Ketersediaan Darah di UTD-RS

Stok darah per 3 Januari 2014:

A = 1; B = 8, O = 1, AB = 0

Sumber: Debi (UTD RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo)

Kamis, 16 Desember 2010

Filosofi Pensil



“Setiap orang membuat kesalahan. Itulah sebabnya, pada setiap pensil ada penghapusnya” (Pepatah Jepang)

Kali ini saya ingin menceritakan kepada Anda sebuah kisah penuh hikmah dari sebatang pensil. Dikisahkan, sebuah pensil akan segera dibungkus dan dijual ke pasar. Oleh pembuatnya, pensil itu dinasihati mengenai tugas yang akan diembannya. Maka, beberapa wejangan pun diberikan kepada si pensil. Inilah yang dikatakan oleh si pembuat pensil tersebut kepada pensilnya.

“Wahai pensil, tugasmu yang pertama dan utama adalah membantu orang sehingga memudahkan mereka menulis. Kamu boleh melakukan fungsi apa pun, tapi tugas utamamu adalah sebagai alat penulis. Kalau kamu gagal berfungsi sebagai alat tulis. Macet, rusak, maka tugas utamamu gagal.”

Kedua, agar dirimu bisa berfungsi dengan sempurna, kamu akan mengalami proses penajaman. Memang meyakitkan, tapi itulah yang akan membuat dirimu menjadi berguna dan berfungsi optimal”.

Ketiga, yang penting bukanlah yang ada di luar dirimu. Yang penting, yang utama dan yang paling berguna adalah yang ada di dalam dirimu. Itulah yang membuat dirimu berharga dan berguna bagi manusia”.

“Keempat, kamu tidak bisa berfungsi sendirian. Agar bisa berguna dan bermanfaat, maka kamu harus membiarkan dirimu bekerja sama dengan manusia yang menggunakanmu” .

“Kelima. Di saat-saat terakhir, apa yang telah engkau hasilkan itulah yang menunjukkan seberapa hebatnya dirimu yang sesungguhnya. Bukanlah pensil utuh yang dianggap berhasil, melainkan pensil-pensil
yang telah membantu menghasilkan karya terbaik, yang berfungsi hingga potongan terpendek. Itulah yang sebenarnya paling mencapai tujuanmu dibuat”.

Sejak itulah, pensil-pensil itu pun masuk ke dalam kotaknya, dibungkus, dikemas, dan dijual ke pasar bagi para manusia yang membutuhkannya.

Pembaca, pensil-pensil ini pun mengingatkan kita mengenai tujuan dan misi kita berada di dunia ini. Saya pun percaya bahwa bukanlah tanpa sebab kita berada dan diciptakan ataupun dilahirkan di dunia ini.
Yang jelas, ada sebuah purpose dalam diri kita yang perlu untuk digenapi dan diselesaikan.
Sama seperti pensil itu, begitu pulalah diri kita yang berada di dunia ini. Apa pun profesinya, saya yakin kesadaran kita mengenai tujuan dan panggilan hidup kita, akan membuat hidup kita menjadi
semakin bermakna.

Hilang arah
Tidak mengherankan jika Victor Frankl yang memopulerkan Logoterapi, yang dia sendiri pernah disiksa oleh Nazi, mengemukakan “tujuan hidup yang jelas, membuat orang punya harapan serta tidak mengakhiri
hidupnya”. Itulah sebabnya, tak mengherankan jika dikatakan bahwa salah satu penyebab terbesar dari angka bunuh diri adalah kehilangan arah ataupun tujuan hidup. Maka, dari filosofi pensil di atas kita
belajar mengenai lima hal penting dalam kehidupan.

Pertama, hidup harus punya tujuan yang pasti. Apapun kerja, profesi atau pun peran yang kita mainkan di dunia ini, kita harus berdaya guna. Jika tidak, maka sia-sialah tujuan diri kita diciptakan.
Celakanya, kita lahir tanpa sebuah instruksi ataupun buku manual yang menjelaskan untuk apakah kita hadir di dunia ini. Pencarian akan tujuan dan panggilan kita, menjadi tema penting selama kita
hidup di dunia.

Yang jelas, kehidupan kita dimaknakan untuk menjadi berguna dan bermanfaat serta positif bagi orang-orang di sekitar kita, minimal untuk orang-orang terdekat. Jika tidak demikian, maka kita useless.
Tidak ada gunanya. Sama seperti sebatang pensil yang tidak bisa dipakai menulis, maka ia tidaklah berguna sama sekali.

Kedua, akan terjadi proses penajaman sehingga kita bisa berguna optimal, oleh karena itulah, sering terjadi kesulitan, hambatan ataupun tantangan. Semuanya berguna dan bermanfaat sehingga kita selalu belajar darinya untuk menjadi lebih baik. Ingat kembali soal Lee Iacocca, salah satu eksekutif yang justru menjadi besar dan terkenal, setelah dia didepak keluar dari mobil Ford. Pengalaman itu justru menjadi pemacu semangat baginya untuk berhasil di Chrysler.

Ingat pula, Donald Trump yang sempat diguncang masalah finansial dan nyaris bangkrut. Namun, kebangkrutannya itulah yang justru menjadi pelajaran dan motivasi baginya untuk sukses lebih langgeng. Kadang penajaman itu ‘sakit’. Namun, itulah yang justru akan memberikan kesempatan kita mengeluarkan yang terbaik.

Ketiga, bagian internal diri kitalah yang akan berperan. Saya sering menyaksikan banyak artis, ataupun bintang film yang terkenal, justru yang hebat bukanlah karena mereka paling cantik ataupun paling
tampan. Tetapi, kemampuan dalam diri mereka, filosofi serta semangat merekalah yang membuat mereka menjadi luar biasa. Demikian pula pada diri kita. Pada akhirnya, apa yang ada di dalam diri kita seperti
karakter, kemampuan, bakat, motivasi, semangat, pola pikir itulah yang akan lebih berdampak daripada tampilan luar diri kita.

Keempat
, pensil pun mengajarkan agar bisa berfungsi sempurna kita harus belajar bekerja sama dengan orang lain. Bayangkanlah seorang aktor atau aktris yang tidak mau diatur sutradaranya. Bayangkanseorang anak buah yang tidak mau diatur atasannya. Ataupun seorang service provider yang tidak mau diatur oleh pelanggannya. Mereka semua tidak akan berfungsi sempurna. Agar berhasil, kadang kita harus belajar dari pensil untuk ‘tunduk’ dan membiarkan diri kita berubah menjadi alat yang sempurna dengan belajar dan mendengar dari ahlinya. Itulah sebabnya, kemampuan untuk belajar bekerja sama dengan orang lain,mendengarkan orang lain, belajar dari ‘guru’ yang lebih tahu adalah sesuatu yang membuat kita menjadi lebih baik.

Terakhir, pensil pun mengajarkan kita meninggalkan warisan yang berharga melalui karya-karya yang kita tinggalkan. Tugas kita bukan kembali dalam kondisi utuh dan sempurna, melainkan menjadikan diri
kita berarti dan berharga. Itulah filosofi ‘memberi dan melayani’ yang diajarkan oleh Tuhan kita. Itulah sebabnya Ibu Teresa dari Calcutta ataupun Albert Schweitzer yang melayani di Afrika lebih
mengumpamakan diri mereka seperti sebatang pensil yang dipakai oleh Tuhan.

Yang penting, hingga pada akhir kehidupan kita ada karya ataupun hasil berharga yang mampu kita tinggalkan. Tentu saja tidak perlu yang heboh dan spektakuler
Sumber: Filosofi Pensil oleh Anthony Dio Martin

Pemadaman Aliran Listrik 18 Desember 2010

Sehubungan dengan adanya penggantian tiang listrik dan penambahan jaringan baru di Jalan Kalimantan, maka PT. PLN (Persero) Cabang Kuala Kapuas akan mengadakan pemadaman aliran listrik dengan lokasi pemadaman Kapuas Kota dan sekitarnya, pada hari Sabtu, 18 Desember 2010, pukul 08.00 s.d. 16.00 WIB.

