Ketersediaan Darah di UTD-RS

Stok darah per 10 Oktober 2014:

A = 3; B = 9, O = 6, AB = 3

Sumber: Debi (UTD RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo)

Minggu, 30 Juni 2013

Oqan Laundry

Lahan Jemur dan lokasi Oqan Laundry
Laundry ini terletak di Jalan Sumatera No. 112, Kuala Kapuas. Tempat ini buka setiap hari, Senin-Sabtu, mulai pukul 08.00 s.d. 16.00 WIB. Nomor HP yang dapat dihubungi adalah 081348877753. Adapun tarif laundry ini adalah sebagai berikut:
  • Setrika Saja - Rp 3.000 / kg
  • Cuci Lipat - Rp 3.500 / kg
  • Cuci Lipat + Setrika - Rp 5.000 / kg
  • Baju Pesta Anak - Rp 10.000 / potong
  • Gaun Dewasa - Rp 20.000 / potong
  • Gaun Pengantin - Rp 50.000 / potong
  • Kebaya - Rp 7.500 / potong
  • Kemeja Batik Suntra - Rp 7.500 / potong
  • Dry Clean Jas - Rp 15.000 / potong
  • Dry Clean Jas Express - Rp 25.000 / potong
  • Dry Clean Jas Stelan - Rp 30.000 / Stel
  • Dry Clean Jas Stelan Express - Rp 40.000 / Stel
  • Seragam Safari - Rp 7.500 / potong
  • Seragam Safari Stelan - Rp 10.000 / Stel
  • Sprei Pengantin - Rp 40.000 / buah
  • Jaket Kulit - Rp 35.000 / potong
  • Sepatu / Tas (Kulit) - Rp 7.500 / buah
  • Bed Cover Ukuran Kecil - Rp 20.000 / buah
  • Bed Cover Ukuran Sedang - Rp 25.000 / buah
  • Bed Cover Ukuran Besar - Rp 35.000 / buah
  • Karpet Ukuran Kecil - Rp 15.000 / buah
  • Karpet Ukuran Sedang - Rp 35.000 / buah
  • Karpet Ukuran Besar - Rp 50.000 / buah
  • Boneka Ukuran Kecil - Rp 5.000 / buah
  • Boneka Ukuran Sedang - Rp 10.000 / buah
  • Boneka Ukuran Besar - Rp 20.000 / buah

Cat Lover and Reptil Kapuas (Caloreka)

Bersama kucing kesayangan
Admin menemui kelompok pecinta kucing dan reptil ini ketika mereka sedang berkumpul di taman kota di depan rumah sakit. Mereka sedang bermain dengan ular dan biawak yang mereka bawa. Selain itu ada juga kucing persia dan kucing angora yang dibiarkan bermain di trotoar taman. Sebenarnya juga ada kelompok yang menyukai musang.
Bersama ular peliharaan
Menurut Caloreka, mereka punya kegiatan kumpul-kumpul pada Sabtu sore di taman kota ini. Saat menampilkan ular dan kucing, mereka mempersilakan pengunjung untuk mengelus-elus binatang-binatang tersebut.
Berpose dengan ular

Sabtu, 29 Juni 2013

UTILIZATION REVIEW ON THE INPATIENT OF PUBLIC HEALTH INSURANCE (JAMKESMAS) IN THE RSUD dr. H. SOEMARNO SOSROATMODJO KUALA KAPUAS

UTILIZATION REVIEW ON THE INPATIENT OF PUBLIC HEALTH INSURANCE (JAMKESMAS) IN THE RSUD dr. H. SOEMARNO SOSROATMODJO KUALA KAPUAS:

Penelitian yang dilakukan oleh Ibu Widjiati (Staf Bidang Jaminan dan Sarana Kesehatan, Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas) terhadap Utilization Review Pasien Rawat Inap Jamkesmas di RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo menunjukkan bahwa pasien bedah lebih lama menginap dirumah sakit dibandingkan dengan pasien non-bedah. Dan biaya yang dikeluarkan untuk pasien bedah pun juga lebih tinggi dibandingkan dengan pasien non-bedah.

Pengetahuan dan pengertian tentang Utilization Review masih rendah. Diseminasi tentang Utilization Review tidak dilakukan dengan baik. Supervisi dan sistem kontrol pada implementasi pelayanan kesehatan belum dilaksanakan secara optimal.

