2. Membentuk lulusan yang dapat menjadi pemimpin
  3. Menyediakan pelayanan akademis
  4. Mengembangkan sumber daya informasi

Jumat, 24 Desember 2010

Toko Bandung

Tampak depan Toko Bandung diwaktu malam
Toko sepatu ini terletak di Jalan Ahmad Yani No. 10, Kuala Kapuas, di kompleks pertokoan yang terletak di depan BNI 46. Sepatu-sepatu yang dijual disini berasal dari Bandung. Harga sepatu dan sendal-nya berkisar dari Rp 15.000 sampai Rp 195.000. Toko ini dikelola oleh Bapak Hendra, orang asli Bukittinggi yang lama tinggal di Bandung.

Depot Es 72

Depot Es ini terletak di Jalan Kartini No. 76, Kuala Kapuas. Ibu Rolitha, pemilik depot ini dapat dihubungi pada nomor 08125095845. Adapun daftar harga dari es dan jus yang disajikan adalah sebagai berikut:

  1. Jus Durian Rp 7.000
  2. Jus Alpukat Rp 7.000
  3. Jus Wortel Rp 6.000
  4. Jus Melon Rp 6.000
  5. Jus Apel Rp 6.000
  6. Jus Mangga Rp 6.000
  7. Jus Nangka Rp 6.000
  8. Jus Kueni Rp 6.000
  9. Jus Tomat Rp 6.000
  10. Jus Tape Rp 6.000
  11. Jus Pepaya Rp 6.000
  12. Jus Sirsak Rp 6.000
  13. Es Teler (alpukat + kelapa) Rp 7.000
  14. Es Teler (buah-buahan) Rp 6.000
  15. Es campur Rp 6.000
  16. Es Susu Soda Rp 7.000
  17. Es Jeruk Rp 4.000
  18. Es Kelapa Muda Limau Nipis Rp 4.500
  19. Es kelapa muda Rp 4.000

Rabu, 22 Desember 2010

Masjid-masjid dipinggir sungai

Masjid Jami' At-Taqwa yang terletak di Jalan Kapuas
 Sebagaimana layaknya kota-kota yang berada di pinggir sungai, Kuala Kapuas juga memiliki masjid-masjid yang aksesnya sangat dekat dengan sungai. Keberadaan masjid dekat dengan sungai dikarenakan pada masa lalu, transportasi utama masyarakat adalah melalui sungai, sehingga agar masjid mudah dijangkau, maka dibangunlah masjid dekat dengan sungai. Bahkan pada beberapa tempat ada masjid yang memang dibangun langsung di tepi sungai. Tapi karena abrasi yang terus terjadi, sebagian besar masjid-masjid tersebut sudah di relokasi ke daratan.

Masjid Jami' Mambulau

Masjid Riyadhul Jannah di Jalan K.S. Tubun

Masjid Hikmatul Kiram, Murung Keramat

Pusat Pelayanan Administrasi Terpadu Rumah Sakit (PPATRS)

Setelah penyerahan Ambulance hibah dari PT. ASKES pada hari Rabu, 22 Desember 2010 di rumah sakit, dilanjutkan dengan penyerahan PPATRS yang sudah direhabilitasi. Ruangan yang tadinya sangat sederhana sekarang menjadi ruangan yang sangat nyaman. Disinilah nanti para pasien ASKES akan dilayani untuk membuat jaminan rawat jalan dan rawat inap. Diharapkan dengan adanya ruangan yang sangat nyaman ini, pelayanan terhadap pasien ASKES bila lebih baik daripada sebelumnya.

Penyerahan Ambulance Hibah PT. ASKES

Ambulance hibah dari PT. ASKES
Berbeda dari berita sebelumnya, serah terima ambulance dari PT. ASKES kepada RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kapuas, dilakukan oleh dr. Suzanna Zadli Razak, MM., HIA, Direktur Perencanaan dan Pengembangan PT. ASKES. Penyerahan secara simbolis dilakukan dengan menyerahkan kunci kepada Wakil Bupati Kapuas, Suraria Nahan, kemudian dilanjutkan penyerahan dari wakil bupati kepada direktur rumah sakit, dr. H. Bawa Budi Raharja. Penyerahan ini dilakukan di halaman parkir RSUD dr. H. Soeamrno Sosroatmodjo Kapuas, pada hari Rabu, 22 Desember 2010. 


Penyerahan secara simbolis dari PT. ASKES kepada Wakil Bupati Kapuas

Dokter Spesialis Bedah Baru - dr. Rinto Alexander Tangkudung, Sp. B

dr. Rinto A. Tangkudung, Sp. B, duduk di belakang dr. Bawa Budi Raharja (direktur RSUD)
Pada hari Selasa, 21 Desember 2010, dr. Rinto sudah sampai ke Kuala Kapuas. Beliau sudah menempati rumah dinas dokter spesialis bedah. Pada tanggal 22 Desember 2010, beliau sudah menghadap direktur dan ikut menyaksikan penyerahan mobil ambulance, hibah dari PT. ASKES. Insya Allah beliau mulai aktif setelah perayaan Natal 2010 ini. Sebelum melanjutkan pendidikan sebagai dokter spesialis bedah, beliau pernah bertugas di Puskesmas Tumbang Talaken, yang sekarang masuk wilayah Kabupaten Gunung Mas. Beliau meneruskan pendidikan spesialis di Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi, Menado, Sulawesi Utara. Setelah lulus, beliau sempat mengabdikan dirinya di Timika, ibukota Kabupaten Timika, Papua.