Sumber: Pengumuman PT. PLN Cabang Kuala Kapuas Nomor 419/K2/CKLP/2010

JALAN LAYANG TUMBANG NUSA

Jalan layang atau yang sebagian pengguna jalan menyebutnya Jembatan Tumbang Nusa merupakan lintasan yang selalu akan dilalui bila kita melakukan perjalanan dari Palangka Raya ke Kapuas atau sebaliknya. Panjang jalan layang ini lebih dari 7 km.

Pada sisi menjelang awal jalan layang bila kita dari Palangka Raya ke Kapuas terdapat banyak warung/toko yang menyediakan aneka ragam makanan dan minuman, juga terdapat penjualan bahan bakar serta bengkel kendaraan bermotor, biasanya pengguna jalan beristirahat atau ke toilet pada lokasi ini

Bagi yang belum pernah melintas jalan layang/jembatan Tumbang Nusa di bawah ini kami tampilkan video melintasi jalan tersebut dari ujung sisi Palangka Raya ke ujung menuju Kapuas :

video

Kelengkapan Berkas Persyaratan untuk Usul NIP Pengangkatan sebagai CPNS - Kabupaten Kapuas

  • Bagi pelamar umum yang dinyatakan lulus ujian/seleksi calon pegawai sipil daerah dilingkungan Pemerintah Kabupaten Kapuas Tahun 2010 diwajibkan mendaftar ulang dan melengkapi persyaratan / berkas lamaran kembali dimulai tanggal 18 Desember 2010 sampai 23 Desember 2010, melalui Sekretariat Tim Pengadaan Calon Pegawai Sipil Daerah Kabupaten Kapuas Tahun 2010 Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kabupaten Kapuas Jl. Patih Rumbih Kuala Kapuas dengan membawa Kartu Tanda Peserta Ujian yang asli.
  • Penerimaan kelengkapan berkas lamaran dilayani selama jam kerja
  • Kelengkapan berkas persyaratan yang harus dipenuhi oleh peserta yang lulus / diterima untuk dipergunakan usul penetapan NIP pengangkatan sebagai calon pegawai negeri sipil adalah sebagai berikut:
  1. Surat lamaran ditulis dengan tangan sendiri menggunakan tinta hitam pada selembar kertas folio bergaris dengan menyebutkan jenis jabatan yang dilamar dan ditanda tangani diatas materai Rp 6.000. Surat lamaran dialamatkan kepada Bupati Kapuas (Contoh Terlampir)
  2. Fotocopy STTB/Ijazah (SD sampai dengan terakhir) dan NEM/Transkrip nilai yang disahkan oleh pejabat yang berwenang sebanyak 2 (dua) rangkap.
  3. Daftar riwayat hidup sesuai keputusan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 11 Tahun 2002, ditulis dengan huruf kapital / balok dengan tinta hitam ditempel foto ukuran 3x4 sebanyak 2 (dua) set.
  4. Surat pernyataan sesuai keputusan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 11 Tahun 2002 atau Anak Lampiran I-D Keputusan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 12 Tahun 2002 sebanyak 2 (dua) lembar berisikan tentang: (1) Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan keputusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena melakukan sesuatu tindak pidana kejahatan. (2) Tidak pernah diberhentikan dengan hormat atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai pegawai negeri, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta. (3) Tidak berkedudukan sebagai calon pegawai negeri / pegawai negeri. (4) Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah negara Republik Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh pemerintah. (5) Tidak menjadi pengurus dan/atau anggota partai politik.
  5. Surat pernyataan pejabat struktural eselon II yang akan menerima penempatan CPNS pada unit kerja dilingkungan Pemerintah Kabupaten Kapuas sesuai dengan formasi yang ditetapkan untuk yang bersangkutan, dibuat menurut contoh sebagaimana tersebut dalam anak lampiran II-I Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 30 Tahun 2007 sebanyak 2 (dua) rangkap.
  6. Surat keterangan catatan kepolisian yang dikeluarkan oleh pihak yang berwajib / Polri, sebanyak 2 (dua) rangkap asli dan foto copy.
  7. Surat keterangan sehat jasmani dan rohani dari Dokter Tim Penguji Tersendiri sebanyak 2 (dua) rangkap asli dan foto copy.
  8. Surat keterangan tidak mengkonsumsi / menggunakan narkotika, psikotropika, prekursor dan zat adiktif lainnya dari unit pelayanan kesehatan pemerintah sebanyak 2 (dua) rangkap asli dan foto copy.
  9. Pas foto hitam putih / warna ukuran 3 x 4 sebanyak 8 (delapan) lembar dari hasil cetak negatif film (tidak dicetak dari printer komputer).
  • Semua kelengkapan berkas tersebut diatas dimasukkan ke dalam stopmap folio warna biru sebanyak 2 buah (1 stopmap untuk berkas asli dan 1 stopmap untuk berkas tembusan) dan tidak dilobangi, cukup dijepit dengan penjepit kertas yang besarnya sesuai dengan ketebalan kertas.
  • Apabila sampai dengan batas waktu yang ditentukan (23 Desember 2010) tidak dapat dipenuhi atau tidak melengkapi berkas lamaran, maka dianggap mengundurkan diri dan formasinya hangus.
Sumber: Pengumuman Bupati Kapuas Nomor 811.1/1498/BKPPD/2010 tertanggal 15 Desember 2010.

Cara mendownload contoh dokumen dibawah ini: klik pada tanda  yang terletak di bagian kanan atas dari masing-masing dokumen, disamping kaca pembesar. Kita akan masuk di Google docs. Kemudian klik File (dibawah tulisan Google docs, dibagian kiri atas), pilih Download original.

Contoh Surat Lamaran:



Contoh Surat Pernyataan Penempatan dari Pejabat Eselon II



Contoh Surat Pernyataan 5 poin :




PENGUMUMAN

  • Untuk Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) keperluannya adalah "untuk melengkapi persyaratan pengangkatan menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Daerah Kabupaten Kapuas Formasi Tahun 2010"
  • Untuk pemeriksa kesehatan keperluannya adalah "untuk melengkapi persyaratan pengangkatan menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Daerah Kabupaten Kapuas Formasi Tahun 2010"
Catatan:
Bagi peserta yang dinyatakan lulus, kepengurusan SKCK disesuaikan dengan alamat yang ada di Kartu Tanda Penduduk (KTP)

Rabu, 15 Desember 2010

Fadhilah Shaum Bulan Muharram

Oleh: Tim dakwatuna.com


dakwatuna.com - Dalam Islam ada empat Bulan yang dimuliakan oleh Allah swt. Yaitu, Bulan Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram dan Bulan Rajab. Di bulan-bulan ini umat manusia dihimbau untuk tidak melaksanakan pertumpahan darah. Dan bagi umat Islam, bulan-bulan ini dianjurkan untuk meningkatkan taqarrub ilallah.