Tarhib Ramadhan 1434 H


Oleh: Ustadz Suriani Jiddy, Lc

Bulan Ramadhan Sebagai Ladang Amal
Ini dapat kita ketahui dari keutamaan bulan Ramadhan sebagaimana firman Allah: “Hai orang-orang beriman diwajibkan kepada kalian semua berpuasa sebagaimana umat-umat sebelum kalian agar kalian bertakwa” (Q.S. Al-Baqarah, 2: 183). Orang-orang beriman diseru untuk berpuasa. Allah tidak menyeru selain mereka. Allah tidak menyeru “Ya ayyuhannaas” (wahai sekalian manusia). Maknanya hanya orang-orang beriman yang mendapatkan perintah dari Allah SWT. Karena orang-orang yang beriman adalah orang-orang yang istimewa, yang memiliki karakteristik yang khas yang tidak dimiliki oleh manusia lainnya. Diantara sifat mereka adalah selalu siap untuk melaksanakan perintah Allah SWT. Apabila diseru untuk melakukan suatu perintah, mereka mengatakan “kami dengar dan kami taat”. Kalau kita lihat manusia dari sisi merespon perintah, ada tiga golongan:
  1. Orang-orang beriman – siap mendengarkan perintah dan siap melaksanakannya – kami dengar dan kami taat
  2. Hanya mau mendengar dan tidak mau taat – kami dengar dan kami tidak akan taat
  3. Sekedar untuk mendengar saja mereka tidak mau. Dalam Q.S. Al-Mulk Allah menyebutkan perkataan orang penghuni neraka, “seandainya saja kami mau mendengar dan kami mau berpikir, niscaya kami tidak akan menjadi penghuni neraka”. Abu Darda’ memberikan nasihat: jadilah kamu orang yang berilmu, kalau tidak bisa jadilah kamu orang yang selalu mempelajari ilmu, kalau tidak bisa juga, paling tidak mendengar, jangan jadi orang yang keempat, berilmu tidak, tidak mau belajar, sekedar mendengar saja mereka tidak mau. Mereka akan binasa.

Jumat, 28 Juni 2013

Outbond Santri Pondok Pesantren Al-Amin Kapuas



Video lama ini menggambarkan kegiatan outbond yang pernah dilaksanakan oleh para santri di halaman Pondok Pesantren Al-Amin Kapuas di Jalan Pemuda Kilometer 20, Desa Anjir Palambang, Kecamatan Pulau Petak, Kabupaten Kapuas. Kegiatan ini juga memanfaatkan daerah hutan di belakang pondok pesantren.

Kamis, 27 Juni 2013

Pisah Sambut Di Rumah Sakit

Sambutan dari Bapak Dusi
Pada hari Rabu, 26 Juni 2013 bertempat di Gazebo RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo dilaksanakan kegiatan pisah sambut antara Bapak Dusi, Kepala Bidang Keperawatan di rumah sakit dengan Bapak Siter Sandan, Pimpinan Puskesmas Talekung Punai. Bapak Dusi akan pindah ke Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB Kabupaten Kapuas) Bidang KB. Sedangkan Bapak Siter akan menggantikan Bapak Dusi sebagai Kepala Bidang Keperawatan.
Sambutan Bapak Siter Sandan
Dalam sambutannya, Bapak Dusi mengatakan bahwa perpisahan ini diharapkan tidak akan memutuskan silaturahim yang sudah terjalin selama ini, beliau juga berterima kasih atas kerjasama yang telah berjalan selama ini. Sedangkan Pak Siter Sandan mengharapkan dukungan dari seluruh pengampu kepentingan di rumah sakit.

Kegiatan ini dihadiri oleh jajaran manajemen dan fungsional di rumah sakit, mulai dari para kepala bidang, kepala seksi, kepala ruangan, kepala instalasi dan staf lainnya.

Rabu, 26 Juni 2013

Kuala Kapuas Kaya Dengan Ikan

Papa Alan bersama ikan Haruan-nya
Saat melintasi Jalan Sumatera, admin melihat Papa Alan berhasil menangkap ikan Haruan. Admin lalu minta ijin kepada beliau untuk memotretnya. Beliau biasa mengisi waktu kosong di sore hari dengan memancing. Pekerjaannya sehari-hari adalah berjualan es buah di Pasar Sari Mulia. Menurut keterangan Papa Alan, dia menggunakan umpan anak kodok yang dibelinya di pasar dengan harga Rp 500 per ekor. Dengan umpan ini beliau  berhasil mendapatkan ikan Haruan. Kegiatan memancing ini dilakukannya di tepi sawah di Jalan Sumatera. Menurut keterangan beliau kalau hari libur, banyak orang yang memancing di tepi sawah di Jalan Meranti, Kuala Kapuas.
Panurhid menunjukkan jaringnya
Masih di jalan yang sama (Jalan Sumatera), admin bertemu dengan Panurhid, seorang tenaga honorer di Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Kapuas. Dia sedang menjaring ikan Sepat. Caranya cukup unik, dia meletakkan jaringnya di tengah parit kemudian dia memukul-mukul air. Hal ini dilakukan untuk menakut-nakuti ikan sehingga berlari ke arah jaring. Benar saja, setelah dia melakukannya, kurang dari lima menit dia sudah bisa mendapatkan beberapa ekor ikan Sepat. Ketrampilan ini diperolehnya dari orang tuanya yang biasa menjaring ikan di sungai Kapuas. Ikan Sepat ini digunakannya untuk keperluan sehari-hari. Bila jumlah ikannya banyak, maka sebagian akan diasinkan, sehingga dapat disimpan dalam waktu lama. Bila persediaan ikan di rumah sudah habis, mulailah ia menjaring ikan lagi di tempat lain. 