Musim Hujan - Ramalan Cuaca dari www.yr.no

Hujan deras pada hari Rabu, 21 Desember 2010
Berdasarkan informasi dari Institut Meteorologi dari Norwegia (www.yr.no) mulai kemarin sampai hari Jum'at mendatang, hujan akan membasahi Kabupaten Kapuas. Situs ini memberikan ramalan cuaca sampai dua hari kedepan. Kita juga dapat melihat ramalan cuaca dari jam ke jam pada halaman yang khusus untuk Kuala Kapuas (silahkan klik pada "Kuala Kapuas"). Informasi ini jugalah yang digunakan oleh INFORMASI KAPUAS untuk menyampaikan ramalan cuaca untuk wilayah Kuala Kapuas.

Hujan dipagi hari di Jalan Melati, Kuala Kapuas, 22 Desember 2010

Selasa, 21 Desember 2010

RA PERWANIDA IKUT LATIHAN MANASIK HAJI

Kuala Kapuas, 21 Desember 2010


Bertempat di halaman Mesjid Agung Al Mukkaram Kuala Kapuas diselenggarakan kegiatan latihan Manasik Haji bagi siswa-siswi TK/RA di wilayah Kuala Kapuas di antaranya RA Perwanida, TK Beringin dll.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Kementerian Agama Kabupaten Kapuas, dimana dengan kegiatan ini diharapkan anak-anak dapat mengenal/mengetahui secara dini kewajiban umat islam yang merupakan rukun kelima dari rukun islam yakni melaksanakan Haji.

bersama ini kami tampilkan beberapa foto yang berhasil diliput :






























Ini sekilas Video Kegiatan Latihan Manasik Haji Bagi Siswa TK/RA :

video

Orang Kampung Naik Pesawat



Video diatas menggambarkan suasana take off dari Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Banten, dan landing di Bandara Syamsudin, Landasan Ulin, Banjar Baru, Kalimantan Selatan. Ada hal yang tidak terekam dari video ini yaitu ketika pesawat Boeing 737-400 milik maskapai penerbangan Sriwijaya Air melakukan gerakan memutar 360 derajat, mungkin untuk menghindari gumpalan awan yang cukup pekat atau kelewatan? Selain itu pada rekaman ini kita dapat menyaksikan beberapa gambaran beberapa sisi Kalimantan Selatan dari udara. Resolusi video ini terpaksa dikurangi untuk mempercepat akses. Selamat menikmati.

Truk Amblas


Pada hari Jum'at, 17 Desember 2010 yang lalu, ketika admin melewati Jalan Trans Kalimantan, wilayah Anjir Serapat kilometer 6, ada sebuah truk yang amblas pada bahu jalan. Kondisi ini dapat disebabkan oleh dua hal, memang muatan truk-nya yang terlalu berat atau bahu jalannya yang terlalu lunak. Ketika admin kembali pada hari Senin, 20 Desember 2010, truk ini sudah tidak ada lagi.

Muara Sungai Kapuas - Foto dari udara

Foto ini diambil dari pesawat Boeing 737-400 miliki maskapai penerbangan Sriwijaya Air pada hari Senin, 20 Desember 2010, menjelang pendaratan di Bandara Syamsudin Noor. Disekitar lokasi inilah direncanakan akan dibangun Pelabuhan Laut Batanjung yang akan menelan dana milyaran rupiah. Daerah ini termasuk wilayah Kecamatan Kapuas Kuala yang beribukota Lupak Dalam. Kecamatan ini merupakan satu-satunya kecamatan di Kabupaten Kapuas yang memiliki pantai.

Penyerahan Ambulance dari PT. ASKES

Berdasarkan informasi yang diberikan oleh PT. ASKES Regional VIII (Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah) pada hari Rabu, 22 Desember 2010 akan dilakukan penyerahan Ambulance yang merupakan hibah dari PT. ASKES kepada RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo. Direncanakan kepala regionalnya sendiri, Dr. Sri Ponco Handayani, MM, yang akan melakukan penyerahan ambulance tersebut. Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh direktur rumah sakit, dr. H. Bawa Budi Raharja, ambulance tersebut dilengkapi oleh peralatan yang berkualitas. Mudah-mudahan penambahan armada ambulance untuk rumah sakit ini semakin meningkatkan kualitas pelayanan dari rumah sakit yang baru saja mendapatkan anugerah Penghargaan Pelayanan Prima.

