Ketersediaan Darah di UTD-RS

Stok darah per 24 Agustus 2014:

A = 7; B = 12, O = 1, AB = 3

Sumber: Debi (UTD RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo)

Selasa, 12 Oktober 2010

Sejarah Singkat Mandomai

Oleh : Norharliansyah*

Kecamatan Kapuas Barat (Mandomai) terletak di daerah pesisir bantaran sungai Kapuas, di masa lalu Mandomai ini bernama Tacang Tanggoehan sekitar abad ke-17, pada saat perang Kasintu pecah, orang-orang yang berada di daerah Tacang Tanggoehan pun mengungsi ke daerah Pulau Petak, sekitar tahun 1803-an mereka kembali lagi ke daerah Tacang Tanggoehan dan membangun dua buah rumah betang yang disebut “huma gantung”(rumah tinggi) atau “huma hai”(rumah besar) yang terletak di sebelah hulu sungai Mandomai. 


Sungai Mandomai

Desa-desa di Kabupaten Kapuas - Wikipedia

Daftar nama-nama desa dibawah ini diambil dari Wikipedia bahasa Indonesia. Unit Pemukiman Transmigrasi (UPT) sudah masuk dalam daftar ini sesuai dengan nama desa definitif-nya. Silahkan klik pada nama kecamatan atau desa untuk melihat keterangan lebih lanjut di Wikipedia bahasa Indonesia.

KECAMATAN BASARANG

Video Panduan Perjalanan Haji 16 : Pemulangan Jamaah Haji Menuju Tanah Air

Senin, 11 Oktober 2010

Musyawarah Wilayah ke-7 Muhammadiyah dan Aisyiyah Kalimantan Tengah di Kuala Kapuas

Pada tanggal 15-17 Oktober 2010 bertempat di Perguruan Muhammadiyah, Jl. Barito, Kuala Kapuas akan diselenggarakan kegiatan Musyawarah Wilayah ke-7 Muhammadiyah dan Aisyiyah Kalimantan Tengah. Kegiatan ini akan diikuti oleh seluruh pengurus cabang Muhammadiyah di Kalimantan Tengah, kurang lebih sebanyak 165 orang tamu. Penginapan dan kegiatan akan di pusatkan di Perguruan Muhammadiyah.

Insya Allah pada tanggal 15 Oktober 2010 akan diselenggarakan pawai dengan rute dari Bukit Ngalangkang dan berakhir di Perguruan Muhammadiyah.

Penghijauan dalam rangka HUT Pramuka dan PMI - YouTube



Para anggota PMR dan KSR sedang melakukan penanaman pohon pinang di Jalan Jepang, Pulau Telo pada hari Minggu, 10 Oktober 2010.

Minggu, 10 Oktober 2010

Menambang emas di Kapuas

Gold washer near Kwala Kapuas
Kegiatan menambang emas sudah sejak dulu dilakukan oleh masyarakat di Kapuas. Gambar diatas yang diambil oleh Bär, Gottlob (Mr) pada tahun 1932, menunjukkan bahwa sejak dulu Kapuas memang cukup dikenal dengan emasnya. Sampai sekarang pun kegiatan penambangan emas masih berlangsung. Namun masyarakat yang mencari emas makin menuju ke daerah hulu. Diantara efek negatif dari penambangan emas ini adalah masuknya air raksa ke air sungai, sungai menjadi keruh, terjadi pendangkalan beberapa bagian sungai karena pemindahan tanah atau pasir ke bagian lain dari sungai yang disedot.


Washing for gold
Washing for gold in the river

Dalil Shalat Hajat

أَخْبَرَنَا قُتَيْبَةُ قَالَ حَدَّثَنَا عَبْثَرٌ عَنْ الْأَعْمَشِ عَنْ أَبِي إِسْحَقَ عَنْ أَبِي الْأَحْوَصِ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ
عَلَّمَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ التَّشَهُّدَ فِي الصَّلَاةِ وَالتَّشَهُّدَ فِي الْحَاجَةِ قَالَ التَّشَهُّدُ فِي الْحَاجَةِ أَنْ الْحَمْدُ لِلَّهِ نَسْتَعِينُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا مَنْ يَهْدِهِ اللَّهُ فَلَا مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ اللَّهُ فَلَا هَادِيَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ وَيَقْرَأُ ثَلَاثَ آيَاتٍ

Telah mengabarkan kepada kami [Qutaibah], ia berkata; telah menceritakan kepada kami ['Abtsar] dari [Al A'masy] dari [Abu Ishaq] dari [Al Ahwash] dari [Abdullah], ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam mengajarkan kepada kami tasyahud ketika shalat dan tasyahud ketika memilki hajat. Beliau bersabda: "Tasyahud ketika memiliki hajat adalah: AL HAMDULILLAAH NASTA'IINUHU WA NASTAGHFIRUHU, WA NA'UUDZU BILLAAHI MIN SYURUURI ANFUSINAA, MAN YAHDIHILLAAHU FALAA MUDHILLA LAHU WA MAN YUDHLILILLAAHU FALAA HAADIYA LAH, WA ASYHADU AN LAA ILAAHA ILLALLAAHU WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAN 'ABDUHU WA RASUULUHU." Dan beliau membaca tiga ayat. (Sunan Nasa'i No. 3225)

Shalat hajat menjelang berangkat haji

Hari-hari menjelang keberangkatan haji diwarnai dengan banyaknya undangan untuk menghadiri shalat hajat dan syukuran. Para calon jama'ah haji mengundang teman-teman, saudara, keluarga, handai taulan dalam rangka untuk menjalin silaturahmi dan memohon maaf bila mereka memiliki kesalahan kepada para undangan. Undangan shalat hajat biasanya dimulai pada waktu shalat Maghrib. Setelah shalat sunnat ba'diyah Maghrib dilakukan Shalat Hajat yang dilakukan dengan dua rakaat satu salam. Setelah itu dilanjutkan dengan pembacaan surat Yasin, Surat Al Waqi'ah, Surat Al Mulk, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan shalawat. Menjelang shalat Isya dibacakan do'a untuk calon jama'ah haji dan bagi seluruh kaum muslimin. Setelah shalat Isya, kegiatan diakhiri dengan makan malam bersama.

Untuk tatacara shalat hajat dapat merujuk pada artikel yang dimuat di Eramuslim.