Berikut ini adalah videonya:

Selasa, 25 Juni 2013

Pengumpul Barang Bekas - Jalan Sumatera

Ibu Sri Lestari di depan rumah kontrakannya
Ibu Sri Lestari bersama suami sudah dua tahun menekuni usaha pengumpulan barang bekas. Sebelumnya mereka sudah pernah berjualan pentol, tapi ketika melihat peluang berjualan barang bekas ini cukup menjanjikan, mereka mulai menekuni usaha ini. Berbagai barang bekas beliau kumpulkan, mulai dari kardus, plastik, besi  dan lain-lain. Mereka memiliki beberapa orang karyawan yang bertugas untuk mencari barang-barang bekas. Pencarian barang bekas ini dilakukan sampai ke wilayah transmigrasi Dadahup. Pengumpulan barang bekas di tempat yang jauh menggunakan motor, sedangkan untuk yang dekat cukup menggunakan gerobak saja. Menurut keterangan Ibu Sri Lestari, di Kuala Kapuas ini ada sekitar 7 orang pengumpul barang bekas. Barang-barang bekas sudah ada pembelinya. Pembeli akan datang ke lokasi untuk membeli barang-barang bekas tersebut dengan hitungan kilogram. Saat ini harga besi sedang turun, hal ini menyebabkan ada pemulung yang pulang ke Jawa. 

Senin, 24 Juni 2013

Pelangi Laundry

Pelangi Laundry
Laundry ini terletak di Jl. Patih Rumbih Gg. 2 No. 198, Kuala Kapuas. Laundry ini buka setiap hari dari jam 07.00 - 17.00 WIB. Hot Line-nya adalah (0513) 22805. Sedangkan nomor HP yang dapat dihubungi adalah 082350474433, 081952063511 dan 085753524376. Laundry ini juga menerima pengerjaan laundry yang dilakukan di rumah pelanggan seperti membersihkan sofa, dll. Adapun tarifnya adalah sebagai berikut:
Singkatan : Laundry (L), Dry Clean (DC)

  • Blouses/Sack dress/daster - (L - 6.000) (DC - 11.000)
  • Kemeja panjang / sweater / kaos panjang - (L - 6.000) (DC - 11.000)
  • Kemeja pendek /  kaos pendek - (L - 5.000) (DC - 10.000)

Minggu, 23 Juni 2013

Promosi Kesehatan Depkes (Spot TV)



Video diatas disarankan oleh Sekjen Kementerian Kesehatan untuk ditonton dalam berbagai pertemuan umum.

Depot Air Minum Isi Ulang "Panti Asuhan Budi Sejahtera"

Depot air minum isi ulang "Panti Asuhan Budi Sejahtera"
Depot air minum isi ulang ini tepat berada di depan Panti Asuhan Budi Sejahtera, Jalan Jawa, Kuala Kapuas. Depot yang sudah berdiri sejak tiga bulan lalu ini melayani sekitar 35 pelanggan setiap harinya. Sumber air depot ini adalah air leding PDAM Kapuas. Sterilisasinya menggunakan Ultra Violet. Depot ini menjual galon besar dengan harga Rp 50.000 dan galon kecil dengan harga Rp 40.000. Depot yang buka sejak 06.30 - 21.30 WIB ini dikelola oleh empat orang penghuni Panti Asuhan. Tarif isi ulang per galonnya adalah Rp 4.000.

Sabtu, 22 Juni 2013

Sarita Sakola - Karungut Karangan Bapak Rimbun



Karungut ini dibawakan oleh para alumni SMPN 1 Selat pada hari Sabtu, 22 Juni 2013 saat Perpisahan Kelas IX, HUT SMPN 1 Selat ke-62 dan Reuni Keluarga Besar SMPN 1 Selat, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah.

Nilai UN Tertinggi SMPN 1 Selat - 9,2

Berikut ini adalah urutan satu sampai tiga nilai tertinggi Ujian Nasional di SMPN 1 Selat Tahun 2013:
1 - Etika (9,2)
2 - Burhanudin (9,1)
3 - Danang (8,9)
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Pelepasan, HUT dan Reuni SMPN 1 Selat

Pada hari Sabtu, 22 Juni 2013 bertempat di halaman SMPN 1 Selat diselenggarakan kegiatan Pelepasan Siswa Kelas Kelas IX dan Peringatan HUT SMPN 1 Selat ke-62 serta Reuni Keluarga Besar SMPN 1 Selat Tahun 2013.

Kegiatan ini diawali tari penyambutan, kemudian ada musikalisasi puisi, pembacaan puisi dan berbagai sambutan, mulai dari alumni tahun 2013 sampai yang mewakili kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas, Pak Katanggar.

Dalam sambutannya Pak Katanggar memuji para guru dan kepala sekolah yang berhasil menghantarkan seluruh siswa lulus ujian nasional. Beliau juga mengabarkan tentang pencanangan Wajib Belajar 12 tahun. Bagi anak-anak yang menjadi juara Olimpiade Sains tingkat Nasional akan mendapat ikatan dinas untuk kuliah di perguruan tinggi dari Pemerintah Kabupaten Kapuas.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Jumat, 21 Juni 2013

Marriage Success.ca Trailer



Bagi yang bisa bahasa Inggris, film diatas cukup menarik untuk ditonton pada bulan Ramadhan nanti. Ada 6 film yang bercerita tentang hal-hal sebelum menikah dan 4 film tentang hal-hal sesudah menikah. Selamat menikmati !