Launching Program Keluarga Harapan Kabupaten Kapuas

Insya Allah pada hari Rabu, 22 Desember 2010 bertempat di Aula Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Kapuas akan diselenggarakan "launching" peluncuran Program Keluarga Harapan yang merupakan kegiatan unggulan dari Kementerian Sosial Republik Indonesia. Dalam kegiatan tersebut, diminta perwakilan dari penerima bantuan baik dari unsur ibu rumah tangga, ibu hamil, anak-anak yang masih sekolah, balita dan lain-lain. Direncanakan pertemuan ini akan dibuka oleh Bapak Bupati Kapuas.

Pada saat peluncuran tersebut, para keluarga yang termasuk dalam daftar penerima bantuan, akan mendapatkan kartu PKH dan mereka diharapkan untuk membuka Giro Online di Kantor Pos Kuala Kapuas. Jadi dana tersebut akan langsung masuk ke dalam rekening mereka. Mereka akan mendapatkan rapel selama 6 bulan.

Narasumber: Aldika Kurniawan (pendamping)

Senin, 20 Desember 2010

Gaji 30 juta rupiah per bulan

Mungkin jarang orang mengetahui bahwa seorang perwira di kapal bisa memiliki gaji sebesar 30 juta rupiah per bulan. Hal ini admin ketahui setelah berbincang-bincang dengan Bapak Alnur (bukan nama yang sebenarnya) yang bekerja sebagai perwira mesin di sebuah perusahaan perkapalan. Perbincangan ini berlangsung di Bandara Soekarno Hatta ketika menunggu pesawat Sriwijaya Air yang menuju ke Banjarmasin.

Beliau bercerita bahwa karirnya dimulai dari pendidikan di Akademi Pelayaran di Makasar. Selama menempuh pendidikan tersebut mereka mendapatkan kesempatan magang di kapal selama satu tahun, sesuai dengan jurusan yang mereka pilih, apakah itu di bagian dek, mesin atau dapur. Selama magang tersebut mereka sudah mendapatkan gaji. Setelah itu dia bekerja di kapal. Kemudian dia meneruskan pendidikan ke tingkat sarjana yang ditempuhnya dalam waktu satu tahun. Di perusahaan kapal sekarang ini, dia sudah menjalaninya selama lima tahun. Karena kinerja yang dimilikinya sebagai staf dinilai perusahaan cukup baik, dia mendapatkan promosi sebagai perwira mesin (sesuai dengan bidangnya saat menempuh pendidikan).

Dalam satu kapal yang berukuran kecil saja, jumlah awaknya bisa mencapai 20 orang, yang terdiri dari Kapten Kapal, kepala rumah tangga, para perwira dan para staf yang lain. Untuk bagian mesin, ada perwira dan staf yang ada di sana. Pekerjaan di bagian mesin dilakukan dengan pergantian jaga setiap 4 jam. Karena jumlah petugas di mesin sebanyak 3-4 orang, jadi dalam sehari jaga di ruang mesin dijalani selama 8 jam. Sekali melakukan pelayaran, mereka bisa berada di kapal selama 3-6 bulan. Mereka bisa mendapatkan cuti bila sudah berlayar selama 1 tahun. Tapi sekarang ada beberapa perusahaan pelayaran yang memberikan cuti setelah berlayar selama 6 bulan.

Beliau menceritakan bagaimana bekerja di kapal juga cukup membosankan, nah untuk mengisi waktu kosong tersebut mereka kadang-kadang bermain karambol, bermain domino, karaoke di salon yang ada di kapal, membaca buku dan lain-lain. Untuk pekerjaan beliau saat ini, beliau bekerja di kapal yang mengangkut minyak dari Pertamina. Lamanya pelayaran ini bisa berlangsung selama tiga bulan. Setelah mendapatkan ijin untuk cuti, seorang pelaut bisa beristirahat sampai 3 bulan. Setelah itu dia akan ditanya lagi kesiapannya untuk kembali berlayar.

Mengingat pekerjaan yang berat tersebut, sangat wajar bila gaji mereka cukup besar. Ketika ditanya tentang masalah gaji, beliau mengatakan bahwa gajinya tidak terlalu besar, tapi tunjangannya yang besar. Kalau pelayaran dilakukan ke luar negeri, gaji yang didapatkan pun juga lebih besar karena dihitung dengan Dolar Amerika. Contohnya, bila bekerja di kapal yang ada di Dubai, maka gajinya adalah sebesar $ 120 per hari (Rp 9.000 x 120 = 1.080.000). Jadi dalam waktu satu bulan dia bisa mendaptkan gaji lebih dari tiga puluh juta rupiah.

Kehidupan di kapal cukup keras bila bergabung dengan para awak kapal yang berasal dari berbagai negara. Mereka umumnya suka minum minuman keras. Nah kalau sudah mabuk, suka terjadi perkelahian di kapal. Bahkan beliau bercerita bahwa kalau para awak kapal ada yang tidak suka dengan perwira-nya, maka mereka akan menyekapnya ketika tidur dan melemparnya ke laut. Kemudian para awak akan membuat laporan bahwa sang perwira meninggal karena "tergelincir".