Allah swt berfirman : ”Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, Maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.“ At Taubah : 36
Rasulullah SAW menganjurkan kepada umat Islam untuk melaksanakan shaum ‘Assyuraa (shaum hari kesepuluh) dari bulan Muharram ditambah dengan shaum sehari sebelumnya atau sesudahnya. Puasa sehari sebelumnya dinamakan Tasu’a, berasal dari kata tis’ah yang artinya sembilan. Karena puasa itu dilakukan pada tanggal 9 bulan Muharram.
Hal ini berdasarkan hadits-hadits yang diriwayatkan para sahabat. Antara lain :
Dari Humaid bin Abdir Rahman, ia mendengar Muawiyah bin Abi Sufyan RA berkata: Wahai penduduk Madinah, di mana ulama kalian? Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Ini hari Assyura, dan Allah SWT tidak mewajibkan shaum kepada kalian di hari itu, sedangkan saya shaum, maka siapa yang mau shaum hendaklah ia shaum dan siapa yang mau berbuka hendaklah ia berbuka.” (HR Bukhari 2003)
Hadits lainnya adalah hadits berikut ini :
Dari Ibnu Abbas RA, ia berkata: ketika Rasulullah SAW tiba di kota Madinah dan melihat orang-orang Yahudi sedang melaksanakan shaum assyuraa, beliau pun bertanya? Mereka menjawab, “Ini hari baik, hari di mana Allah menyelamatkan bani Israil dari musuh mereka lalu Musa shaum pada hari itu.” Maka Rasulullah SAW menjawab, “Aku lebih berhak terhadap Musa dari kalian”, maka beliau shaum pada hari itu dan memerintahkan untuk melaksanakan shaum tersebut. (HR Bukhari 2004)
Juga ada hadits lainnya yang terkait dengan apa yang Anda tanyakan :
Dari Ibnu Abbas RA, ia berkata: pada saat Rasulullah SAW melaksanakan shaum Assyura dan memerintah para sahabat untuk melaksanakannnya, mereka berkata, “Wahai Rasulullah hari tersebut (assyura) adalah hari yang diagung-agungkan oleh kaum Yahudi dan Nashrani”. Maka Rasulullah SAW bersabda, “Insya Allah jika sampai tahun yang akan datang aku akan shaum pada hari kesembilannya”. Ibnu Abbas berkata, “Rasulullah SAW meninggal sebelum sampai tahun berikutnya” (HR Muslim 1134)
Rasulullah SAW bersabda, “haumlah kalian pada hari assyura dan berbedalah dengan orang Yahudi. Shaumlah kalian sehari sebelumnya atau sehari sesudahnya.” (HR Ath-Thahawy dan Baihaqy serta Ibnu Huzaimah 2095)
Fadhilah Shaum ‘Asyura’ (tanggal 10 Muharram) menurut Abu Qotadah bahwa Rasulullah bersabda: “Shaum Arofah menghapus dosa dua tahun, sedangkan shaum ‘Asyura’ menghapus dosa satu tahun sebelumnya.” [HR.Muslim:1162].
Imam Nawawi ketika menjelaskan hadits di atas beliau berkata: “Yang dimaksud dengan kaffarat (penebus) dosa adalah dosa-dosa kecil, akan tetapi jika orang tersebut tidak memiliki dosa-dosa kecil diharapkan dengan shaum tersebut dosa-dosa besarnya diringankan, dan jika ia pun tidak memiliki dosa-dosa besar, Allah akan mengangkat derajat orang tersebut di sisi-Nya.”
Selamat berpuasa Muharram.
Sumber : Dakwatuna

Sosialisasi THERAPEUTIC FEEDING CENTER (TFC)



Kegiatan ini di laksanakan tgl 13 -15 Desember 2010 di Palangka Raya (Htl Batu Suli Internasional) diikuti oleh 8 Kabupaten proyek DHS-2 diantaranya Kabupaten Kapuas, peserta dari lintas program dan lintas sektor : Dinkes, Pemda (Kesra), Bappeda, RSU, PKK, dan Puskesmas tempat TFC (Pusat Pemulihan Gizi) dalam hal ini Puskesmas Mantangai.

Sekilas Mengenai TFC/PPG :

Latar Belakang
• Gizi buruk terjadi karena asupan makanan kualitas & kuantitas tidak mencukupi .
• Penyebab kematian balita karena ISPA, diare, campak, malaria, perinatal dan penyakit lainnya, 54% disertai dengan gizi kurang. (WHO, 2002)
• Prevalensi gizi kurang & buruk pada balita (BB/PB atau BB/TB sebesar 13,6%. (Riskesdas, 2007 ) dan 13,1% (2010)
• Penanganan kasus gizi buruk perlu dilakukan secara cepat dan tepat à menurunkan angka kematian & mencegah komplikasi lebih lanjut serta menunjang perbaikan tumbuh kembang anak di masa mendatang.
• Pusat Pemulihan Gizi (PPG) berfungsi sebagai tempat perawatan & pengobatan anak gizi buruk secara intensif di suatu tempat/ ruangan khusus, dimana ibu/ keluarga ikut aktif terlibat dalam perawatan anak gizi buruk.
• PPG dapat dikembangkan dengan kegiatan pelayanan gizi lainnya yang tidak terbatas pada pelayanan anak gizi buruk.
• Penyelenggaraan PPG dapat memanfaatkan fasilitas bangunan yang sudah ada di puskesmas perawatan/ rumah sakit atau membuat bangunan khusus/ baru.

Tujuan Umum
Meningkatkan pelayanan anak gizi buruk melalui pengembangan PPG dalam rangka menurunkan angka kematian anak gizi buruk.

Sasaran PPG
• Anak Gizi Buruk yang masih dapat ditangani di PPG
• Keluarga yang merawat anak gizi buruk

STANDART PELAYANAN PPG/TFC
Syarat Pembentukan
Bila dalam satu wilayah kecamatan memenuhi kriteria:
- Global Acute Malnutrition (GAM) atau Prevalensi gizi kurang akut > 20%
- GAM/ Prevalensi gizi kurang akut antara 10-19,9% dengan faktor penyulit seperti adanya bencana baik alam maupun non alam.


(sumber: Proyek Sphere, Piagam Kemanusiaan dan Standar Minimum dalam Respons Bencana, 2004).

Lokasi
• Puskesmas perawatan
• Bila berupa bangunan di luar Puskesmas atau bangunan baru, lokasinya harus berdekatan dengan Puskesmas.

Ketenagaan dan Waktu Kerja
Tenaga (merawat 10-20 anak)
• Dokter : 1 orang
• Perawat : 4 orang
• Ahli Gizi/ Nutrisionis : 1 orang
• Juru Masak : 1 orang
• Tenaga kebersihan dibantu oleh ibu /anggota keluarga anak gibur

Waktu kerja
Sebaiknya 2-3 shift

Fasilitas
• Ruang perawatan Terpisah dari ruang perawatan lainnya
• Ventilasi & pencahayaan cukup
• Tanpa AC dan kipas angin
• Tempat tidur dijauhkan dari jendela atau pintu masuk.
• Luas ruangan ditentukan berdasarkan jumlah tempat tidur.
(10 tempat tidur diperlukan luas ruangan 10 m x 6 m

Peralatan
• Peralatan medis dan obat-obatan
• Peralatan laboratorium sederhana
• Antropometri
• Media KIE
• Alat Permainan Edukasi (APE).
• Peralatan dapur & peralatan pembuatan formula
• Peralatan kebersihan
• Peralatan mandi dan cuci

Kegiatan
1. Konfirmasi ulang gizi buruk
2. Penerapan Tatalaksana Anak Gizi Buruk.

Langkah-langkah Penyelenggaraan PPG/TFC
A. Persiapan :
Advokasi dan sosialisasi
Untuk mendapat dukungan Pemerintah Daerah, dana, fasilitas, SDM, SOP dan kerjasama LP/LS
B. Penjaringan, dapat dilakukan di :
Posyandu, Puskesmas, PSG, PWS-Gizi
C. Pelaksanaan :
Tatalaksana Anak Gizi Buruk dalam pelayanan oleh tenaga yang sudah terlatih

Pemeriksaan Kesehatan untuk Pengangkatan CPNS dari Pelamar Umum

Berdasarkan Surat dari Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Kapuas Nomor: 811.1/1500/BKPPD/2010 perihal Pemeriksaan Kesehatan untuk Pengangkatan CPNS dari Pelamar Umum tertanggal 15 Desember 2010, diinformasikan bahwa pemeriksaan kesehatan bagi pelamar :
  • Kualifikasi pendidikan SLTA, D-II dan D-III dapat dilakukan di Puskesmas Melati
  • Kualifikasi pendidikan D-IV dan S-1 dilakukan di RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo
Untuk pemeriksaan Narkotika, Psikotropika, Prekursor dan Zat Adiktif lainnya, dapat dilakukan di:
  • Laboratorium Kesehatan Daerah atau
  • RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo

Penganugrahan Penghargaan Citra Pelayanan Prima


Berdasarkan informasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kapuas pada hari ini, Rabu, 15 Desember 2010 pukul 14.00 WIB bertempat di Istana Wakil Presiden akan menerima Penghargaan Citra Pelayanan Prima Tahun 2010. Direncanakan penghargaan ini akan diserahkan oleh Wakil Presiden, Bapak Budiono.