Jalan Sehat SMPN 1 Selat

Dalam rangka Reuni dan Ulang Tahun SMPN 1 Selat ke-62, pada hari Jum'at, 21 Juni 2013 diselenggarakan kegiatan Jalan Sehat. Kegiatan ini diikuti oleh para alumni, guru-guru dan murid-murid beserta keluarga besar SMPN 1 Selat. Rute jalan sehat ini dimulai SMPN 1 Selat, Jalan Kartini, Jalan Letjen Suprapto, Jalan Ahmad Yani, Jalan D.I. Panjaitan, Jalan Seth Adji, kembali ke sekolah.

Hadiah yang disediakan oleh panitia adalah sepeda, dispenser, kipas angin, jam dinding, kompor gas, DVD player, dan berbagai hadiah hiburan lainnya.  Jalan Sehat ini dilepas oleh mantan guru SMPN 1 Selat yang paling tua yaitu dari tahun 1960-1963.

Menyempurnakan Ibadah

Pada khutbah Jum'at, 21 Juni 2013 di Masjid Agung Al-Mukarram, khotib menyampaikan hal-hal sebagai berikut:

  • syarat diterimanya amal: ikhlas dan sesuai sunnah
  • jangan sampai ibadah kita sia-sia karena tidak sesuai dengan sunnah
  • pelajarilah ilmu dari berbagai ibadah yang kita kerjakan
  • ibadah tanpa ilmu tidak diterima
  • orang yang paling rugi adalah orang yang menyangka amalnya diterima padahal amalnya sesat

Kamis, 20 Juni 2013

Pencanangan Universal Coverage Jamkesmas Kalimantan Tengah

Peserta Pencanangan Universal Coverage Jamkesmas
Pada hari Kamis, 20 Juni 2013 bertempat di aula Kahayan 2, Swiss-bell Danum Hotel, Palangka Raya dilaksanakan Pertemuan Pencanangan Universal Coverage Program Jamkesmas Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah. Dalam sambutannya, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah, dr. Ryan Tangkudung, M.Kes menyampaikan bahwa seluruh dinas kesehatan diharapkan bisa bersama-sama mencapai target MDGs 2015. Capaian Kalteng masih dibawah angka nasional. Untuk mengatasinya Dinkes Provinsi sudah mengusulkan DAK Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah.

Kadinkes provinsi juga menyampaikan bahwa Kalteng sudah punya Rumah Sakit Jiwa Kalawa Atei dan sudah ada dokter spesialis kesehatan jiwa. Kabupaten dan Kota diharapkan bisa memanfaatkan fasilitas tersebut dan juga bisa meminta spesialis tersebut untuk berkunjung ke kabupaten.

Pelebaran Jalan di Maluen, Basarang

Pengerasan jalan yang akan dilebarkan di Maluen
Jalan di Desa Maluen, Kecamatan Basarang sedang menjalani pelebaran. Kondisi jalan yang sempit ini mengharuskan para pengemudi kendaraan bermotor untuk berhati-hati. Daerah ini rawan kecelakaan mengingat dulunya badan jalan pas-pasan dan bahu jalannya tinggi sehingga banyak mobil yang masuk parit.

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas 2013-2018

Setelah menjalani proses seleksi yang cukup panjang, Panitia Tim Seleksi Anggota KPU memutuskan anggota KPU Periode 2013-2018 adalah:
  1. Bardiansyah, SE
  2. Adiresido, A.Md
  3. Suprianto
  4. Budi Prayetno, S.Pd.I
  5. Suhardi, S.Pd.I, MA.

Rabu, 19 Juni 2013

Sobat Bumi Membuat Kapuas Mendunia


Buku yang dipublikasikan oleh Satgas REDD+ ini menceritakan tentang kegiatan yang dilaksanakan oleh Sekolah Sobat Bumi yang ada di Kabupaten Kapuas yaitu SMPN 4 Selat dan SMAN 2 Kuala Kapuas yaitu:

  • Taya, masker alami dari Kapuas. Penelitian ini dilakukan oleh siswi SMAN 2 Kuala Kapuas, Salsabela
  • Misteri kemilau rambut. Penelitian ini dilakukan oleh Fiska Fitaloka Ranni dan Anthony Sandan (SMAN 2 Kuala Kapuas) didampingi oleh Bapak Arlianto
  • Pohon Ulin di Pelajaran Bahasa Inggris, mengapa tidak? oleh Bapak Joko Susila.(SMPN 4 Selsat)
  • Tarian Dohong dan Tingang oleh Bapak Agon (SMAN 2 Kuala Kapuas)
Bila ingin mendownload buku diatas, bisa menggunakan tautan dibawah ini:

Selasa, 18 Juni 2013

Pendaftaran Online SMKN 1 Kuala Kapuas

SMKN 1 Kuala Kapuas
Diantara Sekolah Menengah Atas yang memiliki situs sekolah di internet, baru SMKN 1 Kuala Kapuas yang memberikan fasilitas pendaftaran siswa baru secara online. Para pengguna internet dapat mengisi secara online dengan alamat berikut ini:


Hal ini menunjukkan adanya kreativitas yang luar biasa dari para guru di berbagai sekolah dalam rangka menarik minat dari para siswa untuk mendaftar disekolah mereka. 