Persepsi orang tentang pelaut membuat tidak banyak orang mau menjadi pelaut. Adik beliau sendiri ketika ditawari oleh kakaknya untuk menjadi pelaut, jawabnya: "Ngapain kerja sebagai pelaut, kayak nggak ada kerjaan aja di darat".

Nah mudah-mudahan bincang-bincang ini bisa memberikan wawasan kepada kita tentang bahwa banyak jenis pekerjaan yang bisa dilakukan di luar sana.

Sabtu, 18 Desember 2010

Anak laki-laki dari Pujon - Foto

Foto diatas diambil oleh Mr. Arnold Rihs diantara tahun 1936/1942. Foto ini menggambarkan anak laki-laki yang berasal dari Pujon, ibukota Kecamatan Kapuas Tengah.

Kamis, 16 Desember 2010

Filosofi Pensil



“Setiap orang membuat kesalahan. Itulah sebabnya, pada setiap pensil ada penghapusnya” (Pepatah Jepang)

Kali ini saya ingin menceritakan kepada Anda sebuah kisah penuh hikmah dari sebatang pensil. Dikisahkan, sebuah pensil akan segera dibungkus dan dijual ke pasar. Oleh pembuatnya, pensil itu dinasihati mengenai tugas yang akan diembannya. Maka, beberapa wejangan pun diberikan kepada si pensil. Inilah yang dikatakan oleh si pembuat pensil tersebut kepada pensilnya.

“Wahai pensil, tugasmu yang pertama dan utama adalah membantu orang sehingga memudahkan mereka menulis. Kamu boleh melakukan fungsi apa pun, tapi tugas utamamu adalah sebagai alat penulis. Kalau kamu gagal berfungsi sebagai alat tulis. Macet, rusak, maka tugas utamamu gagal.”

Kedua, agar dirimu bisa berfungsi dengan sempurna, kamu akan mengalami proses penajaman. Memang meyakitkan, tapi itulah yang akan membuat dirimu menjadi berguna dan berfungsi optimal”.

Ketiga, yang penting bukanlah yang ada di luar dirimu. Yang penting, yang utama dan yang paling berguna adalah yang ada di dalam dirimu. Itulah yang membuat dirimu berharga dan berguna bagi manusia”.

“Keempat, kamu tidak bisa berfungsi sendirian. Agar bisa berguna dan bermanfaat, maka kamu harus membiarkan dirimu bekerja sama dengan manusia yang menggunakanmu” .

“Kelima. Di saat-saat terakhir, apa yang telah engkau hasilkan itulah yang menunjukkan seberapa hebatnya dirimu yang sesungguhnya. Bukanlah pensil utuh yang dianggap berhasil, melainkan pensil-pensil
yang telah membantu menghasilkan karya terbaik, yang berfungsi hingga potongan terpendek. Itulah yang sebenarnya paling mencapai tujuanmu dibuat”.

Sejak itulah, pensil-pensil itu pun masuk ke dalam kotaknya, dibungkus, dikemas, dan dijual ke pasar bagi para manusia yang membutuhkannya.

Pembaca, pensil-pensil ini pun mengingatkan kita mengenai tujuan dan misi kita berada di dunia ini. Saya pun percaya bahwa bukanlah tanpa sebab kita berada dan diciptakan ataupun dilahirkan di dunia ini.
Yang jelas, ada sebuah purpose dalam diri kita yang perlu untuk digenapi dan diselesaikan.
Sama seperti pensil itu, begitu pulalah diri kita yang berada di dunia ini. Apa pun profesinya, saya yakin kesadaran kita mengenai tujuan dan panggilan hidup kita, akan membuat hidup kita menjadi
semakin bermakna.

Hilang arah
Tidak mengherankan jika Victor Frankl yang memopulerkan Logoterapi, yang dia sendiri pernah disiksa oleh Nazi, mengemukakan “tujuan hidup yang jelas, membuat orang punya harapan serta tidak mengakhiri
hidupnya”. Itulah sebabnya, tak mengherankan jika dikatakan bahwa salah satu penyebab terbesar dari angka bunuh diri adalah kehilangan arah ataupun tujuan hidup. Maka, dari filosofi pensil di atas kita
belajar mengenai lima hal penting dalam kehidupan.

Pertama, hidup harus punya tujuan yang pasti. Apapun kerja, profesi atau pun peran yang kita mainkan di dunia ini, kita harus berdaya guna. Jika tidak, maka sia-sialah tujuan diri kita diciptakan.
Celakanya, kita lahir tanpa sebuah instruksi ataupun buku manual yang menjelaskan untuk apakah kita hadir di dunia ini. Pencarian akan tujuan dan panggilan kita, menjadi tema penting selama kita
hidup di dunia.

Yang jelas, kehidupan kita dimaknakan untuk menjadi berguna dan bermanfaat serta positif bagi orang-orang di sekitar kita, minimal untuk orang-orang terdekat. Jika tidak demikian, maka kita useless.
Tidak ada gunanya. Sama seperti sebatang pensil yang tidak bisa dipakai menulis, maka ia tidaklah berguna sama sekali.