Kontribusi PT. Karya Sejati

PT. Karya Sejati
Berdasarkan informasi dari Panjiva pada tanggal 14 Desember 2010, PT. Karya Sejati telah melakukan satu pengiriman kepada pelanggannya yaitu Astlett Rubber Inc, sebuah perusahaan perdagangan dan distributor bahan mentah kepada industri karet sejak tahun 1885.

Selasa, 14 Desember 2010

Pertemuan Pembahasan Program Jamkesda 2010

Pada hari Selasa, 14 Desember 2010 bertempat di Aula Badan Perencanaan Daerah Kabupaten Kapuas diselenggarakan kegiatan Pertemuan Pembahasan Program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) Kabupaten Kapuas Tahun 2010. Dalam pertemuan yang dipimpin oleh Bapak Bupati Kapuas ini dibahas tentang Peraturan Bupati sehubungan dengan Jamkesda yang uraiannya disampaikan oleh dr. Hj. Ani Handaningroem. Selain itu juga disampaikan mengenai pelayanan Jamkesda di rumah sakit yang disampaikan oleh dr. Jum'atil Fajar. Setelah itu dilakukan diskusi mengenai pengeluaran SKTM yang dilakukan oleh para Camat. Tiga dari dua belas camat yang hadir menyampaikan bahwa mereka mengeluarkan SKTM sudah sesuai dengan prosedur yang ada, dan memang SKTM yang dikeluarkan tersebut benar-benar masyarakat yang tidak mampu. Mereka mengusulkan adanya pembaruan data keluarga miskin. Di akhir pertemuan Bupati meminta kepada Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas untuk menjadi leading sector dalam pembahasan masalah Jamkesda ini.

Berikut ini adalah presentasi rumah sakit dalam pertemuan tersebut:

Senin, 13 Desember 2010

Informasi Kapuas di YouTube

Cuplikan gambar Informasi Kapuas di YouTube
Setelah mengunggah (upload) lebih dari 80 buah video ke YouTube, Informasi Kapuas mendapatkan keistimewaan untuk bisa mengunggah video dengan durasi yang lebih panjang dari 15 menit (batas maksimal bagi pengguna biasa). Sehubungan dengan itu, Informasi Kapuas menawarkan kepada masyarakat Kapuas yang ingin mengunggah video yang ada kaitannya dengan Kapuas dengan durasi yang lebih dari 15 menit, bisa menghubungi admin pada email : jumatil@gmail.com .

Video-video yang diunggap ke YouTube masih berkisar kepada berbagai kegiatan yang dilaksanakan di Kabupaten Kapuas. Sebenarnya akan lebih baik, bila video yang diunggah tersebut menampilkan berbagai sisi kehidupan dari Kabupaten Kapuas. Namun tentu saja hal itu sangat membutuhkan partisipasi dari berbagai pihak, mengingat kemampuan meliput Informasi Kapuas masih sangat minim. Untuk menyaksikan koleksi video dari Informasi Kapuas dapat mengklik link berikut ini: INFORMASI KAPUAS.

Nicodemus, Tomonggong Djaja Negara


Nicodemus, Tomonggong Djaja Negara. Paramount chief of Kuala Kapuas

Beliau diangkat oleh Belanda untuk memimpin benteng di Ujung Murung pada tahun 1860. Beliau adalah kepala distrik Kwala Kapuas, tokoh Dayak Ngaju. Beliau membangun rumah betang di Hampatung pada tahun 1863. Sayangnya, beliau termasuk pihak yang membantu Belanda dalam memerangi Tumenggung Surapati dalam Perang Barito.

Minggu, 12 Desember 2010

TABURIA (MULTIVITAMIN & MINERAL BALITA)



 APA ITU TABURIA
Taburia adalah tambahan multivitamin dan mineral untuk memenuhi kebutuhan gizi dan tumbuh kembang balita umur 6 – 59 bulan.

MENGAPA BALITA PERLU TABURIA
1. Salah satu cara mengatasi maslah anemia gizi besi pada balita selain sirup besi
2. Makanan yang disantap balita cenderung kurang mengandung Zat Besi dan zat gizi lainnya
3. Membantu balita mendapatkan zat gizi mikro yang penting (vitamin dan mineral).

AKIBAT KURANG DARAH...
1. Terhambatnya pertumbuhan balita
2. Terhambatnya perkembangan motorik atau gerak balita (lesu, tidak ceria)
3. Mengurangi kecerdasan atau daya tangkap otak balta
4. Menurunkan daya tahan, balita mudah sakit.

MANFAAT TABURIA
1. Membantu balita tumbuh dan berkembang secara optimal (vitamin A, B, D, Seng, Yodium dan Zat Besi)
2. Meningkatkan daya tahan tubuh balita (vitamin A, B, C dan Zat Besi)
3. Meningkatkan nafsu makan balita (nitamin B dan Seng)
4. Mencegah anemia akibat kekurangan Zat Besi pada balita
5. Mencegah kekurangan zat gizi.

KEUNGGULAN TABURIA
1. Tidak mengubah kebiasaan makan balita sehari-hari
2. Tidak mengubah rasa, aroma ataupun bentuk makanan balita
3. Praktis
4. Memenuhi kebutuhan gizi balita akan 14 vitamin dan mineral penting sehari-hari.

PETUNJUK PENGGUNAAN
1. Tambahkan satu bungkus Taburia satu kali sehari pada makanan padat balita siap santap (nasi, lauk pauk, bubur, biskuit, buah dan lain-lain.
2. Diberikan pada makan pagi
3. Tidak boleh dicampurkan dengan makanan yang berair seperti minuman susu, teh, air karena akan menggumpal dan tidak larut.
4. Tidak boleh dicampur pada makanan yang panas karena beberapa zat gizi akan rusak.

AMAN, HALAL DAN TOYIB
1. Aman, tidak menimbulkan kecanduan, mengandung 16 vitamin dan mineral penting
2. Zat Besi yang ada di Taburia sudah dikemas dengan lemak tidak jenuh (dari bahan kedelai) dan tidak menyebabkan perubahan rasa
3. Halal, tidak mengandung alkohol dan unsur babi.

CARA PENYIMPANAN
1. Selalu simpan dalam boks Taburia
2. Simpan di tempat kering dan tidak lembab
3. Amankan dari serangga, tikus, kecoa dll.
4. Jauhkan dari jangkauan anak-anak.
(Sumber : leafleat Kementerian Kesehatan RI. Dirjen Bina Gizi kesehatan 2010).

disalin oleh M.Hayat, SKM

Sabtu, 11 Desember 2010

Menyeberangi Sungai Kapuas Murung - Video

Sungai Kapuas Murung terletak pada sisi Timur dari Kuala Kapuas. Di Kuala Kapuas, sungai ini menyatu dengan Sungai Kapuas. Sungai ini dapat diseberangi dengan jembatan yang melintasi Selat Hulu (Kecamatan Selat) dan Sei Pasah (Kecamatan Kapuas Hilir) yaitu Jembatan Pulau Petak.