Video Panduan Perjalanan Haji 15 : Mabit di Muzdalifah, Mengambil Batu Kerikil, Serta Melontar Jumrah di Mina

Penghijauan dalam rangka HUT Pramuka dan PMI

Pramuka penegak sedang menanam pohon pinang
Pada hari Minggu, 10 Oktober 2010 pukul 06.00 - 08.00 WIB bertempat di Jalan Jepang, Pulau Telo, sekitar rumah jabatan Sekretaris Daerah Pemda Kapuas diselenggarakan kegiatan penghijauan. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan HUT PMI ke-65 dan HUT Pramuka ke-49. Sejak pagi para peserta Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) PMI dan peserta Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) Pramuka menanam pohon pinang pada lubang-lubang yang sudah disediakan. Penanaman pohon dilangsungkan dari bundaran besar sampai ke terminal di Jalan Jepang. Selain diikuti oleh Palang Merah Remaja dan Pramuka, kegiatan ini juga diikuti oleh staf dari Badan Lingkungan Hidup, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Perhubungan, dan Polisi Pamong Praja.

Sabtu, 09 Oktober 2010

Karnaval dalam rangka HUT Pramuka ke-49

Peserta karnaval dengan pakaian adat Dayak
Dalam rangka memperingati HUT Pramuka yang ke-49, Kwartir Cabang Kapuas menyelenggarakan kegiatan karnaval yang diikuti oleh pramuka siaga, penggalang, penegak dari berbagai wilayah di Kabupaten Kapuas. Karnaval di dimulai dan berakhir di Stadion Panunjung Tarung pada sore hari Sabtu, 9 Oktober 2010, mulai pukul 15.00 - 16.00 WIB.

Berikut ini adalah utusan dari berbagai sekolah:

Wartel Tiara (tidak seperti namanya)

Tidak seperti namanya, toko yang dikelola oleh Ust. Suriani Jiddy, Lc ini menyediakan berbagai macam layanan yang meliputi:
  1. Facsimile
  2. Photocopy
  3. Laminating
  4. Pengetikan dan ATK
  5. Laundry
  6. Jilbab Rabbany
  7. Mushaf Qur'an / Tarjamah
  8. Kaset, VCD Islami, Murottal
  9. Buku / Kitab / Majalah Islam
  10. Perlengkapan Muslim
  11. Madu dan Herbal
  12. Air Zamzam dan Minyak Zaitun
  13. Warnet (3 komputer)
Toko ini beralamat di Jl. Tambun Bungai No. 28. Dapat dihubungi dengan nomor telepon (0513) 25095, Handphone 08125012358.

Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) PMI Kabupaten Kapuas Tahun 2010

Spanduk ucapan selamat datang di Stadion Panunjung Tarung
Dalam rangkaian Peringatan HUT Palang Merah Indonesia ke-65, PMI Kabupaten Kapuas menyelenggarakan kegiatan Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) yang diikuti oleh beberapa sekolah di sekitar Kuala Kapuas. Kegiatan ini bertempat di Stadion Panunjung Tarung. Kegiatan dilaksanakan pada hari Kamis - Minggu, 7-10 Oktober 2010. Beberapa kegiatan dalam Jumbara ini diantaranya adalah: perkemahan, pembekalan peserta dengan materi-materi kepalang merahan, pembuatan tandu, pertolongan pertama, sejarah palang merah, lomba ketrampilan kepalang merahan, hiking, dan penghijauan.



Pada malam Sabtu, mengingat hujan turun tiada henti, pemberian materi sejarah palang merah dilakukan di Aula RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo

Program Pelatihan Da'i (GRATIS !!!)

Video Panduan Perjalanan Haji 14 : Angkutan Jamaah Haji dan Taraddudi

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia (AGAM - AJAK)

AGAM, nama perempuan
AGAMA, agama
AGAP, nama laki-laki
AGAS, kerumunan orang banyak
AGAU, dagau, nama laki-laki
AGOI, berkelanjutan tetapi lambat
AH, sebuah respon, terutama untuk menyatakan "tidak"
AHAI, diabaikan, hancur oleh kelalaian, sangat lezat
AHAL, ahar, membawa efek rasa bersalah, konsekuensinya tidak bahagia
AHAP, nama laki-laki
AHAR, berurutan, satu demi satu
AHAR, jenis, varietas
AHAS, tumbuhan merambat yang berbentuk seperti tabung, berukuran tebal satu inchi yang memiliki bunga berwarna merah dan buah merah yang pahit, yang biasanya digunakan untuk mengikat rotan, terutama untuk mengikat di dalam air karena ia lebih baik mentoleransi air dibandingkan dengan rotan basah, tidak mudah membusuk.
AHAT, andau ahat, hari Minggu
AHAU, kail, mata tombak, mata panah
AHEM, sejenis binatang, seperti biawak yang dapat memanjat pohon, panjangnya 6 kaki, berwarna putih kotor, tubuhnya diselimuti oleh sisik, yang bisa diangkat, membawa segerombolan lalat diantara mereka, kemudian sisik tersebut menutup secara mengejutkan, membunuh dan kemudian memakan lalat tersebut.
AHER, sebab, alasan (untuk sengketa, nasib buruk)
AHOI, (bahasa Sang. = lajang) hilang
AHUT, nama laki-laki
AI, sendiri, dia
AJAH, (bahasa Sang. = madja) datang berkunjung
AJAK, suksesi, urutan (seseorang yang sudah pergi)


Sumber: 
Hardeland, A. (1859) Dajacksch-Deutsches Wörterbuch, Amsterdam: Frederik Muller Amsterdam (on behalf and for cost of Nederland Bijbel Genootschap)

Jumat, 08 Oktober 2010

Peringatan HUT PMI ke-65 dan HUT Pramuka ke-49

Pembaca Pembukaan UUD '45, Dasa Darma Pramuka dan 7 Prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional
Pada hari Jum'at, 8 Oktober 2010 pukul 08.30 - 09.15, bertempat di Lapangan Panunjung Tarung, Kuala Kapuas, diselenggarakan Upacara Peringatan HUT PMI ke-65 dan HUT Pramuka ke-49. Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan pramuka dan palang merah remaja dari berbagai sekolah. Paduan suara dari upacara ini berasal dari gabungan beberapa sekolah.
Paduan Suara gabungan dari beberapa sekolah peserta upacara
Upacara dipimpin oleh Bapak Bupati Kapuas yang merupakan pembina bagi PMI dan Pramuka. Beliau juga membacakan naskah sambutan untuk HUT PMI dan Pramuka. Selain itu dalam acara ini juga dilakukan pelantikan untuk pengurus Kwarcab Kapuas oleh Bupati.