Syukuran dan Kelulusan TKIT Al-Amin Kapuas

Foto bersama guru dan murid TKIT Al-Amin (Courtesy of Hasanudin  Zoe)
Pada hari Sabtu, 15 Juni 2013 bertempat di aula Hotel Roos, Jl. Tambun Bungai, Kuala Kapuas diselenggarakan kegiatan Syukuran dan Kelulusan TKIT-Amin Kapuas. Kegiatan ini diikuti oleh para siswa-siswa, orang tua, guru dan pengawas TK/SD UPTD Pendidikan Kecamatan Selat. Kegiatan ini menampilkan berbagai ketrampilan dari para siswa-siswa baik itu hapalan Qur'an dan lain-lain.
Foto bersama pengawas TK/SD dan ketua yayasan (Courtesy of Hasanudin Zoe)
Pada saat ini diserahkan juga penghargaan guru terbaik di TKIT Al-Amin Tahun Ajaran 2012/2013 yaitu:

  1. Wahyuni Fitri, S.Pd.I
  2. Sumi, S.Pd
  3. Marlina, S.Pd

Minggu, 16 Juni 2013

Kunjungan Kerja Bupati ke Timpah, Pujon dan Jangkang

Tari penyambutan di Timpah
Pada hri Jum'at - Sabtu, 14-15 Juni 2013, Bupati Kapuas beserta rombongan berkunjung ke Timpah, Pujon dan Jangkang. Ketika rombongan sampai di Timpah, mereka disambung dengan upacara potong pantan. Setelah acara potong pantan, rombongan disambut dengan tari penyambutan. Selesai tarian dilanjutkan dengan sambutan dan tanya jawab.Setelah tanya jawab dilanjutkan dengan acara pembagian "door prize".
Rombongan diatas panggung di Pujon
Setelah selesai acara di Timpah pada Jum'at sore, rombongan berangkat ke Pujon. Sesampainya mereka di Pujon, juga disambut dengan kegiatan potong pantan. Setelah itu rombongan menaiki panggung yang disediakan. Setelah memberikan sambutan, rombongan didaulat untuk menyanyi.
Bupati Kapuas memberi sambutan di Jangkang
Pada hari Sabtu pagi, romobngan berangkat ke Jangkang, Kecamatan Pasak Talawang. Sesampainya rombongan di Jangkang, dilakukan peresmian kantor kecamatan yang baru.

Rombongan bupati juga diiringi oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Kapuas. Disetiap kecamatan, TP-PKK kabupaten menyerahkan bantuan kepada TP-PKK Kecamatan berupa oven dan baking pan. 

Isra' Mi'raj di Graha Inti Jaya

Peserta peringatan Isra' Mi'raj di Graha Inti Jaya
Pada hari Minggu, 16 Juni 2013 bertempat di Masjid Nurul Jannah, PT. Graha Inti Jaya Kebun Manusup, diselenggarakan kegiatan peringatan Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1434 H. Kegiatan ini diselenggarakan oleh panitia masjid dengan bantuan dana dari perusahaan dan donatur. Pesertanya adalah para karyawan PT. Graha Inti Jaya mulai dari manager sampai pemetik buah sawit. Kegiatan ini diawali dengan penampilan Maulid Habsyi dari Remaja Masjid Al-Furqon Pulang Pisau. Setelah itu dilanjutkan dengan sambutan dari ketua panitia dan manajemen. Kemudian acara ceramah disampaikan oleh Bapak Fajar yang mengajak para orang tua untuk menjadi teladan bagi anak sehingga mereka terbiasa shalat berjama'ah di masjid.

Sabtu, 15 Juni 2013

Kunjungan Konsultan WHO ke Kapuas

Kunjungan di Puskesmas Selat
Pada hari Rabu-Kamis, 12-13 Juni 2013, seorang konsultan WHO bersama dua orang pendamping dari Kementerian Kesehatan berkunjung ke Kapuas. Mereka ingin melihat perkembangan program imunisasi di Kabupaten Kapuas. Mereka mengunjungi beberapa puskesmas dan rumah sakit. Mereka juga berkunjung ke dokter spesialis anak untuk melihat imunisasi apa saja yang diberikan oleh dokter tersebut kepada pasiennya. Mereka juga melihat kegiatan imunisasi yang dilaksanakan di posyandu. Kunjungan ini mendapatkan bahwa program imunisasi di Kabupaten Kapuas perlu lebih ditingkatkan lagi.

Kamis, 13 Juni 2013

Donor Darah di Bank Mandiri dan STAI

Donor Darah di Bank Mandiri (Courtesy of PMI Kabupaten Kapuas)
Pada hari Rabu, 12 Juni 2013, Bank Mandiri Cabang Kapuas menyelenggarakan kegiatan donor darah. Kegiatan setiap tiga bulanan ini sudah berlangsung sejak tahun lalu. Kegiatan donor darah ini diikuti oleh pimpinan dan staf Bank Mandiri. Petugas Unit Transfusi Darah RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo yang melakukan pengambilan darah.
Donor Darah di STAI (Courtesy of PMI Kabupaten Kapuas)
Pada sore harinya, diadakan kegiatan donor darah di Sekolah Tinggi Agama Islam Kapuas. Kegiatan ini didahului oleh penyuluhan yang disampaikan oleh Bapak H. Agung Suyatno. Setelah mendapatkan motivasi, barulah para mahasiswa menyumbangkan darahnya. Dari Bank Mandiri terkumpul sebanyak 23 kantong darah dan dari STAI terkumpul 21 kantong darah !