Cara lain adalah dengan menggunakan feri yang terdapat pada dua tempat, yaitu feri kecil dan feri besar. Feri kecil terdapat di Jalan Kapuas yang menyeberangkan penumpang ke daerah Dahirang. Feri besar menyeberangkan penumpang dari Jalan Mawar ke kelurahan Barimba (Kecamatan Kapuas Hilir). Tarif penyeberangan untuk sepeda motor adalah Rp 1.000. Penyeberangan ini hanya melayani penyeberangan untuk sepeda motor dan orang saja, karena dulu pernah ada kejadian dimana mobil yang naik ke feri ini masuk ke dalam sungai karena kelalaian supir. Berikut ini adalah video penyeberangan feri besar. 


Jumat, 10 Desember 2010

S' Marcia Kids dan Depot S' Marcia

Tempat bermain dan depot makanan dan minuman ini terletak di Jalan Kartini RT 11. Menu makanan dan minuman yang disediakan oleh depot ini dapat dilihat dibawah ini:

Oleh-oleh dari Kota Muangklang “Low Carbon City” di Thailand

Kota Muangklang terkenal dengan prestasinya dalam mengupayakan kota yang ramah lingkungan di bawah komando sang walikota yakni Bapak Somchai Chariyacharoen.
Bersama Bapak Walikota Muangklang di depan
 trem berbahan bakar gas alam

Apa saja yang bisa kita pelajari?

  • Kota ini menerapkan manajemen pengelolaan sampah secara terpadu. Dengan modal hanya 1,000 euros (Rp 11.718.919 - kurs 10 Desember 2010), mereka membangun sentra  pengolahan sampah sederhana, yakni menggunakan semacam ban berjalan (conveyer belt) untuk memilah-milah sampah padat. Sampah padat tidak dibakar, tapi diletakkan di atas ban berjalan, dan dipilah-2 oleh pekerja, mana sampah yang masih bisa didaur ulang, mana yang tidak. Mereka memisahkan sampah organic (misalnya sayuran, kulit buah) dan non organic misalnya plastic, kardus bekas minuman kotak, kaleng minuman dan sebagainya. Sampah organic diolah kembali menjadi pupuk, kompos atau EM (effective micro-organism). Sampah non organic yang masih bisa didaur ulang, dijual ke pabrik untuk diolah menjadi barang lain yang bermanfaat. Dari kardus bekas minuman kotak, ternyata bisa dipakai untuk membuat aneka furniture, bahkan atap rumah.
                    
Ban berjalan (conveyor belt) untuk memilah-2 sampah

Atap yang dibuat dari lapisan aluminium dalam kardus bekas minuman kotak
Kardus bekas minuman kotak, hasil pemilahan sampah di conveyor belt

  •  Mereka juga mengumpulkan limbah lemak/minyak goreng dari rumah tangga atau rumah makan/restoran. Lemak/minyak jelantah itu dikumpulkan dan diolah menjadi semacam briket untuk bahan bakar. Briket ini dipakai sebagai sumber bahan bakar untuk rumah-rumah potong hewan. Jadi, hemat energy bukan? Mereka juga menggunakan kotoran hewan dan kompos untuk menghasilkan gas methan yang dapat digunakan sebagai bahan bakar

Briket bahan bakar dari limbah lemak / minyak goreng jelantah

  • Untuk mengurangi pemakaian bensin yang umumnya dipakai oleh kendaraan pribadi, disediakan trem yang menggunakan bahan bakar gas alam (Natural Gas Vehicle / NGV). Trem ini melayani penduduk Muangklang bepergian keliling kota. Dengan trem ini, selain hemat bensin, juga berarti mengurangi polusi udara.
  • Tanah-tanah kosong ditanami dengan aneka tanaman, terutama sayuran dan buah-2an. Hasilnya bisa dimanfaatkan, limbahnya bisa digunakan kembali untuk pupuk.

Bapak Somchai melakukan ini semua hampir 9 tahun atau selama 3 kali beliau terpilih menjadi walikota. Penduduk Muangklang akhirnya menyadari dan mendukung apa yang beliau lakukan, karena mereka merasakan sendiri apa manfaatnya. Anak-anak sekolah, rumah tangga, masyarakat banyak belajar dari manajemen sampah ini. Kota menjadi bersih, hijau, sampah bisa dikurangi dan didaur ulang, polusi udara berkurang. Mereka juga mendapat penghasilan tambahan dari penjualan kompos, fertilizer dan barang-barang yang bisa didaur ulang. 

Kamis, 09 Desember 2010

Speedboat Carteran

Speedboat pada masa lalu merupakan angkutan utama dari Kuala Kapuas ke beberapa kecamatan disekitarnya seperti ke Mantangai, ke Pujon, ke Banjarmasin, ke Palangka Raya dan ke Bahaur. Sekarang cuma beberapa rute perjalanan air yang masih menggunakan speedboat, diantaranya adalah Kuala Kapuas - Bahaur. Biasanya speedboat angkutan ini menggunakan mesin 200 PK. Speedboat carteran pada gambar diatas menggunakan mesin 115 PK.

Tarif carter speedboat adalah sebagai berikut:

  1. Kuala Kapuas - Bahaur Pulang - Pergi (penuh - Rp 900.000; kosong - Rp 750.000)
  2. Kuala Kapuas - Lupak Pulang - Pergi (Rp 650.000)
  3. Kuala Kapuas - Cemara Labat Pulang Pergi (penuh- Rp 900.000; kosong Rp 800.000)
  4. Kuala Kapuas - Batanjung Pulang Pergi (Rp 650.000)
  5. Kuala Kapuas - Terusan Tengah Pulang Pergi (Rp 650.000)
  6. Kuala Kapuas - Pangkoh Kecamatan Pulang Pergi (Rp 800.000)

Taksi Motor

Taksi motor sedang melintasi sungai Kapuas Murung
Taksi motor merupakan salah satu dari sekian banyak alternatif kendaraan air yang terdapat di Kabupaten Kapuas. Angkutan ini menggunakan mesin mobil sebagai penggeraknya. Kekuatan mobil ini mampu menggerakkan badan kapal yang terbuat dari kayu ini. Dengan mesin ini, taksi motor memiliki kecepatan yang lebih cepat dibandingkan dengan angkutan sejenisnya (longboat).

Rabu, 08 Desember 2010

Dana Alokasi Khusus Bidang Kesehatan Kabupaten Kapuas Tahun 2011

Berdasarkan keputusan dari Direktur Jenderal Bina Pelayanan Medik Departemen Kesehatan Republik Indonesia, Kabupaten Kapuas mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Kesehatan Tahun 2011 adalah sebesar Rp 4.161400.000 dengan perincian sebagai berikut:

  • RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Rp 3.393.100.000 dengan menu:
    • Penanganan Obstetri Neonatal Emergensi Komprehensif (PONEK) RS
    • Unit Transfusi Darah RS
    • Instalasi Gawat Darurat RS
    • Tempat Tidur Kelas 3
  • Laboratorium Kesehatan Daerah Kabupaten Kapuas Rp 768.300.000
Dana tersebut penggunaannya merujuk pada Juknis DAK 2010

Pawai 1 Muharam 1432 H - Video

Pada tanggal 7 Desember 2010 bertempat di rumah jabatan Bupati Kapuas dilaksanakan start Pawai 1 Muharram 1432 H. Dalam video ini digambarkan berbagai kontingen yang mengikuti pawai ini. Mereka menggunakan berbagai macam jenis pakaian dan menunjukkan berbagai macam atraksi di depan Bupati Kapuas.

Selasa, 07 Desember 2010

Penjual Kue Pukis

Bapak penjual kue pukis ini menjual dagangannya mulai dari pagi sampai jam 14.00 WIB. Kue pukis ini harganya Rp 600 per buah. Sebagaimana para pedagang lain, usaha ini merupakan salah satu bentuk upaya wiraswasta yang perlu dihargai. Kegiatan ini membuat masyarakat memiliki kemampuan untuk berdiri pada kaki sendiri, tanpa bergantung kapada orang lain.