Menelusuri Jl. Kapuas Seberang II, Kecamatan Kapuas Hilir

Bidan Kampung

Heathen midwife from Kwala Kapuas
Sosok bidang kampung (dukun melahirkan) sudah dikenal sejak dulu. Mereka sangat berperan dalam membantu persalinan. Sampai sekarang peran mereka masih belum bisa sepenuhnya digantikan mengingat banyak sekali hal-hal yang belum tergantikan oleh keberadaan bidan desa. Diantara hal-hal yang dapat dilakukan oleh bidan kampung, namun tidak semuanya dapat dilakukan oleh bidan desan (hal ini umumnya berlangsung di desa-desa terpencil):

  1. Mengurut badan ibu yang baru melahirkan
  2. Mencucikan tapih yang digunakan oleh ibu yang sedang nifas
  3. Merawat bayi yang baru lahir dirumah pasien
  4. Menerima bayaran dalam bentuk beras atau tapih
  5. Merawat pasien di rumah selama hari-hari pertama persalinan
Suasana kekeluargaan yang dapat ditunjukkan oleh bidan kampung ini, merupakan salah satu faktor yang membuat tidak sepenuhnya peran mereka belum dapat digantikan oleh bidan desa.

Video Panduan Perjalanan Haji 13 : Wukuf di Arafah

Studi Banding dari RSUD Seruyan

Dr. H. Bawa Budi Raharja (direktur RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo) menyampaikan profil singkat rumah sakit
Pada hari Kamis, 7 Oktober 2010 bertempat di aula RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo di selenggarakan penyambutan rombongan studi banding dari RSUD Seruyan. Rombongan yang berjumlah 4 orang ini terdiri dari Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Kepala Seksi Pelayanan Medik, Kepala Seksi Keperawatan dan Kepala Instalasi Gawat Darurat.

Tiga hari sebelumnya, RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo sudah mengirimkan bahan-bahan yang diminta oleh RSUD Seruyan dalam bentuk lampiran dalam surat elektronik. Jadi kunjungan kali ini lebih kepada mendapatkan penjelasan lebih lanjut tentang bahan yang sudah diterima tersebut, sehingga kunjungan ini bisa lebih efektif. Kunjungan ini berlangsung kurang lebih selama 3 jam.

Setelah mengunjungi semua bagian, bidang dan instalasi yang mereka perlukan, rombongan dari RSUD Seruyan merasa sudah cukup. Beberapa materi yang belum dimiliki akan dikirimkan melalui surat elektronik. Siang hari itu juga dilakukan kegiatan penutupan studi banding, dengan saling tukar cendera mata.

Senin, 04 Oktober 2010

Donor darah dalam rangka HUT TNI dan PMI ke-65

Seorang anggota TNI sedang mendonorkan darahnya di UTD-RS
Pada hari Senin, 4 Oktober 2010 pukul 08.00 - 09.00 WIB bertempat di Unit Transfusi Darah RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo (UTD-RS), para anggota dari Kodim 1011/KLK melakukan kegiatan donor darah dalam rangka hari Juang Kartika 2010. Kegiatan ini merupakan kerjasama dengan PMI Kabupaten Kapuas dalam rangka HUT PMI ke-65.

Mulai dari pimpinan sampai ibu-ibu Persit Kartika Candra Kirana juga menyumbangkan darah mereka. Jumlah donor mencapai sekitar 25 orang. Setelah memberikan darah mereka, para pendonor mendapatkan "service donor" yang disediakan oleh UTD-RS.

Antara Singapura dan Kapuas

(diangkat dari Kisah Nyata, semua nama dan tempat disamarkan untuk menjaga kerahasiaan pelaku)

Kisah ini diawali dari surat elektronik (email) yang dikirim oleh seseorang dengan nama saramaran "cahaya kebenaran" ke kotak surat admin di YouTube. Pada awal-nya email tersebut menanyakan tentang bagaimana caranya menuju ke Kuala Kapuas dari Banjarmasin dengan cara yang aman dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk perjalanan tersebut.

Setelah dijawab, "cahaya kebenaran" kembali bertanya berapa biaya yang diperlukan untuk mencapai Kapuas. Dia baru menyatakan bahwa dia ingin berkunjung ke Desa Bunga Mawar yang ada di Kecamatan Pulau Petak (bukan lokasi sebenarnya - ed).

Setelah dijawab, "cahaya kebenaran" kembali bertanya tentang hotel di Kapuas, berapa tarifnya per malam, apakah tersedia makanan halal? Dia juga menanyakan apakah ada taksi ke desa Bunga Mawar dari Kuala Kapuas dan berapa biayanya.

Setelah dijawab, "cahaya kebenaran" kembali bertanya tentang apakah admin mengenal seseorang yang "mengetahui banyak" tentang Desa Bunga Mawar. Dia juga menanyakan bagaimana kehidupan masyarakat Muslim di desa tersebut, apa pekerjaan yang mereka miliki. Dia juga menanyakan pendapat Admin tentang Pangeran Antasari, hubungannya dengan keturunan Arab dan Rasulullah serta sahabat.

Minggu, 03 Oktober 2010

Thesaurus craniorum



Beberapa bagian buku ini menggambarkan mengenai berbagai tengkorak orang Dayak Borneo yang ditemukan di berbagai tempat di Borneo. Tulisan tentang tengkorak Borneo ini dapat ditemukan pada halaman 289-299:

Video Panduan Perjalanan Haji 12 : Pengembalian Sisa Uang Pemondokan di Makkah dan Madinah

Berbincang-bincang dengan Bapak Elgin Sawal (Kades Sei Tatas)

Menurut kepala desa yang terpilih pada tahun 2008, mayoritas penduduk Sei Tatas bertani. Mereka menanam padi. Bahkan sebagian orang dari Hampatung (Kecamatan Kapuas Hilir) memiliki lahan pertanian di Sei Tatas. Mengingat panen padi di sini cuma sekali setahun, banyak masyarakat yang tidak memiliki aktivitas di sela-sela waktu panen tersebut. Bila musim tanam dan musim panen tiba, desa akan sangat sepi, karena rata-rata orang akan pergi ke sawah (perbincangan dengan Ibu Kades).

Sangat sedikit sekali diantara masyarakat yang menganyam rotan, mengingat upahnya sangat kecil. Untuk satu jalur anyaman saja, mereka cuma diupah enam ribu rupiah saja, sedangkan sehari mereka cuma bisa menyelesaikan tiga jalur saja.

Sei Tatas merupakan desa pertama di Kecamatan Pulau Petak. Dahulu, kalau mereka mau pergi ke pasar, maka mereka harus pergi ke pasar yang sekarang menjadi Komplek Pasar Danau Mare. Mereka akan berangkat dari Sei Tatas dari jam 04.00 WIB, kemudian mampir di jalan untuk memasak makanan. Pagi hari mereka sampai di pasar. Mereka ke pasar menggunakan jukung.