Kedua, akan terjadi proses penajaman sehingga kita bisa berguna optimal, oleh karena itulah, sering terjadi kesulitan, hambatan ataupun tantangan. Semuanya berguna dan bermanfaat sehingga kita selalu belajar darinya untuk menjadi lebih baik. Ingat kembali soal Lee Iacocca, salah satu eksekutif yang justru menjadi besar dan terkenal, setelah dia didepak keluar dari mobil Ford. Pengalaman itu justru menjadi pemacu semangat baginya untuk berhasil di Chrysler.

Ingat pula, Donald Trump yang sempat diguncang masalah finansial dan nyaris bangkrut. Namun, kebangkrutannya itulah yang justru menjadi pelajaran dan motivasi baginya untuk sukses lebih langgeng. Kadang penajaman itu ‘sakit’. Namun, itulah yang justru akan memberikan kesempatan kita mengeluarkan yang terbaik.

Ketiga, bagian internal diri kitalah yang akan berperan. Saya sering menyaksikan banyak artis, ataupun bintang film yang terkenal, justru yang hebat bukanlah karena mereka paling cantik ataupun paling
tampan. Tetapi, kemampuan dalam diri mereka, filosofi serta semangat merekalah yang membuat mereka menjadi luar biasa. Demikian pula pada diri kita. Pada akhirnya, apa yang ada di dalam diri kita seperti
karakter, kemampuan, bakat, motivasi, semangat, pola pikir itulah yang akan lebih berdampak daripada tampilan luar diri kita.

Keempat
, pensil pun mengajarkan agar bisa berfungsi sempurna kita harus belajar bekerja sama dengan orang lain. Bayangkanlah seorang aktor atau aktris yang tidak mau diatur sutradaranya. Bayangkanseorang anak buah yang tidak mau diatur atasannya. Ataupun seorang service provider yang tidak mau diatur oleh pelanggannya. Mereka semua tidak akan berfungsi sempurna. Agar berhasil, kadang kita harus belajar dari pensil untuk ‘tunduk’ dan membiarkan diri kita berubah menjadi alat yang sempurna dengan belajar dan mendengar dari ahlinya. Itulah sebabnya, kemampuan untuk belajar bekerja sama dengan orang lain,mendengarkan orang lain, belajar dari ‘guru’ yang lebih tahu adalah sesuatu yang membuat kita menjadi lebih baik.

Terakhir, pensil pun mengajarkan kita meninggalkan warisan yang berharga melalui karya-karya yang kita tinggalkan. Tugas kita bukan kembali dalam kondisi utuh dan sempurna, melainkan menjadikan diri
kita berarti dan berharga. Itulah filosofi ‘memberi dan melayani’ yang diajarkan oleh Tuhan kita. Itulah sebabnya Ibu Teresa dari Calcutta ataupun Albert Schweitzer yang melayani di Afrika lebih
mengumpamakan diri mereka seperti sebatang pensil yang dipakai oleh Tuhan.

Yang penting, hingga pada akhir kehidupan kita ada karya ataupun hasil berharga yang mampu kita tinggalkan. Tentu saja tidak perlu yang heboh dan spektakuler
Sumber: Filosofi Pensil oleh Anthony Dio Martin

Pemadaman Aliran Listrik 18 Desember 2010

Sehubungan dengan adanya penggantian tiang listrik dan penambahan jaringan baru di Jalan Kalimantan, maka PT. PLN (Persero) Cabang Kuala Kapuas akan mengadakan pemadaman aliran listrik dengan lokasi pemadaman Kapuas Kota dan sekitarnya, pada hari Sabtu, 18 Desember 2010, pukul 08.00 s.d. 16.00 WIB.

Sumber: Pengumuman PT. PLN Cabang Kuala Kapuas Nomor 419/K2/CKLP/2010

JALAN LAYANG TUMBANG NUSA

Jalan layang atau yang sebagian pengguna jalan menyebutnya Jembatan Tumbang Nusa merupakan lintasan yang selalu akan dilalui bila kita melakukan perjalanan dari Palangka Raya ke Kapuas atau sebaliknya. Panjang jalan layang ini lebih dari 7 km.

Pada sisi menjelang awal jalan layang bila kita dari Palangka Raya ke Kapuas terdapat banyak warung/toko yang menyediakan aneka ragam makanan dan minuman, juga terdapat penjualan bahan bakar serta bengkel kendaraan bermotor, biasanya pengguna jalan beristirahat atau ke toilet pada lokasi ini

Bagi yang belum pernah melintas jalan layang/jembatan Tumbang Nusa di bawah ini kami tampilkan video melintasi jalan tersebut dari ujung sisi Palangka Raya ke ujung menuju Kapuas :

video

Kelengkapan Berkas Persyaratan untuk Usul NIP Pengangkatan sebagai CPNS - Kabupaten Kapuas