Rabu, 12 Juni 2013

Pelatihan Proses Asuhan Gizi Terstandar

Pada hari Rabu-Jum'at, 12-14 Juni 2013 bertempat di aula Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kapuas diselenggarakan Pelatihan Proses Asuhan Gizi Terstandar. Pelatihan ini diselenggarakan oleh DPC Persagi Kabupaten Kapuas.

Narasumber dalam pertemuan ini adalah Ibu Miranti Gutawa, M.Si dan dr. Julistio, Sp.A(K) dari RS Hasan Sadikin, Bandung. Kedua narasumber ini adalah penulis buku tentang Proses Asuhan GIzi Terstandar. Kegiatan ini diikuti oleh tenaga gizi rumah sakit se-Kalimantan Tengah.

Selasa, 11 Juni 2013

Kapuas Juara Umum Lomba Pembuatan Materi Pelajaran Muatan Lokal

Foto bersama peserta lomba (Courtesy of Dedy Mathias)
Bulan lalu, Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas mengirimkan para guru untuk mengikuti Lomba Pembuatan Materi Pelajaran Muatan Lokal TK, RA, SD, MI, SMP, MTsN dan SMA, MA, SMK Tahun 2013 di Palangka Raya. Menurut keterangan Bapak Mulyadi, Kabid PSNP Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas, perwakilan Kapuas meraih prestasi sebagai Juara Umum dengan rincian sebagai berikut:

  • Agon, M.Pd, SMAN 2 Kuala Kapuas - Juara Satu tingkat SMA
  • Dedi Harison, S.Pd, SMAN 2 Kuala Kapuas - Juara Dua tingkat SMA
  • Dewi, S.Pd, SMPN 1 Selat - Juara Satu tingkat SMP
  • Rulesi, S.Pd, SMPN 7 Selat - Juara Tiga tingkat SMP
Sumber: Grup Facebook Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas

Pelaksanaan Uji Kompetensi Guru (UKG) di SMKN 3 Kuala Kapuas

Kunjungan Kepala Dinas Pendidikan di SMKN 3 Kuala Kapuas (Courtesy of Yulian Al Farezi)
Pada hari Senin, 10 Juni 2013, kegiatan Uji Kompetensi Guru (UKG) Online dimulai di Kabupaten Kapuas. Kegiatan yang dilaksanakan di SMKN 3 Kuala Kapuas mendapat kunjungan dari Kepala Dinas dan Kepala Bidang PSNP Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas. Menurut keterangan Bapak Sahman, kegiatan di SMKN 3 Kuala Kapuas berjalan lancar, semoga data yang sudah diisi secara online ini dapat diterima dengan baik di server Kementerian Pendidikan. 

Kampanye Tidak Merokok di Rumah Sakit

Unit Promosi Kesehatan BLUD RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo mengeluarkan poster kecil yang mengajak masyarakat dan petugas di lingkungan rumah sakit untuk Jangan Merokok. Hal ini merupakan tindak lanjut dari Instruksi Bupati Kapuas yang mengajak seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk menghimbau seluruh stafnya untuk tidak merokok. Bila mereka tetap merokok maka ditegur sesuai dengan prosedur yang ada.

Minggu, 09 Juni 2013

Informasi Kapuas (Jilid 9) - Edisi Ultah ke-3



Edisi ini merupakan edisi yang paling sedikit jumlah halamannya. Hal ini dikarenakan karena sedikitnya liputan yang dilakukan dibandingkan dengan masa lalu. Diharapkan pada masa mendatang, liputan dapat dilakukan secara lebih variatif dan rutin.

Sosialisasi Uji Kompetensi Guru 2013

Peserta Sosialisasi UKG 2013 (Courtesyof Mulyadi)
Pada hari Sabtu-Minggu, 8-9 Juni 2013 bertempat di aula Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas, diselenggarakan kegiatan Sosialisasi Uji Kompetensi Guru (UKG) 2013 Menuju Calon Guru Sertifikasi dan Pemetaan Untuk Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh perwakilan guru dari seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Kapuas. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai persiapan menghadapi UKG pada tanggal 10-12 Juni 2013.

Sabtu, 08 Juni 2013

Blaganjur Siswa SMPN 1 Basarang, Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah



Blaganjur adalah gamelan khas Bali yang biasa digunakan dalam acara keagamaan Hindu. Video diatas diunggah oleh Kang Surya di YouTube pada tanggal 26 Mei 2013.

Jumat, 07 Juni 2013

Informasi Kapuas Dalam Angka 2013

10 Juni 2010 - 10 Juni 2013

Tulisan ini sebenarnya dipersiapkan untuk melihat kemajuan yang sudah dicapai oleh Informasi Kapuas selama lima tahun ini. Saat ini Informasi Kapuas sudah berada pada beberapa media sosial. Jadi jumlah tayang sebenarnya juga harus dijumlahkan dengan jumlah tayang yang ada di media sosial.