Pak Elgin juga menyinggung tentang Amuk Barasak, dimana ada satu keluarga yang saling berbunuhan. Itulah sebabnya ada daerah yang disebut Barasak.

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia (ADEN - AGAH)

ADEN, nama laki-laki
ADING, (bas. Mangkatip), adik
ADJAI, nama laki-laki
ADJAK, persuasi, bujukan, digerakkan oleh, berbicara dan tergoda
ADJAN, nama laki-laki
ADJAR, doktrin, pengajaran, hukuman.
ADJIK, mirip adjak, tapi dalam arti yang berkonotasi jahat, yaitu: pancingan, berasal dari turunan yang sama.
ADJIL, nama laki-laki
ADJING, nama laki-laki
ADJOK, yang dimasukkan, akan menikam; bujukan, sanjungan
ADJONG, (bas. Sang., = banama,) kapal, nama laki-laki
ADJU, ngadju, ke hulu
ADJUADJUR, meliputi
ADJUR, meleleh, lembek, cair
ADO, setelah berbicara
ADOH, Opini, pemikiran, pendapat, dugaan, mulia.
ADOL, nama laki-laki
ADUS, nama perempuan
AER, jambu dengan daging merah
AER mati, lumpur di tepi danau
AGAH, akan menjalankan, membawa, melakukan, beban, pencocokan.



Sumber: 
Hardeland, A. (1859) Dajacksch-Deutsches Wörterbuch, Amsterdam: Frederik Muller Amsterdam (on behalf and for cost of Nederland Bijbel Genootschap)

Profil Singkat Dr. Vischer (Direktur RS Hanggulan Sinta)


Nama lengkap beliau adalah Mattheus Carl Vischer. Dilahirkan di Basel (Swiss) 29 Agustus 1896. Profesi beliau adalah dokter (Dr. med). Beliau menikah dengan Betsy Mylius dan dikaruniai empat orang anak yaitu Marianne Vischer, Alfred Vischer, Bernhard Vischer dan Ruth Vischer.

Marianne & Alfred Vischer May 1932

Jumat, 01 Oktober 2010

Khutbah Jum'at di Masjid Bahrul Ilmi 1 Oktober 2010

Ketakwaan memerlukan sikap istiqamah agar manfaatnya bisa terus dirasakan selain Ramadhan. Kita patut berkaca kepada para sahabat, yang untuk memeluk Islam saja mereka harus mengorbankan harta dan jiwanya. Para wanita Palestina - pun, meskipun mereka dalam kondisi yang sangat sulit, tetap menegakkan perintah Allah dengan konsisten. Kita yang diberikan kebebasan untuk menjalankan agama, diharapkan bisa memiliki konsistensi yang lebih baik dalam menjalankan kewajiban dan hal-hal yang bersifat sunnah.



Untuk mendownload khutbah, silahkan meng-klik judul diatas.

Video Panduan Perjalanan Haji 11 : Pemondokan Haji di Arab Saudi

Pelebaran Jalan Pemuda

Pelebaran jalan di depan komplek SMKN 3 Kuala Kapuas
Pelebaran jalan Pemuda yang sudah direncanakan sejak dulu, sekarang dimulai. Mulai dari bundaran besar sampai ke Handil Tabalien, jalan sudah mulai dilebarkan. Pelebaran jalan ini juga memberikan efek samping yaitu rusaknya sebagian jalan yang dilewati oleh truk-truk pengangkut tanah untuk pelebaran. Selain itu, bila pengerjaan pelebaran dilakukan saat hujan, maka sebagian jalan akan menjadi becek dan licin. Mudah-mudahan kondisi ini dapat dimengerti oleh masyarakat, karena manfaatnya juga akan dirasakan oleh masyarakat pada masa yang akan datang.

Kondisi Asrama Siswa di SMKN 3 Memprihatinkan

Asrama putra di Komplek SMKN 3 Kuala Kapuas
SMKN 3 Kuala Kapuas sempat mengalami saat-saat kejayaan saat Kabupaten Kapuas mencanangkan diri sebagai kabupaten yang akan mewujudkan visi agrobisnis dan agropolitan. Ditambah dengan adanya proyek Lahan Gambut Satu Juta Hektar yang akan menjadikan padi sebagai primadona di Kabupaten Kapuas. Namun dengan gagalnya PLG 1 juta hektar dan makin berkurangnya peminat para pelajar untuk menempuh pendidikan di SMK, maka jumlah murid pun semakin berkurang. Sekolah yang pernah mendidik ratusan siswa ini sekarang dalam kondisi yang meng-hutan, mengingat luasnya lahan yang harus ditangani.

Kondisi asrama siswa pun turut mengalami penurunan. Sudah banyak plafon yang terkelupas, atap yang sudah tambal sulam, kondisi kamar mandi dan WC yang cukup memprihatinkan, ketersediaan air, semuanya membuat kondisi menjadi kurang nyaman untuk ditempati. Syukurlah yang tinggal di asrama umumnya berasal dari kalangan yang pernah merasakan "keras-nya" kehidupan, sehingga kondisi ini tidak mereka keluhkan. Mudah-mudahan pemerintah daerah bisa melirik sekolah yang diharapkan lulusannya dapat mewujudkan visi dan misi Kabupaten Kapuas yaitu:

"Bersama membangun ekonomi kerakyatan berbasis pada agribisnis dan agroindustri menuju Kapuas yang amanah (aman, maju, mandiri, sejahtera dan tangguh)"

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia (ABA - ADAS)


ABA, dorongan untuk perdamaian, campur tangan, membawa terpisah
ABA, ayah
ABAM, apam, kue bola kecil, tepung, gula dan ragi, ditaburi dengan kelapa parut (klepon).
ABAS, kuat, penuh semangat, bersemangat, rajin.
ABEABER, sangat mencolok, tidak biasa, sangat tinggi
ABIR, nama laki-laki
ABON, bulat, tempat sirih dari tembaga
ABU, nama laki-laki
ABUR, dihancurkan, hilang, binasa, marah, merusak, menghancurkan.
ABUS, seruan untuk berburu, misalnya digunakan dalam rangka untuk berburu babi
ADAI, menjemur di luar (misalnya mengeringkan baju yang basah, padi)
ADAS, banyak dalam kuantitas; (arti lain: sia-sia, hanya, tidak ada yang lain)



Sumber: 
Hardeland, A. (1859) Dajacksch-Deutsches Wörterbuch, Amsterdam: Frederik Muller Amsterdam (on behalf and for cost of Nederland Bijbel Genootschap)

Sunset on a jungle river in Kalimantan

Sunset on a jungle river in Kalimantan
Foto diatas tidak diketahui siapa yang membuatnya, tahun berapa dibuat, cuma dia merupakan bagian dari Arsip Basel Mission di Kalimantan. Foto diatas menggambarkan suasana matahari tenggalam di sungai di pedalaman hutan Kalimantan dimana ada orang yang menggunakan jukung dan klotok di sungai.