  • Bagi pelamar umum yang dinyatakan lulus ujian/seleksi calon pegawai sipil daerah dilingkungan Pemerintah Kabupaten Kapuas Tahun 2010 diwajibkan mendaftar ulang dan melengkapi persyaratan / berkas lamaran kembali dimulai tanggal 18 Desember 2010 sampai 23 Desember 2010, melalui Sekretariat Tim Pengadaan Calon Pegawai Sipil Daerah Kabupaten Kapuas Tahun 2010 Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kabupaten Kapuas Jl. Patih Rumbih Kuala Kapuas dengan membawa Kartu Tanda Peserta Ujian yang asli.
  • Penerimaan kelengkapan berkas lamaran dilayani selama jam kerja
  • Kelengkapan berkas persyaratan yang harus dipenuhi oleh peserta yang lulus / diterima untuk dipergunakan usul penetapan NIP pengangkatan sebagai calon pegawai negeri sipil adalah sebagai berikut:
  1. Surat lamaran ditulis dengan tangan sendiri menggunakan tinta hitam pada selembar kertas folio bergaris dengan menyebutkan jenis jabatan yang dilamar dan ditanda tangani diatas materai Rp 6.000. Surat lamaran dialamatkan kepada Bupati Kapuas (Contoh Terlampir)
  2. Fotocopy STTB/Ijazah (SD sampai dengan terakhir) dan NEM/Transkrip nilai yang disahkan oleh pejabat yang berwenang sebanyak 2 (dua) rangkap.
  3. Daftar riwayat hidup sesuai keputusan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 11 Tahun 2002, ditulis dengan huruf kapital / balok dengan tinta hitam ditempel foto ukuran 3x4 sebanyak 2 (dua) set.
  4. Surat pernyataan sesuai keputusan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 11 Tahun 2002 atau Anak Lampiran I-D Keputusan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 12 Tahun 2002 sebanyak 2 (dua) lembar berisikan tentang: (1) Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan keputusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena melakukan sesuatu tindak pidana kejahatan. (2) Tidak pernah diberhentikan dengan hormat atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai pegawai negeri, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta. (3) Tidak berkedudukan sebagai calon pegawai negeri / pegawai negeri. (4) Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah negara Republik Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh pemerintah. (5) Tidak menjadi pengurus dan/atau anggota partai politik.
  5. Surat pernyataan pejabat struktural eselon II yang akan menerima penempatan CPNS pada unit kerja dilingkungan Pemerintah Kabupaten Kapuas sesuai dengan formasi yang ditetapkan untuk yang bersangkutan, dibuat menurut contoh sebagaimana tersebut dalam anak lampiran II-I Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 30 Tahun 2007 sebanyak 2 (dua) rangkap.
  6. Surat keterangan catatan kepolisian yang dikeluarkan oleh pihak yang berwajib / Polri, sebanyak 2 (dua) rangkap asli dan foto copy.
  7. Surat keterangan sehat jasmani dan rohani dari Dokter Tim Penguji Tersendiri sebanyak 2 (dua) rangkap asli dan foto copy.
  8. Surat keterangan tidak mengkonsumsi / menggunakan narkotika, psikotropika, prekursor dan zat adiktif lainnya dari unit pelayanan kesehatan pemerintah sebanyak 2 (dua) rangkap asli dan foto copy.
  9. Pas foto hitam putih / warna ukuran 3 x 4 sebanyak 8 (delapan) lembar dari hasil cetak negatif film (tidak dicetak dari printer komputer).
  • Semua kelengkapan berkas tersebut diatas dimasukkan ke dalam stopmap folio warna biru sebanyak 2 buah (1 stopmap untuk berkas asli dan 1 stopmap untuk berkas tembusan) dan tidak dilobangi, cukup dijepit dengan penjepit kertas yang besarnya sesuai dengan ketebalan kertas.
  • Apabila sampai dengan batas waktu yang ditentukan (23 Desember 2010) tidak dapat dipenuhi atau tidak melengkapi berkas lamaran, maka dianggap mengundurkan diri dan formasinya hangus.
Sumber: Pengumuman Bupati Kapuas Nomor 811.1/1498/BKPPD/2010 tertanggal 15 Desember 2010.

Cara mendownload contoh dokumen dibawah ini: klik pada tanda  yang terletak di bagian kanan atas dari masing-masing dokumen, disamping kaca pembesar. Kita akan masuk di Google docs. Kemudian klik File (dibawah tulisan Google docs, dibagian kiri atas), pilih Download original.

Contoh Surat Lamaran:



Contoh Surat Pernyataan Penempatan dari Pejabat Eselon II



Contoh Surat Pernyataan 5 poin :




PENGUMUMAN

  • Untuk Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) keperluannya adalah "untuk melengkapi persyaratan pengangkatan menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Daerah Kabupaten Kapuas Formasi Tahun 2010"
  • Untuk pemeriksa kesehatan keperluannya adalah "untuk melengkapi persyaratan pengangkatan menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Daerah Kabupaten Kapuas Formasi Tahun 2010"
Catatan:
Bagi peserta yang dinyatakan lulus, kepengurusan SKCK disesuaikan dengan alamat yang ada di Kartu Tanda Penduduk (KTP)

Rabu, 15 Desember 2010

Fadhilah Shaum Bulan Muharram

Oleh: Tim dakwatuna.com


dakwatuna.com - Dalam Islam ada empat Bulan yang dimuliakan oleh Allah swt. Yaitu, Bulan Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram dan Bulan Rajab. Di bulan-bulan ini umat manusia dihimbau untuk tidak melaksanakan pertumpahan darah. Dan bagi umat Islam, bulan-bulan ini dianjurkan untuk meningkatkan taqarrub ilallah.