Pawai 1 Muharam 1432 H

Peserta pawai dari SMPN 1 Kuala Kapuas
Pada hari Selasa, 7 Desember 2010 bertempat di depan rumah jabatan Bupati Kapuas dimulai start bagi pawai 1 Muharam 1432 H. Kegiatan ini diikuti oleh berbagai kalangan di Kabupaten Kapuas, mulai dari Taman Pendidikan Al-Qur'an, Sekolah Dasar, Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Menengah Pertama, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, Sekolah Tinggi, Organisasi Mahasiswa, organisasi Pemadam Kebakaran dan lain-lain. Kegiatan ini dibuka oleh Bupati Kapuas dengan rute sampai ke Masjid Al Mukarram. Masyarakat pun sangat antusian mengikuti pawai ini dari jalan-jalan yang dilalui oleh peserta pawai.

Masyarakat sangat antusias menyaksikan pawai Muharam

Selamat Datang Jama'ah Haji Kapuas

Gapura penyambutan jama'ah haji yang baru pulang
Pada hari Senin, 6 Desember 2010, sekitar pukul 17.00 WIB, jama'ah haji Kabupaten Kapuas mendarat di Bandara Syamsudin Noor, Banjar Baru, Kalimantan Selatan. Jama'ah haji disambut oleh Bupati Kapuas di Asrama Haji yang terletak di Landasan Ulin, Kalimantan Selatan. Di depan gang yang akan dilewati oleh para jama'ah yang baru pulang sudah dipasang gapura sebagai bentuk penyambutan kepada mereka yang pulang haji.

Kesibukan di Pelabuhan Palangka

Pelabuhan Palangka terletak di Jalan Kapten Pierre Tendean, di depan Gereja Santo Markus. Saat peliputan, Minggu pagi, terlihat pedagang buah sedang berjualan dan para penumpang sedang menunggu longboat di pelabuhan. Mereka adalah para penumpang yang akan menuju ke Mantangai dengan menggunakan longboat. Ketika longboat yang ditunggu sudah datang, para penumpang segera masuk ke dalam longboat. Barang-barang bawaan yang besar diletakkan di bagian belakang dan atap bagian belakang dari longboat.

Ini adalah salah satu kelebihan dari loangboat, yaitu bisa membawa barang yang besar, mulai dari televisi sampai sepeda. Hal seperti ini tentu sangat sulit dipenuhi oleh angkutan darat. Kelebihan lain dari longboat adalah perjalanan yang tidak berguncang-guncang, karena mereka menempuh perjalanan air. Tetapi longboat juga memiliki beberapa kekurangan yaitu lamanya waktu tempuh dan lebih mahalnya ongkos dibandingkan dengan angkutan darat.

Senin, 06 Desember 2010

Kube "MANDIRI BERSAMA"

Beternak sapi bali
Berbagai bentuk Kelompok Usaha Bersama (KUBE) yang digulirkan oleh pemerintah, sebagian dari mereka hilang ditelan bumi, sedangkan sebagian yang lain bertahan. Kube ini, yang terletak di Desa Tarung Manuah termasuk kelompok yang masih bisa bertahan. Kube ini menternakkan sapi bali. Posisinya yang berada di pinggir jalan, membuatnya menjadi sangat menarik perhatian. Semoga kube-kube yang masih berjalan ini dapat membantu meningkatkan ekonomi masyarakat.

Poskesdes Tarung Manuah

Poskesdes ini terletak di Desa Tarung Manuah, Kecamatan Basarang. Poskesdes ini terletak berderetan dengan sekolah dan lumbung pangan. Di depan poskesdes ini juga terdapat masjid Nur Fastabiqul Khairat. Saat diliput oleh admin, poskesdes ini tidak berpenghuni.

Loka Bina Karya

Loka Bina Karya
Gedung ini terletak di Jalan Trans Kalimantan, tepatnya di Desa Maluen, Kecamatan Basarang. Bangunan ini sebenarnya diperuntukkan sebagai semacam Balai Latihan Kerja, dimana orang-orang yang belum memiliki pekerjaan dilatih untuk memiliki ketrampilan tertentu seperti menjahit, perbengkelan dan lain-lain. Namun sekarang fungsi balai latihan kerja ini tidak lagi berjalan.

Dibelakang bangunan ini terdapat satu gedung lagi yang pada awalnya digunakan untuk menampung tuna wisma. Namun sekarang fungsi ini juga tidak berjalan. Di gedung belakang inilah dulu, orang-orang yang dikategorikan "gila" oleh masyarakat ditampung.

Minggu, 05 Desember 2010

SENAM BERSAMA DAN JALAN SEHAT


Masih dalam rangkaian Peringatan HUT Korpri ke- 39 Tahun 2010 di Kabupaten Kapuas diadakan Senam Bersama dan Jalan Sehat, kegiatan ini diselenggarakan pada hari ini Minggu, 5 Desember 2010, Senam Bersama yang seyogyanya dimulai pukul 5.30 WIB baru dilakukan pukul 06.30 WIB. Peserta tetap bersemangat karena hadiah yang disediakan panitia cukup banyak dan menarik seperti kipas angin, TV, kulkas dan hadiah utama sebuah sepeda motor MIO, dimana peserta juga tidak dikenakan biaya pendaftaran.

dalam kesempatan ini Bupati Kapuas beserta Sekda, Asisten-asisten dan Jajaran SKPD Pemda Kapuas turut hadir. Yang mendapatkan Sepeda motor MIO dari Bupati Kapuas pada acara ini adalah Ibu Danung dari Instansi RSUD dr. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas.

Long Boat ke Mantangai

Longboat jurusan Mantangai
Saat ini meskipun angkutan darat ke Mantangai sudah makin baik, namun karena keterbatasan dalam membawa barang, sebagian penumpang tetap memilih menggunakan longboat ke Mantangai. Alat transportasi ini menggunakan dua buah mesin dengan kekuatan 40 tenaga kuda. Longboat ini berangkat ke Mantangai sekitar jam 06.30 - 07.00 WIB.

Foto Panorama Murung Keramat

Foto panorama ini diambil dari pelabuhan Palangka, Jalan Kapten Pierre Tendean, Kuala Kapuas. Foto diatas menggambarkan salah satu sisi dari Kelurahan Murung Kramat pada sisi Sungai Kapuas. Foto ini berukuran cukup besar, bila ingin melihat secara utuh, bisa di download.

Sabtu, 04 Desember 2010

PENYANYI LAGU DAERAH “ MARION” SEMARAKKAN PENYULUHAN OBAT-OBATAN DAN BAHAN BERBAHAYA DI TIMPAH

Menyikapi yang akhir-akhir ini semakin meningkatnya korban miras oplosan di kec Timpah terutama dikalangan remaja dan untuk meningkatkan pengetahuan para remaja terutama para siswa sekolah di wilayah kecamatan Timpah agar terhindar dari pengaruh atau pergaulan yang negative penyalahgunaan obat-obatan dan bahan berbahaya, Puskesmas Timpah dan Pihak kecamatan menyelenggarakan Penyuluhan obat-obatan dan bahan berbahaya yang dilaksanakan di gedung serbaguna Timpah.


Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan para peserta mengenai obat-obatan dan bahan berbahaya serta dampak penyalahgunaan obat-obatan.

Peserta yang mengikuti penyuluhan ini didominasi para remaja dan siswa sekolah menengah yaitu SMP dan SMA Timpah serta tokoh masyarakat Timpah,

Unsur Pimpinan Kecamatan timpah bergiliran memberikan sambutan dan pesan-pesan, mulai dari Camat Timpah, Kapolsek, Danramil sampai Demang/kepala adat Timpah yang banyak menekankan pada pentingnya peran orang tua, guru di sekolah dan masyarakat untuk melindungi dan mengawasi anak-anak Timpah agar terhindar dari Miras dan penyalahgunaan obat.