Kamis, 30 September 2010

Video Panduan Perjalanan Haji 10 : Miqat, Ihram, Thawaf, Sai dan Tahalul

Penggilingan Padi LM3 Ponpes Al-Amin

Penggilingan padi ini dibangun atas bantuan dari Departemen Pertanian melalui proyek Lembaga Mandiri Mengakar di Masyarakat (LM3). Bangunan ini didirikan tahun 2007. Tahun 2009 yang lalu, penggilingan ini mendapatkan bantuan dari Pemerintah Daerah Kapuas berupa pembangunan jembatan dan peninggian halaman dengan pasir putih.

Sebenarnya terdapat dua buah mesin pada penggilingan ini, namun karena kapasitas produksinya masih kecil, hanya 3-5 kwintal per hari, oleh karena itu cuma satu mesin saja yang digunakan. Kapasitas maksimalnya adalah sekitar 1 ton per hari, masih jauh dari ketentuan rekanan bagi Bulog yaitu 2 ton per hari. Keuntungan dari penggilingan padi ini dibagi untuk pondok pesantren, pekerja dan pemeliharaan mesin. Masalah dalam pengelolaan penggilingan saat ini adalah dari aspek permodalan.

Rumah dari Kulit Kayu di Badjoeh - Foto

Non-christian house on the upper Kapuas
Foto diatas diambil tahun 1932 oleh Dr. Vischer ketika beliau sedang melakukan perjalanan misi ke daerah hulu dari Sungai Kapuas. Foto diatas berdasarkan keterangan di foto-nya diambil di Desa Badjoeh, salah satu desa dari Kecamatan Kapuas Tengah. Foto dari tempat yang sama dapat kita lihat dibawah ini:

Village on the upper Kapuas. Houses built of bark (Badjoeh)

Kedua foto diatas diambil di desa yang sama (Badjoeh). Kesamaan lainnya adalah pada tingginya rumah untuk mengantisipasi datangnya banjir yang sering terjadi bila hujan sangat deras di musim hujan. Hal menarik lainnya adalah dinding rumah terbuat dari kulit kayu. Dan sebagaimana lazim-nya perumahan di pedalaman, mereka sama sekali tidak memiliki jendela, yang tersedia hanya pintu rumah saja. Atapnya pun terbuat dari daun rumbia. Biasanya tiang rumah terbuat dari Kayu Ulin (kayu besi). Daerah hulu, merupakan daerah yang berpasir.

Ta'lim di Pondok Pesantren Al-Amin Kapuas

Ust. Suriani Jiddy, Lc, setelah memberikan ta'lim di Ponpes Al-Amin
Setiap habis Maghrib sampai Isya di Pondok Pesantren Al-Amin Kapuas (Jl. Pemuda Km. 20) diselenggarakan kegiatan ta'lim. Kegiatan ini diisi oleh para pemateri diantaranya dari Ikatan Da'i Indonesia, para ulama yang ada di sekitar pondok pesantren. Kegiatan ini ditujukan untuk memperluas wawasan keislaman yang dimiliki oleh para santri.

Setelah kegiatan ta'lim ini, para santri biasanya berlatih untuk memberikan kultum (kuliah tujuh menit) di depan teman-temannya.

Seorang santri sedang memberikan kuliah tujuh menit (kultum)

Rabu, 29 September 2010

Video Panduan Perjalanan Haji 9 : Katering di Madinah

Donor darah dalam rangka HUT TNI dan PMI ke-65

Dalam rangka memperingati HUT TNI dan PMI ke-65, Komando Distrik Militer (Kodim) 1011/KLK bekerja sama dengan PMI Kabupaten Kapuas menyelenggarakan kegiatan donor darah yang insya Allah akan diadakan pada hari Senin, 4 Oktober 2010, bertempat di Unit Transfusi Darah (UTD), RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo. Bagi warga masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam kegiatan tersebut ditunggu di UTD-RS.

Kapuas Dalam Angka 2009


Buku elektronik ini berisi berbagai data tentang Kabupaten Kapuas pada tahun 2008. Data ini diperoleh dari situs Badan Pusat Statistik Kabupaten Kapuas. Untuk mendownload buku elektronik diatas, dapat meng-klik pada link berikut ini:

Kapuas Dalam Angka 2009.pdf

Data Pokok Pendidikan Kabupaten Kapuas Periode 2010-2011


Data pokok pendidikan Kabupaten Kapuas yang terletak di situs Kementerian Pendidikan Nasional ini belum "up-to-date", mengingat banyak ada yang masih belum terisi. Sebenarnya Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Kapuas memiliki data yang lengkap mengingat untuk mendapatkan BOS data dari seluruh sekolah harus masuk. Oleh karena itu, untuk meningkatkan akses terhadap data pendidikan, update data online ini perlu mendapatkan perhatian.

Jumlah Guru Negeri dan Swasta se-Kabupaten Kapuas Tahun 2009

NEGERI (orang)
  1. TK : 22 
  2. SD : 3.322 
  3. SMP : 720
  4. SLB : 16
  5. SMA : 323
  6. SMK : 130
  7. Total : 4.533
SWASTA
  1. TK : 444
  2. SD : 97
  3. SMP : 57
  4. SLB : -
  5. SMA : 22
  6. SMK : 20
  7. Total : 5.173

Selasa, 28 September 2010

Video Panduan Perjalanan Haji 8 : Shalat Arbain & Ziarah di Madinah

Tabuka = Sabuka

Bila dilihat artinya pada kamus Dayacksch-Deutsches Wörterbuch maka arti dari Tabuka sama dengan sabuka yang artinya topeng yang terbuat dari kayu, mereka dikenakan di festival. Dalam foto-foto berikut ini tabuka / sabuka banyak berasal dari upacara pemakaman:


Mask (Sabuka) from the funeral ceremonies on the Kahajan

Puskesmas Keliling Tahun 1930-an

Before a mission doctor sets out on his journey (1927/1938)
Keterangan tambahan untuk foto diatas: Dokter misionaris kami, Dr. Vischer, telah selesai mengobati orang sakit dalam perjalanannya. Saat ini obat-obatan dan peralatannya dipaket secara cepat ke dalam kotak metal dan dibawa melintasi kayu kecil ke lanting dan klotok, jadi dia dapat melanjutkan perjalanan ke desa berikutnya.