Allah swt berfirman : ”Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, Maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.“ At Taubah : 36
Rasulullah SAW menganjurkan kepada umat Islam untuk melaksanakan shaum ‘Assyuraa (shaum hari kesepuluh) dari bulan Muharram ditambah dengan shaum sehari sebelumnya atau sesudahnya. Puasa sehari sebelumnya dinamakan Tasu’a, berasal dari kata tis’ah yang artinya sembilan. Karena puasa itu dilakukan pada tanggal 9 bulan Muharram.
Hal ini berdasarkan hadits-hadits yang diriwayatkan para sahabat. Antara lain :
Dari Humaid bin Abdir Rahman, ia mendengar Muawiyah bin Abi Sufyan RA berkata: Wahai penduduk Madinah, di mana ulama kalian? Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Ini hari Assyura, dan Allah SWT tidak mewajibkan shaum kepada kalian di hari itu, sedangkan saya shaum, maka siapa yang mau shaum hendaklah ia shaum dan siapa yang mau berbuka hendaklah ia berbuka.” (HR Bukhari 2003)
Hadits lainnya adalah hadits berikut ini :
Dari Ibnu Abbas RA, ia berkata: ketika Rasulullah SAW tiba di kota Madinah dan melihat orang-orang Yahudi sedang melaksanakan shaum assyuraa, beliau pun bertanya? Mereka menjawab, “Ini hari baik, hari di mana Allah menyelamatkan bani Israil dari musuh mereka lalu Musa shaum pada hari itu.” Maka Rasulullah SAW menjawab, “Aku lebih berhak terhadap Musa dari kalian”, maka beliau shaum pada hari itu dan memerintahkan untuk melaksanakan shaum tersebut. (HR Bukhari 2004)
Juga ada hadits lainnya yang terkait dengan apa yang Anda tanyakan :
Dari Ibnu Abbas RA, ia berkata: pada saat Rasulullah SAW melaksanakan shaum Assyura dan memerintah para sahabat untuk melaksanakannnya, mereka berkata, “Wahai Rasulullah hari tersebut (assyura) adalah hari yang diagung-agungkan oleh kaum Yahudi dan Nashrani”. Maka Rasulullah SAW bersabda, “Insya Allah jika sampai tahun yang akan datang aku akan shaum pada hari kesembilannya”. Ibnu Abbas berkata, “Rasulullah SAW meninggal sebelum sampai tahun berikutnya” (HR Muslim 1134)
Rasulullah SAW bersabda, “haumlah kalian pada hari assyura dan berbedalah dengan orang Yahudi. Shaumlah kalian sehari sebelumnya atau sehari sesudahnya.” (HR Ath-Thahawy dan Baihaqy serta Ibnu Huzaimah 2095)
Fadhilah Shaum ‘Asyura’ (tanggal 10 Muharram) menurut Abu Qotadah bahwa Rasulullah bersabda: “Shaum Arofah menghapus dosa dua tahun, sedangkan shaum ‘Asyura’ menghapus dosa satu tahun sebelumnya.” [HR.Muslim:1162].
Imam Nawawi ketika menjelaskan hadits di atas beliau berkata: “Yang dimaksud dengan kaffarat (penebus) dosa adalah dosa-dosa kecil, akan tetapi jika orang tersebut tidak memiliki dosa-dosa kecil diharapkan dengan shaum tersebut dosa-dosa besarnya diringankan, dan jika ia pun tidak memiliki dosa-dosa besar, Allah akan mengangkat derajat orang tersebut di sisi-Nya.”
Selamat berpuasa Muharram.
Sumber : Dakwatuna

Sosialisasi THERAPEUTIC FEEDING CENTER (TFC)



Kegiatan ini di laksanakan tgl 13 -15 Desember 2010 di Palangka Raya (Htl Batu Suli Internasional) diikuti oleh 8 Kabupaten proyek DHS-2 diantaranya Kabupaten Kapuas, peserta dari lintas program dan lintas sektor : Dinkes, Pemda (Kesra), Bappeda, RSU, PKK, dan Puskesmas tempat TFC (Pusat Pemulihan Gizi) dalam hal ini Puskesmas Mantangai.