Pertemuan Pengelola Kesehatan Rujukan Puskesmas

dr. Hj. Ani Handaningroem, Kadinkes (kiri) memberi sambutan
Pada hari Selasa, 4 Juni 2013 bertempat di aula Hotel Al-Madani berlangsung Pertemuan Pengelola Kesehatan Rujukan Puskesmas se-Kabupaten Kapuas Tahun 2013. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Seksi Kesehatan Rujukan, Bidang Pelayanan Kesehatan, Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas.

Rujukan kesehatan dipengaruhi oleh berbagai macam hal seperti ketersediaan dana, personil dan alat transportasi yang akan digunakan. Pertemuan ini menyepakati perlunya perbaikan dalam rujukan dari puskesmas ke rumah sakit. Puskesmas diharapkan bisa menyediakan surat rujukan dengan keterangan yang lengkap bagi setiap pasien yang dirujuk ke puskesmas. Sedangkan rumah sakit juga diharapkan untuk bisa membuat rujukan balik kepada puskesmas sehingga pasien yang dapat ditangani oleh puskesmas tidak perlu dirujuk kembali ke rumah sakit.

Rabu, 05 Juni 2013

Peringatan Isra' Mi'raj Langgar Al-Inayah

Pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur'an
Peringatan Isra' Mi'raj Langgar Al-Inayah, Jl. Kapten Pierre Tendean Gg. IXa, Kuala Kapuas dilaksanakan pada hari Rabu, 5 Juni 2013. Kegiatan ini diawali dengan Pembacaan Syair Maulid oleh Kelompok Maulid Habsy Masjid Nurul Iman.

Ceramah disampaikan oleh Guru H, Farhani. Beliau menyampaikan bahwa majelis zikir dan majelis ilmu adalah kebun surga di dunia.

Saat Rasulullah menceritakan kisah Isra' Mi'raj kepada orang Quraisy mereka ada yang semakin bertambah keimanannya (seperti Abu Bakar); ada yang kembali kafir (Muth'I'm bin 'Adi).

Ahlu Sunnah meyakini bahwa beliau Isra' Mi'raj dengan fisik. Kalau mimpi tentu tidak merupakan mu'jizat. Allah ingin memperlihatkan sebagian tanda-tanda kekuasaan Allah. Ketika bertemu Allah, beliau diperintahkan untuk shalat lima waktu.

Saat Rasulullah menerima pertanyaan tentang masjid Al-Aqsha malaikat langsung menampakkan masjid tersebut kepada beliau sehingga beliau bisa menggambarkan masjid sesuai dengan jelas. Meskipun demikian masih banyak yang tidak percaya kepada beliau.

Beliau juga menjalani pembedahan hati dan dibersihkan dengan air zam-zam. Pembersihan ini mengajarkan kepada umatnya untuk senantiasa menjaga kebersihan hati. Bila hati kotor maka aktivitas juga buruk. Kita membersihkan hati dengan zikir.

Rapat Dengar Pendapat Dengan Kelompok Kerja Kepala Madrasah Aliyah Kabupaten Kapuas

Pada hari Selasa, 4 Juni 2013 bertempat di Gedung DPRD Kabupaten Kapuas diselenggarakan kegiatan Rapat Dengar Pendapat dengan Kelompok Kerja Kepala Madrasah Aliyah Kabupaten Kapuas. Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Ketua dan Wakil Ketua DPRD serta gabungan Komisi DPRD. Pihak eksekutif dipimpin oleh Asisten I, diikuti oleh beberapa kepala bagian di Sekretariat Daerah, kepala dinas dan beberapa kepala bidang, kepala UPTD Dinas Pendidikan, kepala kantor kementerian agama dan kasi pendidikan madrasah.

Pertemuan ini mengakomodir permintaan dari Kelompok Kerja Kepala Madrasah Aliyah Kabupaten Kapuas, yaitu:

  1. Peraturan Bupati Nomor 188 Tahun 2012 tentang BOSDA harus direvisi dan BOSDA harus tetap ada walau pemerintah pusat menganggarkan BOS.
  2. Pemerintah Kabupaten harus menganggarkan Insentif Tunjangan Fungsional Guru Non PNS dari TK sampai SLTA sebagai kepedulian Pemerintah Kabupaten terhadap guru non-PNS.
  3. Pemerintah Kabupaten Kapuas harus menganggarkan bantuan sarana prasarana untuk Madrasah Aliyah mulai tahun 2014.
  4. Pemerintah Kabupaten Kapuas harus memberikan beasiswa miskin berprestasi untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. 
Sumber: Suhardi MA (posting di grup Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas).

Senin, 03 Juni 2013

YouTube Menjadi Wajah Aktualisasi Diri Pelajar Kapuas



Dalam satu tahun terakhir ini, YouTube sudah menjadi wadah aktualisasi diri bagi pelajar di Kabupaten Kapuas. Hal ini ditunjukkan dengan makin banyaknya video yang menggambarkan bagaimana para pelajar mengekspresikan dirinya di YouTube. Ada yang melakukan "lipsing", ada yang membuat kreasi "Harlem Shake" berdasarkan versi mereka masing-masing, ada yang menirukan gaya dari penyanyi idola mereka dan lain-lain. Kreativitas di dunia maya ini, perlu dibuatkan wadahnya di dunia nyata. Mudah-mudahan hal ini dapat di apresiasi oleh Pemerintah Kabupaten Kapuas.