Sebagaimana layaknya pelayanan kesehatan di daerah perairan, pelayanan kesehatan ke desa-desa (sekarang disebut Puskesmas Keliling) dilakukan dengan menggunakan perahu bermotor (klotok). Petugas kesehatan harus mempersiapkan obat-obatan dan peralatan yang dibutuhkan dalam pelayanan kesehatan tersebut dan memuatnya ke dalam klotok, sebagaimana ditunjukkan dalam gambar diatas dan dibawah ini.

Situs IDI Cabang Kapuas memiliki wajah baru

Situs baru IDI Cabang Kapuas dalam bentuk blog (Wordpress)
Setelah bereksperimen dengan beberapa perangkat lunak (software) pengelola konten situs, akhirnya pengelola situs IDI Cabang Kapuas memutuskan untuk beralih ke Wordpress mengingat pola pengelolaan blog ini lebih mudah. Namun sayangnya dalam migrasi ini ada beberapa hal yang terlewatkan, seperti misalnya profil dokter yang tadinya tersedia dalam salah satu halaman, sekarang tidak ada lagi. Mudah-mudahan dalam waktu dekat dapat kembali dimunculkan. Bila ingin berkunjung dapat meng-klik pada alamat berikut:
IDI Cabang Kapuas

Ikatan Dokter Indonesia Cabang Kapuas Masa Bakti 2009-2012

Pada tanggal 8 Nopember 2009 yang lalu, IDI Cabang Kapuas menyelenggarakan musyawarah cabang di Aula Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Kapuas. Dalam pertemuan tersebut berhasil disusun kepengurusan baru sebagai berikut:

Ketua : dr. H. M. Rosihan Anwar
Wakil Ketua : dr. Agus Nurohman, Sp. PD
Sekretaris I : dr. Jum'atil Fajar, MHlthSc
Sekretaris II : dr. Muhammad Abubakar
Bendahara I : dr. Hj. Tri Setyautami
Bendahara II : dr. Hananie Taufik

Seksi Ilmiah
Ketua : dr. Diana Yuniarti
Anggota : dr. Erny Indrawati, dr. Marlensius A. Wijaya, dr. Asna Nasiqah, dr. Puspa Rahayu Dewanty, dr. Melia Ambarningrum

Kewajiban Umat Terhadap Al-Quran

Posted By Al-Ikhwan.net On 27 September 2010 @ 17:01

1]Risalah dari Prof. DR. Muhammad Badi, Mursyid Am Ikhwanul Muslimin, 24-09-2010

Penerjemah: Abu ANaS

Segala puji bagi Allah, salawata dan salam atas Rasulullah saw, beserta keluarga dan para sahabatnya serta orang-orang yang mengikuti mereka dengan kebenaran hingga hari kiamat …

Al-Quran adalah Konstitusi yang menyeluruh tentang hukum Islam, dia adalah sumber yang penuh dengan kebaikan dan hikmah bagi hati dan nurani yang beriman kepadanya, sebagaimana dia adalah sebaik-baik sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Ibnu Mas’ud berkata bahwa nabi saw bersabda:

إِنَّ هَذَا الْقُرْآنَ مَأْدُبَةُ اللهِ فَتَعَلَّمُوا مَأْدُبَةَ اللهِ مَا اسْتَطَعْتُمْ ، إِنَّ هَذَا الْقُرْآنَ حَبْلُ اللهِ وَهُوَ النُّور الْمُبِينُ ، وَالشِّفَاءُ النَّافِعُ ، عِصْمَةٌ لِمَنْ تَمَسَّكَ بِهِ وَنَجَاةٌ لِمَنْ تَبِعَهُ

“Sesungguhnya Al-Quran ini adalah hidangan Allah, oleh karena itu hendaklah kamu menyebutnya dengan kekuatan yang kamu mampu menyebutnya. Sesungguhnya Al-Quran ini adalah tali Allah, cahaya yang terang benderang dan penawar yang berguna. Penjaga kepada siapa yang berpegang kepadanya, jaminan kejayaan bagi yang mengikutinya.” (Al-Hakim)

Senin, 27 September 2010

Video Panduan Perjalanan Haji 7 : Kedatangan Jamaah Haji Di Bandara Jeddah dan Madinah

Kabut menyelimuti Kuala Kapuas di pagi hari

Kabut tipis menyelimuti Kuala Kapuas
Foto diatas diambil di Jl. Tambun Bungai, di pertigaan ke Jl. Patih Rumbih, pada hari Senin, 27 September 2010 pukul 06.22 WIB. Kabut tipis ini menutupi sebagian besar kota Kuala Kapuas yang kecil ini. Jarak pandang tidak terganggu. Karena ini adalah kabut yang rutin muncul kalau udara lebih dingin dari biasa, tidak ada masalah bagi masyarakat Kuala Kapuas.

"Children from Timpah (Kapuas)" - foto

"Children from Timpah (Kapuas)"

 (Courtesy of mission 21, evangelisches missionswerk basel)


Foto diatas dibuat diantara tahun 1924/1946. Foto ini menggambarkan anak-anak di Desa Timpah, Kecamatan Timpah, Kabupaten Kapuas pada tahun tersebut. Kondisinya masih cukup memprihatinkan. Kalau kita lihat latar belakang foto dimana rumah panggung-nya cukup tinggi dibandingkan dengan rumah-rumah yang ada saat ini. 

Akomodasi untuk mantri - foto


"Koeala Kapoeas: policlinic. Accomodation for the mantri, and behind the main building." (Courtesy of mission 21, evangelisches missionswerk basel)

Selain menyediakan akomodasi untuk para dokter dan perawat yang berasal dari Swiss, RS Hanggulan Sinta juga menyediakan akomodasi untuk para mantri yang berasal dari orang lokal. Perhatian seperti ini yang juga dilakukan oleh pemerintah Indonesia dengan menyediakan perumahan bagi petugas kesehatan, namun dengan kemampuan yang terbatas.

Minggu, 26 September 2010

Majelis Ta'lim Al Inayah

Majelis ta'lim ini terletak di Jl. Kapten Pierre Tendean Gg. X dan diasuh oleh Guru Parhan (Ketua MUI Kecamatan Selat). Kegiatan ta'lim diselenggarakan setiap malam Senin (Ahad malam) pukul 20.00 - 21.00 WIB. Topik yang dibahas dalam majelis ini meliputi masalah fiqh, tauhid, tazkiyatun nafs (pembersihan diri) dan lain-lain.

Berikut ini adalah rekaman dan rangkuman catatan dari ta'lim  yang disampaikan pada hari Ahad, 26 September 2010 :



Bila ingin mendownload rekaman ini, silakan klik pada judul diatas.