Sekilas Mengenai TFC/PPG :

Latar Belakang
• Gizi buruk terjadi karena asupan makanan kualitas & kuantitas tidak mencukupi .
• Penyebab kematian balita karena ISPA, diare, campak, malaria, perinatal dan penyakit lainnya, 54% disertai dengan gizi kurang. (WHO, 2002)
• Prevalensi gizi kurang & buruk pada balita (BB/PB atau BB/TB sebesar 13,6%. (Riskesdas, 2007 ) dan 13,1% (2010)
• Penanganan kasus gizi buruk perlu dilakukan secara cepat dan tepat à menurunkan angka kematian & mencegah komplikasi lebih lanjut serta menunjang perbaikan tumbuh kembang anak di masa mendatang.
• Pusat Pemulihan Gizi (PPG) berfungsi sebagai tempat perawatan & pengobatan anak gizi buruk secara intensif di suatu tempat/ ruangan khusus, dimana ibu/ keluarga ikut aktif terlibat dalam perawatan anak gizi buruk.
• PPG dapat dikembangkan dengan kegiatan pelayanan gizi lainnya yang tidak terbatas pada pelayanan anak gizi buruk.
• Penyelenggaraan PPG dapat memanfaatkan fasilitas bangunan yang sudah ada di puskesmas perawatan/ rumah sakit atau membuat bangunan khusus/ baru.

Tujuan Umum
Meningkatkan pelayanan anak gizi buruk melalui pengembangan PPG dalam rangka menurunkan angka kematian anak gizi buruk.

Sasaran PPG
• Anak Gizi Buruk yang masih dapat ditangani di PPG
• Keluarga yang merawat anak gizi buruk

STANDART PELAYANAN PPG/TFC
Syarat Pembentukan
Bila dalam satu wilayah kecamatan memenuhi kriteria:
- Global Acute Malnutrition (GAM) atau Prevalensi gizi kurang akut > 20%
- GAM/ Prevalensi gizi kurang akut antara 10-19,9% dengan faktor penyulit seperti adanya bencana baik alam maupun non alam.


(sumber: Proyek Sphere, Piagam Kemanusiaan dan Standar Minimum dalam Respons Bencana, 2004).

Lokasi
• Puskesmas perawatan
• Bila berupa bangunan di luar Puskesmas atau bangunan baru, lokasinya harus berdekatan dengan Puskesmas.

Ketenagaan dan Waktu Kerja
Tenaga (merawat 10-20 anak)
• Dokter : 1 orang
• Perawat : 4 orang
• Ahli Gizi/ Nutrisionis : 1 orang
• Juru Masak : 1 orang
• Tenaga kebersihan dibantu oleh ibu /anggota keluarga anak gibur

Waktu kerja
Sebaiknya 2-3 shift

Fasilitas
• Ruang perawatan Terpisah dari ruang perawatan lainnya
• Ventilasi & pencahayaan cukup
• Tanpa AC dan kipas angin
• Tempat tidur dijauhkan dari jendela atau pintu masuk.
• Luas ruangan ditentukan berdasarkan jumlah tempat tidur.
(10 tempat tidur diperlukan luas ruangan 10 m x 6 m

Peralatan
• Peralatan medis dan obat-obatan
• Peralatan laboratorium sederhana
• Antropometri
• Media KIE
• Alat Permainan Edukasi (APE).
• Peralatan dapur & peralatan pembuatan formula
• Peralatan kebersihan
• Peralatan mandi dan cuci

Kegiatan
1. Konfirmasi ulang gizi buruk
2. Penerapan Tatalaksana Anak Gizi Buruk.

Langkah-langkah Penyelenggaraan PPG/TFC
A. Persiapan :
Advokasi dan sosialisasi
Untuk mendapat dukungan Pemerintah Daerah, dana, fasilitas, SDM, SOP dan kerjasama LP/LS
B. Penjaringan, dapat dilakukan di :
Posyandu, Puskesmas, PSG, PWS-Gizi
C. Pelaksanaan :
Tatalaksana Anak Gizi Buruk dalam pelayanan oleh tenaga yang sudah terlatih

Pemeriksaan Kesehatan untuk Pengangkatan CPNS dari Pelamar Umum

Berdasarkan Surat dari Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Kapuas Nomor: 811.1/1500/BKPPD/2010 perihal Pemeriksaan Kesehatan untuk Pengangkatan CPNS dari Pelamar Umum tertanggal 15 Desember 2010, diinformasikan bahwa pemeriksaan kesehatan bagi pelamar :
  • Kualifikasi pendidikan SLTA, D-II dan D-III dapat dilakukan di Puskesmas Melati
  • Kualifikasi pendidikan D-IV dan S-1 dilakukan di RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo
Untuk pemeriksaan Narkotika, Psikotropika, Prekursor dan Zat Adiktif lainnya, dapat dilakukan di:
  • Laboratorium Kesehatan Daerah atau
  • RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo

Penganugrahan Penghargaan Citra Pelayanan Prima


Berdasarkan informasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kapuas pada hari ini, Rabu, 15 Desember 2010 pukul 14.00 WIB bertempat di Istana Wakil Presiden akan menerima Penghargaan Citra Pelayanan Prima Tahun 2010. Direncanakan penghargaan ini akan diserahkan oleh Wakil Presiden, Bapak Budiono.