Panen Karet Di Depan Rumah

Getah karet yang terdapat di depan rumah
Sejak delapan tahun yang lalu, desa-desa di Lamunti sudah mulai menanam karet. Kegiatan ini adalah salah satu program pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh salah satu proyek di daerah lahan gambut ini. Saat ini program ini sudah menampakkan hasilnya. Masyarakat sudah bisa panen karet, bahkan karet yang di tanam di depan rumah mereka pun sudah bisa diproduksi. Karena naik turunnya harga karet, masyarakat selain menanam karet juga menanam sawit di lahan mereka. Masyarakat di Lamunti II B1 ini ikut menjadi plasma dari PT. GAL.

Minggu, 02 Juni 2013

Hak Allah Atas Hamba



Oleh : Ustadz Suriani Jiddy, Lc

Hak Allah atas hamba adalah:
  1. Ibadah
  2. Tidak syirik kepada-Nya

Ini adalah misi seluruh Nabi dan Rasul yang pernah diutus Allah kepada manusia di muka bumi. Semua mereka membawa risalah / ajaran yang sama yaitu sembahlah Allah dan jauhilah thaghut. Ini juga dijelaskan Allah dalam Surat Al-Baqarah, 2 : 256 – Barangsiapa yang kufur kepada thaghut dan beriman kepada Allah sesungguhnya dia telah berpegang kepada buhul yang kuat.

Dalam surat Jin Allah berfirman – ada sekelompok orang meminta bantuan kepada sekelompok jin maka jin tersebut menambah kedurhakaan (72: 6)

Manusia tidak cukup beribadah kepada Allah SWT, tetapi kemudian manusia masih melakukan hal-hal yang bertentangan dengan nilai-nilai tauhid. Sebagaimana makna kalimat tauhid ada dua bagian:
  1.  Nafi – meniadakan sembahan selain Allah SWT. Yang kita tiadakan bukanlah eksistensinya akan tetapi kebenarannya. Sebab kita tidak mungkin meniadakan sesuatu yang ada. Orang Majusi menyembah api, Sinto menyembah matahari, orang-orang musyrik menyembah patung tidak bisa kita nafikan. Yang kita tiadakan adalah kebenarannya. Tidak ada Tuhan yang hak yang berhak disembah selain Allah.
  2.  Itsbat – setelah kita nafikan, kemudian kita tetapkan yang hak yaitu Allah SWT.

Pada faktanya, tidak sedikit orang yang hanya melaksanakan ibadah tapi belum memenuhi hak Allah yang lain. Allah menegaskan dalam surat Yusuf, 12: 106 – tidaklah sebagian besar mereka beriman kepada Allah melainkan mereka syirik. Ini terjadi karena mereka tidak tahu hak Allah yang harus mereka tunaikan.

Sabtu, 01 Juni 2013

Serasa Di Surga Saat Dibius

Kemarin sore, admin beserta istri mengunjungi salah seorang teman di rumah sakit yang baru saja melahirkan dengan operasi Sectio Caesaria (Sesar). Dia bercerita bahwa sebelum operasi hatinya merasa galau, namun ketika diajak suaminya untuk shalat di masjid, hatinya mulai teman. Salah satu teman di tempat kerjanya memberikan nasehat agar dia ikhlas dalam menjalani operasi tersebut. Sejak saat itu dia berusaha mempersiapkan diri menghadapi operasi. Membereskan berbagai hal yang membuatnya tidak ikhlas menghadapi operasi. Bahkan ketika berpamitan kepada anaknya, anaknya sampai berkomentar, kalau begini, ummi jangan punya adek lagi !

Saat memasuki kamar operasi, hatinya merasa tenang, apalagi ada diantara kru ruang operasi yang dikenalnya. Setelah dibius dia merasa memasuki sebuah taman yang indah. Di taman tersebut dia disambut oleh temannya yang sudah meninggal. Teman tersebut memanggilnya, namun dia tidak menghiraukan panggilan tersebut karena begitu terpana dengan indahnya taman tersebut. Keindahan taman tersebut membuatnya tidak merasa bahwa dia sedang menjalani operasi. Bahkan setelah bangun pun dia masih menyebut-nyebut nama teman yang ditemuinya saat dibius.

Pengalaman ini sangat berbeda dengan orang-orang yang memasuki ruang operasi dengan penuh kekhawatiran. Banyak orang yang operasinya gagal karena kondisinya tidak siap, misalnya tekanan darahnya tiba-tiba meningkat karena khawatir menghadapi apa yang akan terjadi. Bahkan kecemasan menghadapi operasi ini terkadang memerlukan bimbingan rohani untuk menenangkannya.

Jungle Aviator: From the Logbook...Kuala Kapuas

Jungle Aviator: From the Logbook...Kuala Kapuas:

Tautan diatas berisi kisah seorang pilot dari Mission Aviation Fellowship (MAF) yang membawa Bupati Murung Raya (Willy M. Yoseph) ke Kuala Kapuas. Dia mendarat di Sungai Kapuas Murung dan dikunjungi oleh beberapa klotok dan jukung yang merasa aneh dengan kehadirannya.