Bincang-bincang dengan Bapak Erliansyah (Ketua Sanggar Tari Tingang Menteng Panunjung Tarung)

Courtesy of Erliansyah Narpan M Apol, Amd
Perbincangan ini berlangsung di rumah adat, Jl. Melati, Kuala Kapuas pada pukul 10.30 - 11.15 WIB. Kunjungan ke sanggar ini menindaklanjuti kunjungan ke rumah betang yang lalu dan juga menanggapi komentar di Facebook tentang sanggar ini.

Ketika admin sampai ke sanggar ini, mereka sedang latihan Tari Tabuk Tiwah, sebuah tarian yang menggambarkan tentang pesta yang diselenggarakan setelah selesainya ritual tiwah.

Latihan tari Tabuk Tiwah

Sentuhan-sentuhan Ramadan

Posted By Abu Ahmad On 25 September 2010

[1]Risalah dari Prof. DR. Mohammad Badi’, Mursyid Am Ikhwanul Muslimin, 03-09-2010

Bismillah dan salawat dan salam atas Rasulullah saw dan orang-orang yang mendukungnya, selanjutnya…

Kesempatan masih ada di tangan kita

Berbicara tentang karunia dan sentuhan bulan Ramadan tidak hanya terpaku pada pesan-pesannya saja, dan saat ini kita berada pada sisa-sisa hari yang penuh berkah dari akan berakhirnya bulan Ramadhan, sepuluh hari yang merupakan jamuan Allah yang Maha Pengasih, sekalipun disebut dengan sepuluh hari terakhir namun hakikatnya merupakan sepuluh hari pertama dari tahun yang baru. Dari bulan Ramadhan seluruhnya; karena di dalamnya terdapat I’tikaf dan malam Al-Qadar (kemuliaan), berlimpahnya ampunan, dan kesaksian akan hari kemenangan dan penuh anugerah.

Video Panduan Perjalanan Haji 6 : Keberangkatan Jamaah Haji ke Saudi

Semangat shalat berjama'ah di masjid / langgar / mushola

Suana shalat Zuhur berjama'ah di salah satu langgar di Kuala Kapuas
Kita patut bersyukur bahwa semangat untuk mengerjakan shalat berjama'ah di masjid / langgar / mushola sudah mulai tumbuh di kalangan masyarakat Kuala Kapuas. Hal ini ditunjukkan dengan sudah  mulai bertambahnya jama'ah shalat selain shalat Maghrib dan Isya. Karena selama ini shalat jama'ah yang jama'ah-nya cukup banyak adalah Maghrib dan Isya. Diharapkan semangat ini makin diikuti oleh kaum Muslimin yang lain sehingga semboyan "memakmurkan masjid" bisa kita wujudkan bersama.

Bincang-bincang dengan Bapak Amran Noer (Koordinator Unit Pemadam Kebakaran)

Armada Pemadam Kebakaran Kabupaten Kapuas
Unit ini terletak di Jl. Kalimantan, Kuala Kapuas, dengan nomor telpon (0513) 113. Unit ini memiliki 6 buah unit pemadam kebakaran (satu buah mobil yang rusak) dan 6 buah mesin.

Idealnya satu buah mobil memiliki personil 6 orang dengan tugas sebagai berikut:

  1. 1 orang di saringan air
  2. 1 orang di mesin
  3. 2 orang di selang
  4. 2 orang menyemprot

Pasar Minggu Pagi (Stadion dan Pulau Telo)

Pasar minggu pagi di sekitar stadion Panunjung Tarung
Pasar Minggu pagi yang terletak di sekitar stadion ini sudah menempati tempat yang sudah disediakan oleh Pemerintah Daerah yaitu menempati sisi di depan markas PWI dan Orari. Penyediaan lahan ini dilakukan oleh Pemda dalam rangka menjamin agar lalu lintas yang melewati Jl. Tambun Bungai (khususnya di depan rumah sakit) tetap lancar dan warga masyarakat yang sedang melakukan olahraga dapat menggunakan jalur yang sudah disediakan.

Pasar minggu pagi Pulau Telo pada pukul 05.45 WIB (masih sepi)
Lokasi lain dari pasar minggu pagi adalah di Pulau Telo. Berbeda dengan stadion, pagi di Pulau Telo ini merupakan pasar reguler mingguan dengan jumlah pedagang yang jauh lebih banyak dan jenis jualan yang lebih bervariasi. Banyak masyarakat dari Kuala Kapuas yang berbelanja ke pasar ini untuk mencari sayur-sayur segar, mencari wadai (kue) yang tidak mereka temukan di pasar Kuala Kapuas.

Ta'lim Ikatan Da'i Indonesia (IKADI) Kapuas

Ust. H. Suriani Jiddy, Lc sedang menyampaikan materi ta'lim
Ta'lim ini diselenggarakan setiap hari Ahad/Minggu, jam 04.30 - 05.30 WIB di Jl. Mawar No. 10, Kuala Kapuas. Ta'lim diberikan oleh Ust. H. Suriani Jiddy, Lc (lulusan Madinah University, Saudi Arabia). Topik yang sedang dibahas saat liputan ini adalah mengenai tafsir dari Surat Al Ikhlas dengan merujuk pada kitab Shofwatut Tafasir yang dikarang oleh Syeikh Ali Ash Shobuni.

Berbeda dengan ta'lim-ta'lim yang lain, materi ta'lim ini disampaikan dengan menggunakan multimedia (laptop dan LCD) dan kitab-nya pun berasal dari program komputer tentang tafsir Qur'an.

Sabtu, 25 September 2010

Video Panduan Perjalanan Haji 5 : Di Bandara Indonesia

Ragi Carita 2: Sejarah Gereja di Indonesia 1860-an - sekarang

Sejarah misi di Kapuas dapat dilihat pada halaman 175 - 178 :

Ayah membawa anak ikut shalat Subuh

Alhamdulillah pagi ini agak lain daripada biasanya. Masing-masing ayah yang datang ke langgar membawa semua anak laki-lakinya. Kondisi ini sangat membahagiakan, karena peran ayah dalam pendidikan anak mulai membuahkan hasil. Shalat Subuh sebagai salah satu indikator ketaatan seorang Muslim, mesti ditunjukkan. Ketika seorang ayah berhasil mengajak anak laki-lakinya untuk shalat Subuh berjama'ah di masjid, maka kita bisa berharap bahwa hari-hari ke depan akan lebih cerah. Mengingat shalat Subuh adalah awal dari sebuah hari. Apabila hari itu dibuka dengan sebuah kebaikan, maka kita bisa berharap bahwa waktu-waktu berikutnya akan bisa diisi dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat. Seorang ulama mengatakan bahwa kemungkinan kita mengalami banyak permasalahan pada saat ini, salah satu penyebabnya adalah kurang disiplinnya kita dalam mengerjakan shalat Subuh secara berjama'ah di masjid atau mushala/langgar.