Sebagai pembicara atau nara sumber pada kegiatan penyuluhan ini diundang dari Kabupaten yaitu dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas yang disampaikan oleh Kastalani, SKM. MAP dan dr. Agus Waluyo.
Kastalani lebih menekankan pada Penyalahgunaan obat dan bahan berbahaya mulai jenis, karakteristiknya sampai pada bahayanya terutama yang lagi marak menimpa anak-anak muda yaitu Miras Oplosan.
Berdasarkan kasus-kasus yang pernah terjadi pada miras oplosan yang biasa mereka dioplos itu antara lain alcohol botolan,obat nyamuk, obat batuk, minuman suplemen, dan air. Dan yang paling berbahaya pada miras oplosan itu adalah alcohol, menurutnya alkohol yang biasa dijual dipasaran sebenarnya adalah untuk obat luar yang biasa digunakan sebagai antiseptic, yang berbahaya adalah kalau ada kandungan “Metanol” pada alcohol tersebut, sementara dikhawatirkan kandungan metanolnya bisa tidak terkontrol karena alcohol yang ada itu sebagai obat luar bukan per oral atau bukan untuk diminum, satu persen lebih saja methanol bila dikonsumsi bisa berakibat fatal atau bisa mengakibatkan mata menjadi buta. Belum lagi ada yang dioplos dengan obat nyamuk yang merupakan insektisida untuk serangga.

dr. Agus Waluyo lebih menekankan pada penyalahgunaan Psikotropika dan narkotika dan dampaknya terhadap tubuh seseorang jika menjadi pecandu obat tersebut.

Tidak kalah menariknya untuk menyemarakan dan supaya peserta tidak jenuh mengikuti penyuluhan ini, dihibur oleh orkes setempat yang mendatangkan penyanyi terkenal Kalimantan tengah “Marion”. Marion yang merupakan penyanyi khas lagu-lagu daerah yang terkenal dengan lagu saluang kitik-kitik, membawakan beberapa buah lagu dan yang menariknya Marion mampu memukau penonton dengan lirik lagu yang spontan dengan bahasa daerah sambil memasukan pesan-pesan agar remaja mengghindari penyalahgunaan narkoba dan menjadi siswa yang berprestasi

By : Kastalani, SKM. MAP (Kasi Bimdal Kefarmasian)

Nasehat bagi yang akan dikubur

Video dibawah ini menggambarkan salah satu kebiasaan pada masyarakat Kabupaten Kapuas dalam penyelenggaraan jenazah. Biasanya ada guru yang memberikan nasehat kepada mayit dan mereka yang menghadiri pemakaman mengenai apa yang akan terjadi setelah jenazah dimakamkan. Peringatan ini terutama sangat penting bagi kita yang akan menghadapi kematian yang kita tidak tahu kapan akan terjadinya.

Karya Warga Kapuas tampil dalam Worlds AIDS Campaign Poster

Poster diatas muncul dalam situs Worlds AIDS Campaign Poster yang merupakan bagian dari Peringatan Hari AIDS Sedunia (1 Desember). Poster ini merupakan hasil karya Rinto, staf IT (Informasi dan Teknologi) RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo. Hal ini merupakan salah satu kontribusi warga Kapuas dalam memeriahkan Hari AIDS Sedunia.

Pos Kesehatan Desa Tamban Baru Tengah

Pos Kesehatan Desa ini terletak di Handil Sekawan, Desa Tamban Baru Tengah, kilometer 22, Kecamatan Kapuas Kuala. Kalau dilihat dari foto ini tampaknya pos kesehatan desa ini tidak dihuni. Bila hujan, halaman dari poskesdes ini sangat becek. Saat diliput, anak-anak sedang bermain bola di depan poskesdes.

Jumat, 03 Desember 2010

Bapak Anton Norodom meninggal dunia

Suasana pasca penguburan Bapak Anton Norodom
Setelah shalat Jum'at, 3 Desember 2010 di Masjid Agung Al-Mukarrom diselenggarakan shalat jenazah untuk Bapak Anton Norodom, Mantan Camat Mantangai. Beliau meninggal dunia pada hari Kamis, 2 Desember 2010 pukul 23.00 WIB di Banjarmasin. Beliau meninggalkan seorang istri dan dua orang anak perempuan. Setelah dishalatkan, jenazah dikuburkan di Pekuburan Muslim, Jl. Tambun Bungai IV (tepatnya di Jalan Jati), Kuala Kapuas. Dalam kesempatan tersebut dilakukan upacara singkat penguburan oleh Pemda Kapuas, yang dimulai dengan sambutan dari pihak keluarga (Bapak Edy Fachriansyah), dari Bapak Bupati Kapuas (Bapak M. Mawardi) dan ucapan bela sungkawa kepada pihak keluarga.

Sunset di Tamban Baru

Matahari menjelang terbenam di Desa Tamban Baru
Foto diatas diambil pada hari Jum'at, 3 Desember 2010 pukul 17 lewat di Desa Tamban Baru, Kecamatan Kapuas Kuala. Banyaknya sawah yang ada di desa ini, memungkinkan kita untuk melihat mentari menuju peraduannya. Foto diatas diambil saat cuaca sedang gerimis.

Handil Sekawan - Tamban Baru

Handil Sekawan - Tamban Baru Tengah
Pemandangan diatas lazim dijumpai di daerah transmigrasi. Ini merupakan saluran yang dibangun sebagai sarana pengairan. Handil Sekawan ini terletak di Desa Tamban Baru Tengah, Kecamatan Kapuas Kuala. Posisi pengambilan foto ini adalah di kilometer 22. Sebagaimana layaknya di tempat-tempat lain, handil ini juga digunakan untuk mandi, mencuci, buang air besar dan buang air kecil, walaupun makin lama makin sedikit yang memanfaatkan handil ini karena mereka sudah membuat kamar mandi dan WC di rumah masing-masing. Foto diatas diambil saat handil sedang pasang.

Sebagaimana layaknya daerah transmigrasi, handil ini hampir 100% dihuni oleh warga yang berasal dari daerah Jawa. Jadi mulai dari para kakek, sampai cucu-cucu mereka, semuanya adalah orang-orang Jawa yang belum semua dari mereka pernah menengok tanah Jawa. Kehidupan sehari-hari, mulai dari masalah makanan sampai pada acara pernikahan sangat kental dengan budaya Jawa.

Kamis, 02 Desember 2010

PENYULUHAN KESEHATAN JIWA DI SMKN 2 KAPUAS


Salah satu kegiatan Program Seksi Kesehatan Khusus Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas yakni melaksanakan penyuluhan Kesehatan Jiwa.
Hari ini Kamis 2 Desember 2010 giliran SMKN 2 Kuala Kapuas yang menjadi tempat penyampaian penyuluhan. Pada kesempatan ini yang menjadi Narasumber adalah Sunu Aji Wirawan, S.Psi didampingi Yuniati Noor, AMG, peserta siswa-siswi kelas X-XII, dimana kegiatan penyuluhan ini begitu antusias diikuti oleh para siswa.
Adapun materi yang disampaikan bertema "Konsep Kesehatan Jiwa".
Inti materi menyampaikan hal-hal terkait kesehatan jiwa, khususnya pada remaja.

Rabu, 01 Desember 2010

Penggunaan Antibiotika Secara Rasional

Makalah ini disampaikan oleh dr. Suci Harini, M.Sc., SpA pada Seminar Penggunaan Obat Rasional pada hari Sabtu, 27 November 2010 di Gedung Kesenian Gandang Garantung sebagai bagian dari rangkaian kegiatan menyambut Hari Kesehatan Nasional yang merupakan kerjasama antara IDI, IAI, PAFI dan Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas.