Jumat, 24 September 2010

Khutbah Jum'at di Masjid Baiturrahim 24 September 2010

Upaya untuk meraih takwa:
  1. Menghisap diri sendiri
  2. Mendisiplinkan diri
  3. Bersemangat dalam beramal
  4. Menyimak perkataan orang-orang shaleh

Bila ingin mendownload khutbah ini, silakan klik pada judul diatas.

Khutbah Jum'at di Masjid Al Ihsan 17 September 2010

Beberapa sikap yang dapat dikategorikan sebagai mengabaikan Al Qur'an diantaranya:

  1. Tidak yakin kepada Al Qur'an
  2. Tidak mentadabburkan Al Qur'an
  3. Lebih menyukai yang lain lebih daripada Qur'an
  4. Tidak berhukum dengan Qur'an
  5. Tidak membaca Qur'an dengan benar
  6. Menafsirkan Qur'an berdasarkan pemikiran sendiri, tidak menurut ketentuan yang ada
  7. Tidak menghormati Al Qur'an




Bila ingin mendownload khutbah ini, klik pada judul diatas.

Berbincang-bincang dengan Bapak Muji (Koreografer Tari)

Koleksi foto Sanggar Tari Riak Nyalong
Bertempat di rumah betang, Bukit Ngalangkang, Kuala Kapuas, pada hari Jum'at, 24 September 2010 pukul 15.30 - 17.00 WIB, berlangsung bincang-bincang dengan Bapak Muji. Pembicaraan dimulai dengan Sanggar Tari Riak Nyalong, pengurus, para penari, jadual latihan, prestasi yang pernah diraih, baik tingkat Kabupaten, Provinsi dan Nasional.

Setelah itu pembicaraan berlangsung lebih bebas. Beliau menceritakan pengalamannya ketika berkunjung ke pedalaman Kalimantan Tengah. Satu hal yang berkesan dari perjalanan itu adalah mengenai sikap hormat orang Dayak pedalaman terhadap orang Islam. Kalau mereka tahu bahwa tamu mereka adalah orang Islam, maka mereka akan menyediakan piring dan makanan yang berbeda dengan yang mereka makan. Selain itu dalam kunjungan tersebut beliau bisa mengenai berbagai kebiasaan menari di kalangan masyarakat Dayak pedalaman.

Seminari guru (asrama) di Kuala Kapuas

Teachers' Seminary [boarding] in Kwala Kapuas

(Courtesy of mission 21, evangelisches missionswerk basel)

Seminari ini didirikan oleh Basel Mission dalam rangka mendidik orang Dayak untuk memiliki kemampuan untuk melakukan kegiatan-kegiatan misi, jadi tidak bergantung kepada Basel Mission. Seminari ini merupakan salah satu dari sekian banyak upaya pendidikan yang dilakukan oleh Basel Mission. Foto diatas dibuat tahun 1939.

Kalimantan Forests and Climate Partnertship (KFCP)

Proyek ini merupakan bagian dari kerjasama antara pemerintah Indonesia dengan pemerintah Australia dalam lingkup yang lebih besar yaitu Indonesia-Australia Forest Carbon Partnership. Australia sudah berkomitmen sebanyak $ 30 juta untuk proyek Kalimantan Forests and Climate Partnership. Kerjasama ini merupakan kegiatan pengurangan emisi karbon pertama dan skala besar di Indonesia. Tujuannya adalah untuk menunjukkan pendekatan yang dapat dipertanggung jawabkan, setara dan efektif dalam pengurangan emisi karbon, meliputi penanganan degradasi dari lahan gambut. Fokus awal adalah daerah lebih dari 100.000 hektar lahan gambut yang mengalami degradasi di Kalimantan Tengah, Indonesia.

Sumber: Action under the International Forest Carbon Initiative

Video Panduan Perjalanan Haji 4 : Di Asrama Haji Embarkasi

Ragi Carita 1: Sejarah Gereja di Indonesia 1500 - 1860

Sejarah misi di Kapuas dapat dilihat dari halaman 188 - 196 :

Ultradisc - Kuala Kapuas

Ultradisc yang terletak di Jl. A. Yani ini (disamping praktek dr. Agus Waluyo) menyewakan VDC / DVD asli dari berbagai film yang diproduksi oleh Indonesia maupun oleh pihak luar negeri. Perusahaan waralaba ini membuat beberapa penyewaan VCD/DVD bajakan yang ada di Kuala Kapuas gulung tikar. Berbagai promosi dilakukan oleh waralaba untuk menarik minat dari pelanggan mengingat kemajuan teknologi sudah membuat makin mudahnya orang mengakses VCD/DVD secara online.
Anda bisa meminjam dengan melakukan deposit. Anda juga dapat ikut paket Rp 25.000 gratis meminjam VCD kartun setahun. Ada juga paket dimana anda bisa memiliki VCD/DVD yang anda pinjam.

Hari ini (Jum'at, 24 September 2010) pemeriksaan Haji di Dinkes

Peserta pemeriksaan kesehatan calon jama'ah haji Kapuas tahap II
Pada hari ini, Jum'at, 24 September 2010 pukul 08.00 - 15.00 WIB bertempat di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas, Jl. Kenanga No. 42, Kuala Kapuas, diselenggarakan pemeriksaan kesehatan calon jama'ah dari Kabupaten Kapuas. Dalam pemeriksaan ini para jama'ah akan diperiksa oleh 7-8 orang dokter yang dibantu oleh paramedis lain. Dalam pemeriksaan ini juga diberikan vaksinasi meningitis dan tes kehamilan bagi wanita usia subur.Kegiatan pemeriksaan ini akan berlangsung sampai besok. Target hari ini adalah sebanyak 150 orang. Adapun para dokter yang melakukan pemeriksaan kesehatan haji tersebut adalah:
  1. dr. Agus Waluyo (pimpinan Puskesmas Selat)
  2. dr. Eka Fithria (pimpinan Puskesmas Pulau Telo)
  3. dr. Timothy Von Simon (dokter Puskesmas Palingkau)
  4. dr. Mohammad Abubakar (dokter Puskesmas Basarang)
  5. dr. Satri Ramli (dokter Puskesmas Lamunti sekaligus sebagai Tenaga Kesehatan Haji Indonesia - TKHI)
  6. dr. Juni (dokter Puskesmas Tamban Baru)
  7. dr. H. Ahmad Haspiani (dokter Puskesmas Melati)