Salah satu rekomendasi beliau untuk rumah sakit adalah adanya uji sensitifitas terhadap bakteri yang ada di rumah sakit, sehingga penggunaan antibiotika betul-betul rasional dan bisa lebih efektif dan efisien.

Penilaian Rumah Sakit Sayang Ibu dan Bayi Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah

Ibu Wirda dan kawan-kawan sedang mewawancarai dr. Puspa di Poliklinik Kebidanan
Pada hari Rabu, 1 Desember 2010, Tim Penilai Rumah Sakit Sayang Ibu dan Bayi Provinsi Kalimantan Tengah yang dipimpin oleh Ibu Wirda, SKM, M.Kes mengunjungi RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo. Sebelumnya tim ini sudah mengirimkan kuesioner yang harus diisi oleh pihak rumah sakit. Pada kunjungan saat ini, mereka ingin melakukan pengecekan dan sekaligus wawancara dengan petugas yang terlibat dalam perawatan kesehatan ibu dan bayi. Petugas yang diwawancarai, mulai dari pihak manajemen, dokter, perawat, bidan sampai pada pasien yang mendapatkan pelayanan saat itu.

Implementasi Penggunaan Obat Rasional di Kabupaten Kapuas

Makalah ini disampaikan oleh dr. Hj. Ani Handaningroem pada Seminar Sehari Penggunaan Obat Rasional yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 27 November 2010 sebagai salah satu rangkaian kegiatan Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-46 yang bertempat di Gedung Kesenian Gandang Garantung, Kuala Kapuas, Kalimantan Tengah, Indonesia





One Billion Indonesian Trees for The World Tahun 2010 di Kabupaten Kapuas

Pada hari Rabu, 1 Desember 2010 bertempat di Pasar Ternak, Kecamatan Basarang, dilakukan kegiatan penanaman pohon secara simbolis dalam rangka kegiatan One Billion Indonesia Trees for The World Tahun 2010 Kabupaten Kapuas. Kegiatan ini seyogyanya dilaksanakan pada tanggal 28 November 2010, bersamaan dengan penanaman pohon yang dilakukan oleh presiden di Cibinong.

Kegiatan ini dibuka oleh Bapak Granit, Asisten II Sekda Kabupaten Kapuas. Kegiatan ini juga bersamaan dengan Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara (GPTP) Kabupaten Kapuas yang mengambil tema: Penyelamatan Hutan Pantai dan Kesejahteraan Masyarakat Pesisir. Seyogyanya kegiatan bagi para ibu-ibu ini adalah menanam mangrove di pantai di Kecamatan Kapuas Kuala, namun karena banyak kendala, hal tersebut tidak dapat dilakukan.

Dalam kegiatan ini, seluruh kepala dinas, badan dan kantor mendapat kesempatan untuk melakukan penanaman pohon, sesuai dengan tempat yang sudah disiapkan oleh panitia. Dalam kesempatan ini dilakukan penanaman pohon secara simbolis sebanyak 200 buah pohon.

Selasa, 30 November 2010

Toko Buah Al Barokah

Toko buah ini terletak di Jalan Ahmad Yani, di seberang Bank BNI. Toko ini menjual berbagai macam buah, mulai dari salak, jeruk, apel, pear, anggur, pepaya, semangka, bahkan juga ada kurma. Mengenai masalah harga, umumnya kurang lebih sama dengan toko-toko buah yang lain.

Paduan Suara PGRI

Paduan suara ini mendapat kehormatan untuk tampil pada Peringatan Hari Korpri, Hari Kesehatan Nasional dan Hari Guru Nasional yang diselenggarakan di lapangan kantor Pemda Kabupaten Kapuas, Jl. Pemuda Km. 5,5, Kuala Kapuas.

Peringatan Hari Korpri, HKN dan Hari Guru Nasional

Pada hari Senin, 29 November 2010 bertempat di lapangan Kantor Pemda Kabupaten Kapuas, Jl. Pemuda km. 5,5, diselenggarakan Peringatan Hari Korpri, Hari Kesehatan Nasional dan Hari Guru Nasional. Upacara ini dipimpin oleh Bapak Sekda Kabupaten Kapuas, Drs. Nurul Edy, M.Si, dan diikuti oleh perwakilan pegawai negeri dari berbagai dinas, kantor dan badan, serta para pensiunan.

Senin, 29 November 2010

Pasangan Amal Dalam Islam - Guru Farhani



Contoh Poster Hari AIDS Sedunia

Dermaga LLASD

Pelabuhan Palangka dilihat dari feri Murung Kramat
Dermaga ini lebih dikenal dengan nama Pelabuhan Palangka. Sewaktu jalan ke Mantangai dan Jalan Palangka - Buntok masih belum jadi, sebagian besar masyarakat menggunakan speedboat sebagai alat transportasi utama. Para penumpang yang ingin menuju ke Mantangai dan Pujon menunggu speedboat di pelabuhan ini. Pelabuhan ini memiliki batang yang bisa naik dan turun sesuai dengan aliran pasang.

Batang Pelabuhan Palangka
Disinilah biasanya speedboat ditambat. Karena mereka bisa naik dan turun, maka hal ini tidak akan menyulitkan penumpang yang akan naik ke speedboat. Sekarang batang ini sudah diperbaiki. Dermaga ini dulu diramaikan oleh para pedagang, sekarang dermaga ini sepi.

Dermaga pelabuhan Palangka
Kalau dulu, kapal ke Pujon masih sering ditambat di pelabuhan ini, sekarang cuma speedboat Dinas Perhubungan yang ditambat di dermaga ini.

BA Sei Hanyo

Minggu, 28 November 2010

Pembuat pakan ikan patin dari Murung Kramat

Bapak Muhammad Nuh (tidak mengenakan baju)
Pembuatan pakan ikan patin ini dilakukan oleh Bapak Muhammad Nur di depan rumahnya di Kelurahan Murung Kramat, Kecamatan Selat, Kuala Kapuas 73512. Beliau dibantu oleh dua orang temannya. Pakan ikan patin ini dibuat dari dedak ditambah dengan ikan kering dengan perbandingan 2 : 1. Beliau membeli dedak dari penggilingan padi yang ada di Panamas atau Sari Pulau, sedangkan untuk ikan kering beliau membelinya dari Desa Batanjung, Kecamatan Kapuas Kuala.

Pencampuran antara dedak dan ikan kering dilakukan dengan alat berikut:

Alat penggiling pakan ikan
Pencampuran ini menghasilkan pakan ikan dengan ukuran yang masih besar, karena mata penggilingan yang digunakan juga lebih besar.

Pakan ikan dengan ukuran yang masih besar
Setelah pakan ikan dengan ukuran besar ini cukup banyak dihasilkan untuk hari itu, maka mata penggilingan diganti dengan ukuran yang lebih kecil, sehingga pakan ikan yang dihasilkan pun memiliki ukuran yang lebih kecil.

Pakan ikan dengan ukuran yang lebih kecil
Pakan ikan dengan ukuran yang lebih kecil ini kemudian dikeringkan menggunakan sinar matahari.

Pengeringan pakan ikan
Pakan yang dihasilkan tidak dijual melainkan digunakan untuk memberi makan ikan patin yang dibudidayakan sendiri di depan rumah.

Kolam ikan patin dan sarang walet
Jumlah ikan patin yang dibudidayakan di kolam ini adalah sebanyak 1.500 ekor. Diharapkan dalam waktu satu tahun, berat ikannya akan mencapai 1,5 kilogram. Dari usaha ini, Bapak Muhammad Nur telah berhasil membuat satu sarang walet yang berlokasi di kolam beliau yang kedua.

Berikut ini adalah video tentang pengolahan pakan ikan patin tersebut: