Ketersediaan Darah di UTD-RS

Stok darah per 24 Agustus 2014:

A = 7; B = 12, O = 1, AB = 3

Sumber: Debi (UTD RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo)

Selasa, 31 Juli 2012

Kajian Program CBHFA-OD PMI Kalimantan Tengah

Suasana pembukaan kegiatan kajian
Palang Merah Indonesia Kabupaten Kapuas menghadiri Review / Kajian Program Community Based Health  and First Aid (Kesehatan dan Pertolongan Pertama Berbasis Masyarakat) Palang Merah Indonesia Kalimantan Tengah yang diselenggarakan pada tanggal 31 Juli - 2 Agustus 2012 di Hotel Global.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui kemajuan dan pencapaian pelaksanaan program, menelaah faktor-faktor yang mempengaruhi dari tantangan dan kendala program dan menyepakati solusi pemecahannya, menelaah strategi dan kegiatan utama dari target hasil program ini serta menyepakati rekomendasi untuk periode waktu berikutnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh pihak Palang Merah Spanyol, Palang Merah Indonesia Pusat, PMI Kota Palangka Raya, PMI Kabupaten Barito Selatan dan PMI Kabupaten Kapuas. 

Senin, 30 Juli 2012

Yusuf Sebagai Bendaharawan Negara Mesir

Peserta buka puasa bersama sedang mendengarkan ceramah
Pada hari Minggu, 29 Juli 2012 bertempat di rumah jabatan Bupati Kapuas diselenggarakan kegiatan Buka Puasa Bersama. Kegiatan ini diikuti oleh para ulama dan tokoh masyarakat Kabupaten Kapuas serta para pegawai negeri sipil dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas. Kegiatan ini juga diisi dengan ceramah dengan tema Kisah Nabi Yusuf alaihi salam. Dalam kisah ini ada pelajaran bahwa yang dipentingkan bagi suatu negeri adalah kontribusi apa yang bisa diberikan oleh masyarakatnya tanpa memperhatikan masalah apakah dia putra daerah atau bukan.

Selain itu juga disampaikan tentang bagaimana seorang anggota masyarakat bisa membantu memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi oleh pimpinan pada masa-masa yang akan datang. Kedekatan Nabi Yusuf dengan raja membuat beliau berani mengajukan diri untuk menjadi Bendaharawan Negara Mesir dengan menyampaikan karakter yang diperlukan untuk jabatan tersebut yaitu "orang yang bisa menjaga dan  amanah (dapat dipercaya)". Permintaan jabatan ini bukan tanpa kompetensi. Beliau sejak diangkat menjadi anak angkat Al-Aziz (bendaharawan negara terdahulu) sudah terbiasa melakukan pekerjaan yang sebagai wakil dari orang tua angkatnya, sehingga beliau sangat kompeten dalam bidang tersebut.

Apalagi Mesir akan menghadapi masa-masa yang sulit yaitu mereka akan panen selama 7 tahun, dan hasil panen tersebut harus disimpan untuk menghadapi musim paceklik selama 7 tahun. Sebuah pekerjaan yang sangat luar biasa menjaga agar lumbung penyimpanan tidak digerogoti oleh tikus-tikus (koruptor). Ketika beliau berhasil menabung bahan makanan dimusim paceklik, maka negeri Mesir menjadi rujukan bagi negara-negara sekitar mereka untuk pemenuhan konsumsi pangan.

Buka Puasa Bersama di Rumah Tahanan Kuala Kapuas

Anggota majelis ta'lim sedang membagikan bingkisan buka puasa
Pada hari Minggu, 29 Juli 2012, Majelis Ta'lim Asy-Syifa RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo yang dipimpin oleh Bapak Syamsuri, serta ketua Panitia Ramadhan 1433 H / 2012 M, M. Saleh memimpin rombongan rumah sakit menyelenggarakan kegiatan Buka Puasa Bersama di Rumah Tahanan Negara Klas II B Kuala Kapuas. Kegiatan tahunan ini diisi dengan ceramah agama dan buka puasa bersama. Buka Puasa Bersama ini tidak hanya dinikmati oleh para binaan yang mengikuti kegiatan di masjid, namun juga dinikmati oleh para binaan yang sedang berada di sel masing-masing.

Ceramah pengantar buka puasa mengisahkan tentang keberadaan Nabi Yusuf ketika berada di penjara dimana beliau menunjukkan akhlak yang mulia selama berada disana sehingga menumbuhkan rasa percaya dikalangan penghuni penjara terhadap beliau. Rasa percaya terhadap beliaulah yang membuat dua orang penghuni penjara tersebut mempercayakan kepada beliau tentang tafsir dari mimpi mereka. Kisah ini juga menunjukkan kepada kita bahwa penjara bisa dijadikan sebagai lahan dakwah.

Minggu, 29 Juli 2012

Ramadhan Student Camp 1 (RSC 1)

Kegiatan "Ice Breaking" Ramadhan Student Camp 1
School Training Team (STT) Cabang Kapuas bekerjasama dengan Masjid Ar-Rahman menyelenggarakan Ramadhan Student Camp 1 (RSC 1). Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 27-29 Juli 2012 di Masjid Ar-Rahman, Jl. Barito, Kuala Kapuas. Pemateri utama kegiatan ini adalah STT Kalimantan Tengah dibantu oleh pemateri lokal Kapuas.

Kegiatan ini diikuti oleh beberapa sekolah menengah atas disekitar Kuala Kapuas yaitu SMKN 1 Kuala Kapuas, SMKN 2 Kuala Kapuas, SMAN 3 Kuala Kapuas, SMA Muhammadiyah, dan MA Al-Amin Kapuas. Jumlah peserta mencapai 94 orang. Pada hari terakhir ini akan diselenggarakan kegiatan buka puasa bersama.

Sabtu, 28 Juli 2012

Bangunan Masjid Agung yang lama sudah dirubuhkan

Masjid Agung Al Mukarram lama (sebelah kiri)
Pada foto diatas masih tampak sebagian bangunan dari Masjid Agung Al Mukarram yang lama yang berada di depan masjid baru yang sedang dibangun. Menjelang bulan Ramadhan 1433 H / 2012 M lalu, bangunan masjid tersebut dirubuhkan untuk menampilkan bentuk masjid baru secara utuh sebagaimana tampak dalam gambar dibawah ini:
Masjid Agung Al Mukarram baru
Masjid ini belum selesai seratus persen, mengingat masih ada beberapa bagian yang harus dicat, dan masih ada taman yang harus dibangun di sekeliling masjid. Sesuai dengan janji dari Bupati Kapuas pada peringatan Isra' Mi'raj yang lalu, mulai Ramadhan ini, masjid baru sudah bisa digunakan untuk shalat berjama'ah termasuk shalat tarawih.
Pada hari Jum'at, 27 Juli 2012 masjid ini resmi digunakan untuk shalat Jum'at pertama di bulan Ramadhan 1433 H / 2012 M. 

Kamis, 26 Juli 2012

Berbagi Keceriaan di Panti Asuhan

Ibu Masitah menyampaikan bingkisan kepada pihak panti asuhan
Sebagai salah satu rangkaian kegiatan Pesantren Ramadhan, SMPN 1 Selat memberikan bingkisan kepada Panti Asuhan Budi Sejahtera, Jl. Jawa No. 83, Kuala Kapuas. Sebelumnya para siswa-siswi SMPN 1 Selat mengumpulkan barang-barang yang akan disumbangkan di sekolah, kemudian membawanya ke panti asuhan. Bakti Sosial ini dipandu oleh para guru. Kegiatan ini berlangsung pada hari Rabu, 26 Juli 2012.

Rabu, 25 Juli 2012

Di Bawah Jembatan Pulau Telo

Jalan dibawah Jembatan Pulau Telo
Berbeda dengan kota besar dimana bagian bawah jembatan sering digunakan sebagai tempat tinggal, maka di Desa Maluen, Kecamatan Basarang, bagian bawah jembatan justru dijadikan tempat bermain. Sama dengan Jembatan Pulau Petak, jembatan ini juga memiliki akses jalan ke bawah jembatan, meskipun masih belum berupa jalan aspal.
Anak-anak bermain dibawah jembatan
Jalan setapak yang tadinya ada dibawah jembatan ini sejak dua tahun yang lalu sudah disemen. Tentu saja jalan ini tidak tembus kemana-mana karena berakhir disebuah rumah penduduk. Ada beberapa rumah yang ada dibagian bawah Jembatan Pulau Telo, tentu saja tidak tepat dibawah jembatan, tapi dibagian kiri dan kanan dari jembatan tersebut. 

Selasa, 24 Juli 2012

Pesantren Ramadhan SMKN 1 Kuala Kapuas

SMKN 1 Kuala Kapuas menyelenggarakan Pesantren Ramadhan dari tanggal 23-25 Juli 2012. Kegiatan ini diisi dengan berbagai macam kegiatan diantaranya ceramah tentang manfaat puasa terhadap kesehatan, bagaimana berbusana muslim dan lain-lain.
Kegiatan yang dilaksanakan di aula sekolah ini diikuti oleh para siswa-siswi kelas 10, 11 dan 12. Sebagian dari mereka ada yang menggunakan sarung ketika datang ke sekolah.
Sebagian siswa-siswi ada yang dminta untuk melakukan kegiatan tadarus Qur'an dimana siswa-siswi yang lain diminta untuk menyimaknya.
Kegiatan Pesantren Ramadhan ini dipandu oleh para bapak dan ibu guru. Sedangkan narasumber dari kegiatan ini berasal dari berbagai kalangan.
Dalam ceramah tentang Manfaat Puasa Terhadap Kesehatan, banyak siswa yang mengajukan pertanyaan, baik yang ada kaitannya dengan materi, maupun masalah kesehatan secara umum.

Senin, 23 Juli 2012

Pesantren Ramadhan SMPN 1 Selat Tahun 2012

Ibu Laily, S.Ag sedang memimpin pembacaan Surat Yasin
SMPN 1 Selat menyelenggarakan kegiatan Pesantren Ramadhan 1433 H / 2012 M mulai tanggal 23-25 Juli 2012. Kegiatan ini diisi dengan berbagai macaam kegiatan diantaranya ceramah, ibadah, tadarus Qur'an, lomba-lomba, bakti sosial, buka puasa bersama dan tarawih berjama'ah. Kegiatan dilaksanakan dibeberapa tempat yaitu di Masjid Riyadhul Jannah, halaman sekolah, mushola sekolah dan panti asuhan. Kegiatan ini didukung oleh dana dari orang tua murid dan pihak sekolah. 

Kerjakan Berbagai Ibadah Secara Berjama'ah

Ustadz Zulfiqar Aly Akbar, SE, MM
Buka Puasa Bersama RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo dilaksanakan pada hari Minggu, 22 Juli 2012. Kegiatan buka puasa bersama ini diisi dengan cerama oleh Ustadz Zulfiqar Aly Akbar, SE, MM, Ketua Ikatan Da'i Indonesia (IKADI) Cabang Kapuas. Beliau mengajak para jama'ah langgar Asy-Syifa untuk meningkatkan ibadah selama bulan puasa. Bila puasa dilaksanakan secara berjama'ah maka berbagai ibadah pun sebaiknya juga dikerjakan secara berjama'ah seperti shalat wajib secara berjama'ah, shalat tarawih secara berjama'ah. 

Salah satu indikator puasa Ramadhan ini adalah shalat Subuh berjama'ah. Bila shalat Subuh berjama'ah masih sedikit, maka penerapan puasa masih belum maksimal. Beliau juga menekankan masalah niat. Jangan sampai niat puasa untuk mendapatkan sesuatu yang bersifat duniawi. 

Minggu, 22 Juli 2012

Sanggar Lukis - Dion Arts

Sanggar Lukis Dion Arts
Sanggar Lukis ini terletak di Jalan Trans Kalimantan Km. 11, Kecamatan Basarang, Kabupaten Kapuas. Bapak Dion dapat dihubungi pada nomor HP 081251023727. Beliau menerima pesanan untuk membuat lukisan berdasarkan foto yang dikirim oleh pemesan. Beliau juga menerima permintaan lukisan dinding rumah, dimana beliau sendiri yang akan datang ke rumah yang bersangkutan.
Hasil karya Dion Arts
Selain lukisan di kanvas dan di dinding rumah, beliau juga bisa membuat lukisan pada badan kendaraan bermotor. Beliau sudah memulai usaha ini sejak masih bujang. Tiga tahun yang lalu, beliau pindah ke Basarang dan meneruskan usaha ini.

Dewata Indah Style

Melihat namanya saja, kita sudah bisa menduga bahwa tempat ini ada hubungannya dengan Bali. Tempat ini dikelola oleh Bapak Darmawan. Pengrajin ini menerima pesanan Pelinggih (Sanggah) dengan berbagai model. Tempat ini terletak di Jl. Lintas Kalimantan Km. 9, Kecamatan Basarang, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah. Bapak Darmawan bisa dihubungi pada nomor telepon (0513) 6707132 dan HP 08125198938.
 Beliau sudah menetap di Basarang sejak tahun 1980-an dan sudah menekuni usaha pembuatan Pelinggih (Sanggah) ini sejak 15 tahun yang lalu. Pada mulanya di Basarang ini tidak terlalu banyak orang yang memesan Pelinggih ini, tapi dengan inisiatif beliau untuk mulai membuat sarana perantara mendekatkan diri kepada Tuhan (menurut kepercayaan Hindu), maka pesanan mulai berdatangan.
Pekerjaan ini membutuhkan ketekunan dan kerja keras. Sudah banyak yang mendapat manfaat dengan bekerja kepada beliau. Beberapa pengrajin baru di Basarang merupakan orang-orang yang pernah bekerja di tempat ini. Beliau berharap sesama pengrajin bisa saling bekerja sama dalam melayani umat Hindu di Basarang dan sekitarnya.
Menurut keterangan Pak Darmawan, bila tidak ada yang meneruskan usahanya ini, kemungkinan pada masa yang akan datang, bisnis ini akan ditutup. Menurut beliau bisnis ini masih memiliki masa depan yang cukup baik mengingat masih banyaknya umat Hindu yang belum memiliki sarana ibadah ini di rumah mereka masing-masing. 

Sabtu, 21 Juli 2012

Akreditasi 2007 berakhir Akreditas 2012 dimulai

Foto bareng sesudah selesai survei akreditasi
Survei akreditasi lima pelayanan oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) terhadap RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo sudah berakhir pada hari Sabtu, 21 Juli 2012. Menurut keterangan dr. Sugeng (selaku ketua tim) hasil survei akreditasi ini bisa diketahui dua minggu lagi dengan menghubungi KARS. Pihak surveyor tidak diijinkan untuk memberitahukan hasil survei kepada pihak rumah sakit.

Kegiatan survei akreditasi yang berlangsung selama satu setengah hari ini membuat para anggota pokja harus begadang. Seluruh pokja mendapat pekerjaan rumah untuk memperbaiki kerangka acuan, evaluasi, standar prosedur operasional dan lain-lain. Setelah dilakukan perbaikan maka nilai untuk masing-masing standar yang dinilai bisa diperbaiki. Banyak masukan yang disampaikan oleh para surveyor pada kegiatan "Exit Conference" yang diharapkan dapat ditindaklanjuti oleh pihak rumah sakit. 

Siswa Tahfiz Qur'an di Masjid Al-Ihsan Selama Ramadhan

Selama bulan Ramadhan kegiatan shalat berjama'ah di Masjid Al-Ihsan, Jl. Melati, Kuala Kapuas akan diimami oleh santri tahfiz Qur'an dari Banjarmasin. Dua orang siswa dari pondok pesantren ini akan menjadi imam dalam shalat jama'ah mulai dari Subuh sampai Tarawih.

Menurut keterangan jama'ah masjid yang sempat berdialog dengan para siswa didapatkan keterangan bahwa mereka tidak boleh menerima hadiah berupa uang dari pihak masjid. Bila ingin memberikan hadiah uang maka harus dikirim ke pondok pesantren. Hadiah non uang bisa diberikan kepada mereka. Selama bulan Ramadhan ini mereka tinggal di penginapan yang disediakan oleh masjid.

Sampai tarawih malam Minggu ini bacaan Qur'an untuk shalat tarawih sudah mencapai surat Al-Baqarah ayat 200-an.

Jumat, 20 Juli 2012

Survei Akreditasi Rumah Sakit

Survei Pokja Administrasi & Manajemen
Pada hari Jum'at-Sabtu, 20-21 Juli 2012 bertempat di RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo dilaksanakan kegiatan Survei Akreditas Rumah Sakit oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS). Tim yang datang dari KARS adalah dr. Sugeng Ristanto, MARS, dr. Sri Maria Tantri, Sp PK, Siti Rochmani, SKp, MKes, drg. Enizar N.
Survei Pokja Keperawatan
Pokja yang disurvei oleh KARS adalah Pokja Administrasi dan Manajemen, Pokja Pelayanan Medis, Pokja Pelayanan Keperawatan, Pokja Pelayanan Gawat Darurat dan Pokja Rekam Medis. Penilaian ini dilakukan di tiga tempat terpisah yaitu aula, ruang keperawatan dan ruang komite medik.
Survei Pokja Gawat Darurat
Setiap surveyor selain melakukan evaluasi terhadap administrasi akreditasi juga melihat proses terjadinya kebijakan, standar prosedur operasional dan pelaksanaannya. Diharapkan dengan akreditasi ini rumah sakit siap menuju tahapan berikutnya yaitu Rumah Sakit Internasional.

Kamis, 19 Juli 2012

Bimbingan Teknis Penilai dan Tenaga Teknis BLUD

Peserta Bimtek Penilaian BLUD
Dalam rangka memenuhi persyaratan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit harus dinilai oleh tim penilai yang dibentuk oleh Bupati Kapuas. Pada hari Kamis, 19 Juli 2012 Tim Penilai dan Tim Teknisnya mendapatkan bimbingan teknis dari BPKP Palangka Raya tentang bagaimana melakukan penilaian administratif terhadap dokumen BLUD yang diajukan oleh rumah sakit.

Hadir dalam kegiatan ini, Bapak Granit (staf ahli Bupati), Bapak Rianova (Kepala Inspektorat), Bapak Syahfiri (Kabag Keuangan Pemda), Ibu Sindae (Kepala Bagian Organisasi), perwakilan dari Badan Perencanaan Daerah dan bagian umum serta hukum Sekda Kapuas. 

Donor Darah Dalam Rangka Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari ke-60

Pengambilan darah dari donor
Dalam rangka Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari ke-60 Tahun 2012, pada hari Rabu, 18 Juli 2012 bertempat di Laboratorium RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo, Pengurus Bhayangkari Cabang Kapuas menyelenggarakan kegiatan Donor Darah. Keberanian ibu-ibu ini untuk menyumbangkan darahnya patut diacungi jempol karena tidak semua ibu-ibu bisa mendonorkan darahnya. Selain ibu-ibu, bapak-bapaknya juga turut memeriahkan kegiatan donor darah ini. Pengambilan darah dilakukan oleh petugas Unit Transfusi Darah Rumah Sakit (UTD-RS).

Roda truk terbenam di Anjir Serapat Pal 10

Ketika Informasi Kapuas meninggalkan Kapuas pada dini hari Kamis, 19 Juli 2012 truk yang membawa tiang pancang ini sudah melintang pada setengah badan jalan di Anjir Serapat Km. 10. Keberadaan truk yang menutupi setengah badan jalan, membuat pengguna jalan harus berhati-hati karena harus memperhatikan apakah ada kendaraan yang akan lewat pada sisi jalan yang akan dilewati.

Saat Informasi Kapuas kembali ke Kapuas pada pagi hari, truk ini masih melintang di jalan. Nampaknya truk  temannya belum datang untuk mengambil alih bawaan dari truk ini.

Rabu, 18 Juli 2012

Rugas Binti (DPD MPR RI) Kunjungi RSUD

Banner Situs Rugas Binti
RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo dikunjungi oleh Pdt. DR. Rugas Binti, anggota DPD MPR RI Provinsi Kalimantan Tengah No. B-84. Kunjungan ini dilakukan sehubungan dengan masa reses. Dalam kunjungan ini beliau bertemu dengan direktur rumah sakit, dr. H. Bawa Budi Raharja, MM dan berbincang-bincang tentang proposal rumah sakit yang akan disampaikan ke Kementerian Kesehatan RI.

Beliau menyampaikan bahwa sebagai anggota DPD MPR RI, beliau bertugas untuk menyampaikan aspirasi masyarakat kepada kementerian terkait. Namun beliau tidak berjanji bahwa semua usulan yang beliau bawa tersebut akan disetujui, mengingat banyak hal yang harus dipertimbangkan. Beliau mengatakan bahwa beliau memiliki rumah komunikasi yang terletak dekat dengan bundaran besar. Setelah berbincang-bincang dengan pihak manajemen, beliau melakukan kunjungan observasi ke berbagai bagian di rumah sakit dan melanjutkan perjalanan beliau.

Selasa, 17 Juli 2012

Masa Orientasi Sekolah (MOS) SMPN 1 Selat

Suasana MOS SMPN 1 Selat
Kegiatan Masa Orientasi SekolahMPN 1 Selat berlangsung sejak satu hari yang lalu (16 Juli 2012). Pada minggu yang lalu sebenarnya juga sudah diselenggarakan kegiatan Pra MOS. Sekarang kegiatan MOS yang resmi dikoordinir oleh pembina OSIS dan dilaksanakan oleh panitia MOS yang terdiri dari kelas 8 dan 9. Kemarin kegiatan para siswa baru adalah pengenalan tentang masalah lalu lintas. Kemudian kegiatan yang lainnya adalah baris berbaris. Dalam MOS ini tidak ada kontak fisik, para siswa diberi bekal dalam masalah intelektual, rohani dan fisik.

Senin, 16 Juli 2012

Burung Tingang di Timpah

Burung Tingang
Ketika rombongan Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas berkunjung ke Kecamatan Timpah, salah satu anggota rombongan menyempatkan diri untuk mengabadikan foto Burung Tingang. Burung ini menjadi simbol bagi masyarakat Kalimantan Tengah. Banyak sekali nama yang menggunakan kata "Tingang", misalnya nama sanggar tari di Kapuas, Tingang Menteng Panunjung Tarung.

Lambang burung tingang berada dimana-mana bahkan sekarang sudah menjadi salah satu hiasan di bundaran besar. Gambar burung ini juga ada pada lambang Kalimantan Tengah. Bagi penganut Kaharingan, Burung Tingang memiliki makna tersendiri.

Minggu, 15 Juli 2012

Pertemuan Koordinasi Program Bantuan Operasional Kesehatan 2012

Foto bersama peserta kegiatan koordinasi program BOK 2012
Pada hari Sabtu, 14 Juli 2012 bertempat di Aula Hotel Al Madani, Jl. Patih Rumbih,, Kuala Kapuas diselenggarakan Kegiatan Koordinasi Program Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) Tahun Anggaran 2012 di Kabupaten Kapuas. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas dan diikuti oleh Bendahara BOK Puskesmas se-Kabupaten Kapuas.

Narasumber dalam pertemuan ini adalah Bapak Isro dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah, Ibu Tri Setyautami, Bapak Hayat dan Bapak Sunu dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas. Para narasumber menyampaikan kiat-kiat agar laporan keuangan dan pencapaian program bisa dilakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Adab-adab Ramadhan


)
Oleh: Guru Abdul Hamid, S.Ag

Rajab - orang membersihkan badannya.
Sya'ban - orang akan membersihkan jiwanya.
Ramadhan - orang akan membersihkan ruh-nya.

Tidak disebutkan bulan Ramadhan itu melainkan karena dia membakar salah dan dosa. Orang yang memasuki Ramadhan tapi dia tidak dihapus dosa dan kesalahannya, maka dia adalah orang yang merugi.

Agar lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya, kita pasang niat dan kita sambut dengan suka cita. Orang suka mengucapkan Selamat Datang Ramadhan. Ya Allah sampaikan kami di bulan suci Ramadhan.

Hadits: Orang yang gembira dengan datangnya bulan suci Ramadhan maka Allah mengharamkan jasadnya disentuh oleh api neraka.

Allah menjanjikan pahala yang luar biasa yaitu diampuni dosanya. Kita tidak tahu apakah kita akan diampuni oleh Allah SWT. Dia tidak tahu apakah amalnya atau ibadahnya diterima atau tidak. Oleh karena itu mereka senantiasa menggiatkan amal.

Nabi mengatakan ada dosa-dosa yang dibuat oleh manusia yang diampuni dan tidak diampuni Allah. Berbuat dosa kepada Allah, bisa diampuni oleh Allah SWT. Allah bisa mengampuni semua kecuali syirik. Orang ini sebelum meninggalnya harus taubatan nasuha. Kesalahan manusia pada dirinya sendiri bisa diampuni oleh Allah SWT. Sedangkan yang ketiga bisa diampuni Allah, tetapi dia harus minta maaf dulu kepada saudaranya yang dizaliminya.

"Hari orang-orang beriman, diwajibkan atasmu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa." (Q.S. Al-Qur'an, 2: 183)

Hendaklah kalian memperhatikan adab-adabnya diantaranya:

  1. Menjaga lisan dari berbohon dan ghibah (menggosip orang)
  2. Memperdalami sesuatu yang bukan urusannya
  3. Menjaga pandangan dan telinganya. Pandangan dari sesuatu yang tidak dihalalkan oleh Allah SWT atau ingin tahu urusan orang lain. 
  4. Jangan dibawa tidur terus
  5. Jangan terlalu banyak makan ketika berbuka puasa, sedang-sedang saja supaya engkau merasakan beratnya rasa haus dan lapar bagi saudara-saudara kita yang benar-benar kehausan dan kelaparan. 
  6. Menyegerakan berbuka
  7. Sahur diakhirkan. Bersahurlah kamu karena padanya ada berkah. Meskipun hanya seteguk air. 
Disamping itu orang yang puasa itu menjaga perutnya dari makanan yang haram atau syubhat. Yang halal dan yang haram itu jelas. Perhatikan ketika engkau berbuka puasa, jangan berbuka kecuali atas sesuatu yang halal. Jika engkau puasa dari sejak terbit fajar sampai terbenam matahari. Jangan sembarangan engkau berbuka. Dengan siapa engkau berbuka. Ditempat siapa engkau berbuka. Ini anjuran kepada kita supaya berhati-hati dengan apa engkau berbuka. 

Makanan orang shaleh, itu jadi penawar. Makanan orang pelit, jadi penyakit (pepatah). 

"Berapa banyak orang yang puasa, tapi dia cuma menyusahkan jasadnya, tapi dia membiarkan anggota tubuhnya bergelimang do'sa. Yang dia dapatkan cuma lelahnya saja. Berapa banyak orang yang brepuasa cuma  mendapatkan lapar dan dahaga. Meninggalkan ma'siat wajib bagi orang yang berpuasa dan tidak berpuasa. 

Puasa itu adalah perisai, jika salah seorang kalian berpuasa, jangan berkata yang kotor, jangan berbuat fasik, jangan berbuat yang bodoh, sekalipun ada orang yang ingin membuat berkelahi, katakan aku sedang berpuasa.

Hendaklah dia membersihkan dirinya dan lemah syahwatnya, hal itu akan menjadikan terang hatinya. Itulah rahasianya puasa dan tujuannya. 

Menjauhi bersenang-senang, banyak memakan makanan yang memenuhi syahwat dan kelezatan. Supaya melatih dan menjadi pengaruh besar dalam menerangi hati, lebih-lebih lagi pada bulan suci Ramadhan. 

Orang-orang yang selama Ramadhan hanya mengeluarkan hawa nafsunya, mereka ditipu oleh syetan karena mereka dengki dengan manusia. Sehingga manusia tidak dapat berkah dalam puasanya. Sehingga puasanya tidak ada pengaruhnya, cahayanya, tidak ada tabir ghaib yang tersingkap. Tidak didapatkan kekhusyu'an kepada Allah. Tidak merasakan lezat bermunajat kepada Allah. 

Jama'ah Tabligh dari Madras, India di Masjid Al Manar, Basarang

Pada hari Minggu, 15 Juli 2012 ketika Informasi Kapuas mampir di Masjid Al-Manar, Kecamatan Basarang, Kabupaten Kapuas dan shalat Ashar disana, bertemu dengan Jama'ah Tabligh. Saat ini di masjid ini rombongan dari Madras, Indonesia sedang i'tikaf di masjid sampai hari Kamis, 19 Juli 2012. Setelah mendengarkan pembacaan Keutamaan Amal, Informasi Kapuas berbincang-bincang dengan Master dalam bidang mata yang menjadi salah satu anggota rombongan.

Beliau sudah terlibat dengan Jama'ah Tabligh ini sejak lulus dari SMA tahun 1968. Setelah menamatkan pendidikan Master, beliau bekerja di Saudi Arabia. Selama berada di Saudi Arabia kegiatan Jama'ah Tabligh tidak bisa dilakukan secara terbuka karena dilarang oleh Pemerintah Saudi Arabia. Tetapi setelah Hasan Ali Nadwi menemui Raja Faisal, akhirnya beliau mengijinkan Jama'ah Tabligh di Saudi Arabia karena gerakan ini tidak terlibat dalam politik.

Dalam rombongan ini ada pimpinan Pondok Pesantren di Banjarmasin, Bapak Abdul Aziz dan seorang hafiz Qur'an. Sore hari menjelang Maghrib mereka mengajak masyarakat di sekitar masjid untuk menegakkan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari. Rombongan dari Madras ini akan kembali ke India pada pertengahan Ramadhan.

Wayan Westra - Perajin Pura

Atap pura
Bapak Wayan Westra berada di Jalan Trans Kalimantan, Basarang Km. 10, Kecamatan Basarang, Kabupaten Kapuas. Beliau dapat dihubungi pada nomor HP 082151517976.
Asesoris pura
 Bapak Wayan Westra dilahirkan di Bali dan sejak berumur satu tahun sudah dibawa oleh orang tua mengikuti Transmigrasi di Basarang sejak tahun 1961. Beliau sudah menekuni profesi sebagai perajin pura ini lebih dari 20 tahun yang lalu. Beliau merupakan perintis kerajinan pura di Kalimantan Tengah.
Asesoris pura
Pesanan pura ini tidak hanya datang dari warga Hindu di Basarang saja, tapi juga berasal dari kecamatan lain di Kabupaten Kapuas, bahkan provinsi lain di Kalimantan seperti dari Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur.
Rumah Bapak Wayan Westra
Yang menarik adalah rumah beliau sendiri juga dihias dengan hiasan yang membuat rumah ini tampak menarik untuk dilihat.

Keutamaan Sahabat Rasulullah SAW



Oleh: Ustadz Suriani Jiddy, Lc

Para salafus shalih menjaga apa yang berasal dari para sahabat. Ahlu sunnah juga mengakui keutamaan seluruh sahabat karena mereka adalah orang yang paling tinggi akhlaknya. Mereka adalah orang termulia sesudah para Nabi dan Rasul.

Rangking akhlak:
  1. Nabi Muhammad SAW
  2. Nabi dan Rasul yang lain
  3. Sahabat

Q.S. Al-Hasyr : 10 – Dan orang-orang yang datang sesudah mereka (Muhajirin dan Anshar) berdo’a Wahai Tuhan Kami ampunilah kami dan orang-orang yang telah lebih dahulu beriman sebelum kami dan jangan jadikan kedengkian dalam hati kami kepada orang-orang yang beriman, sesungguhnya Engkau Maha Pengampun Maha Penyayang.

Pemahaman para sahabat paling sahih karena mereka:
  • Paling mengerti tentang Qur’an
  • Paling mengerti tentang kandungan hadits
  • Berguru langsung kepada Rasulullah

Talaqqi (mengambil ilmu) ada dua macam:
  • Tanpa perantara (langsung)
  • Dengan perantara

Sayyid Qutb mengatakan para sahabat adalah generasi Qur’an yang unik.
Yang dapat rekomendasi dari Rasulullah sesudah sahabat adalah tabi’in dan tabiit tabi’in.

Sabtu, 14 Juli 2012

KAMMI Komisariat STAI mengikuti Dauroh Marhalan II

Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Komisariat Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Kapuas mengikuti kegiatan Dauroh Marhalah II dengan tema "Muslim Negarawan: Berpikir, Bergerak, Bekerja untuk Kalimantan Tengah". Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 12-15 Juli 2012 ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Ar-Rahman, Jl. RTA Milono, Palangka Raya. Kegiatan ini diikuti oleh KAMMI se-Kalimantan Tengah.

Kegiatan ini diisi oleh narasumber dari berbagai kalangan, baik dari civitas akademika perguruan tinggi, maupun dari tokoh agama dan tokoh masyarakat yang berdomisili di Palangka Raya dan daerah-daerah sekitarnya. Diantara narasumber yang sempat Informasi Kapuas temui adalah Bapak H. Bulkani, rektor Universitas Muhammadiyah Palangka Raya.

Jumat, 13 Juli 2012

Penyuluhan Bahaya Narkoba dan Seks Bebas di MTsN Selat

Suasana penyuluhan di MTsN Selat
Pada hari Jum'at, 13 Juli 2012 bertempat di lapangan Madrasah Tsanawiyah Negeri Selat, Kuala Kapuas diselenggarakan kegiatan Penyuluhan Bahaya Narkoba dan Seks Bebas. Penyuluhan ini disampaikan oleh anggota Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Kapuas yaitu dr. Jum'atil Fajar. Kegiatan ini dihadiri oleh para siswa baru kelas 7 yang berjumlah kurang lebih 240 orang.

Dalam penyuluhan ini disampaikan tentang pentingnya menghindari konsumsi narkoba pada kontak pertama, artinya jangan pernah mencoba narkoba. Rasa ingin tahu hendaknya tidak membuat kita mencoba-coba narkoba. Kita cukup mengetahui bahayanya dengan mengetahuinya dari sumber-sumber terpercaya. Penggunaan alkohol dan narkoba yang lainnya dapat membuat penilaian terhadap nilai-nilai agama menjadi luntur sehingga pada akhirnya mereka yang melakukan pesta narkoba bisa melakukan hubungan seks diluar nikah. Hal ini menjadi titik awal dari penyebaran penyakit menular diantaranya HIV/AIDS.

Kegiatan ini rutin diselenggarakan oleh MTsN baik melalui upacara pada hari Senin maupun pada saat penerimaan siswa baru. Kegiatan ini didukung penuh oleh para dewan guru yang menjadi panitia penerimaan siswa baru.

Kamis, 12 Juli 2012

Sosialisasi PP Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS

Suasana Sosialisasi PP Nomor 53 Tahun 2012
Pada hari Kamis, 12 Juli 2012 bertempat di aula Pemda Kapuas, Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas diselenggarakan kegiatan Sosialisasi Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Sekretariat Daerah Kabupaten Kapuas ini diikuti oleh pejabat eselon IV, III dan II dilingkungan Pemda Kapuas.

Pemateri menjelaskan mengenai tahapan penegakan disiplin berdasarkan eselon yang dimiliki oleh pejabat yang berwenang. Selain itu juga dijelaskan tentang berbagai bentuk hukuman yang dijatuhkan bila melakukan pelanggaran terhadap kewajiban sebagai PNS. 

Pengaspalan dengan hotmix di Kuala Kapuas


Sejak satu hari yang lalu, Informasi Kapuas melihat beberapa jalan di kawasan Jalan Ahmad Yani arah Batalyon mulai dilakukan pengaspalan dengan menggunakan hotmix. Pengaspalan untuk satu gang hanya membutuhkan waktu beberapa jam saja, itupun karena truknya harus bolak-balik membawa aspalnya.

Video diatas menggambarkan suasana pengaspalan di Jalan Kolonel Sugiono, Kuala Kapuas. Video diatas menggambarkan proses pengaspalan untuk satu kali angkut oleh truk, hanya membutuhkan waktu lima menit untuk mengaspal jalan sejauh beberapa puluh meter.

ChanDO - Wedding Planner

Salah satu karya ChanDO
Untuk membuat janji dengan ChanDO dapat menghubungi alamatnya yaitu di Jl. Barito XII (Perumnas) No. 41, Kuala Kapuas 73515, nomor HP-nya 0852.1845.4571 dengan alamat email: ChanDOmaeh@yahoo.com. Selain "wedding planner", ChanDO juga melayani bridal, designer & make-up artist, gown, kebaya dan casual. 

Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1433 H/2012 M

Jadwal ini diperoleh dari Bagian URAIS Kementerian Agama Kabupaten Kapuas pada hari Kamis, 12 Juli 2012. Gambar diatas ukurannya cukup besar sekitar 4,73 MB sehingga cukup baik digunakan untuk percetakan. Semoga bermanfaat.

KEMITRAAN DUKUN - BIDAN DAN REFRESING KADER POSYANDU

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Puskesmas Pulau Kupang dengan menggunakan dana Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) TA.2012. Ini bukan merupakan kegiatan baru tapi merupakan pelaksanaan kegiatan tahun ke-2 yang didanai oleh BOK.

Diharapkan dengan kegiatan ini cakupan persalinan oleh tenaga kesehatan semakin tinggi sehingga angka kematian ibu melahirkan dapat ditekan sekecil-kecilnya. Posyandu yang merupakan pelayanan kesehatan terdepan dimasyarakat diharapkan tetap aktif agar tumbuh kembang anak balita dapat terpantau sedini mungkin dan kejadian gizi buruk dapat ditekan sekecil mungkin.

Sebagian peserta pertemuan dukun dan kader

Tim Dinkes dan Puskesmas Pulau Kupang
Sukses untuk puskesmas Pulau Kupang. terus lakukan kegiatan demi kemajuan kesehatan yang optimal di Kabupaten Kapuas.

Rabu, 11 Juli 2012

Along The Rivers of Central Kalimantan - Buku

Sampul buku "Along The Rivers of Central Kalimantan"
Buku ini dikarang oleh Arnoud H. Klokke, dokter misionaris Protestan yang pernah bertugas di Rumah Sakit Kuala Kapuas dari tahun 1949-1959. Buku ini berisi koleksi foto dokter Klokke ketika beliau melakukan perjalanan menempuh tiga sungai di Kalimantan Tengah yaitu Sungai Kapuas, Sungai Kahayan dan Sungai Rungan.

Daerah-daerah di Kabupaten Kapuas yang ada fotonya dalam buku ini adalah:
  • Kota Baru, Kapuas Tengah 
  • Pujon, Kapuas Tengah
  • Marapit, Kapuas Tengah
  • Sungai Ringin, Kapuas Tengah
  • Tumbang Tukun, Pasak Talawang
  • Tumbang Tihis, Kapuas Hulu
  • Tumbang Bukoi, Mandau Talawang
Foto-foto yang ditampilkan dalam buku ini diantaranya adalah mengenai:
  • Anyaman tikar rotan buatan tahun 1939 oleh Merintje Bahoei dari Marapit, Kapuas Tengah
  • Pantar di Tumbang Bukoi
  • Rumah yang dindingnya dari akar kayu di Tumbang Tihis
  • Indu Kuwik, seorang balian di Tumbang Tukun
  • Huma hai di Sungai Ringin
  • Sandung di Pujon
  • Hampatung di Pujon
Buku setebal 174 halaman ini diterbitkan oleh Museum Volkenkunde (Liefkes-Weegenaar fonds), C. Swartenkot Art Books pada bulan Maret 2012. Warga Kalimantan Tengah yang turut berkontribusi terhadap buku ini adalah Dr. Marko Mahin, dosen di Universitas Kristen Palangka Raya.

Selasa, 10 Juli 2012

Manfaat Program PNPM di Desa Tambak Bajai


Video diatas menggambarkan kesaksian salah seorang warga Desa Tambak Bajai, Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah mengenai manfaat dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Peduli. Mereka yang tadinya hanya mengandalkan hasil alam saja, sekarang mereka sudah memiliki usaha sampingan yang bisa diandalkan. 

Pertemuan Jejaring Internal Malaria Rumah Sakit

Dalam rangka mempercepat pencapaian program eliminasi Malaria di Kalimantan Tengah pada tahun 2018, Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah berinisiatif untuk mulai melakukan gerakan pelibatan berbagai sektor terkait untuk mensukseskan target ini. Selama ini perhatian terhadap masalah Malaria ditumpukan pada puskesmas dan jejaringnya. Sekarang rumah sakit dilibatkan lebih erat mengingat cukup banyak kasus yang ditangani oleh rumah sakit. Sebagai tindaklanjutnya dilaksanakanlah Pertemuan Jejaring Internal Malaria Rumah Sakit yang diselenggarakan pada hari Selasa, 10 Juli 2012 di aula RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo, Kuala Kapuas.

Tim yang datang dari provinsi terdiri dari Sinsigus, M.Kes (Kasie P2 Dinkes Provinsi), Rita, SKM, M.Si (Project Office Global Fund Malaria) dan Agus (Labkesda Provinsi). Sedangkan tim dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas adalah Rasita Usman, SKM (Kabid Penanganan Masalah Kesehatan), dr. Tri Setyautami, MPHM (Kasie Bimdal P2), Anih, SKM, Rina,  dan Hendra Maulana, A.Md.Kep.

Presentasi diberikan oleh Bapak Sinsigus, Ibu Rita, Ibu Tri dan dr. Agus Nurohman, Sp.PD. Setelah presentasi dilakukan tanya jawab untuk membicarakan penanganan Malaria di rumah sakit. Dari diskusi ini disimpulkan tentang perlunya perbaikan perencanaan obat-obatan, pemantauan kualitas pelayanan laboratorium sehingga dapat mendukung pengambilan keputusan dalam penanganan malaria, serta diperlukan adanya kerjasama yang baik antara dokter praktek swasta, puskesmas dan rumah sakit serta dinas kesehatan.

Pelatihan KPPBM Modul 5-7 PMI Kabupaten Kapuas

Sebagai tindak lanjut dari Program Kesehatan dan Pertolongan Pertama Berbasis Masyarakat (KPPBM) yang dibantu oleh Palang Merah Spanyol (Spanish Red Cross - SRC), PMI Kabupaten Kapuas mengadakan Pelatihan KPPBM Modul 5-7 yang dilaksanakan pada tanggal 9-14 Juli 2012 di aula Hotel Raudah, Kuala Kapuas. Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari pelatihan Modul 1-3 dan pelatihan Modul 4.

Pelatihan ini disupervisi oleh Sub Divisi Kesehatan Masyarakat PMI (Mbak Eka) serta dibimbing oleh fasilitator dari PMI Provinsi Bali (Mas Budi), PMI Jogjakarta (Mbak Erla) dan PMI Jawa Barat (Mas Heri).  Para peserta pelatihan ini adalah para peserta pelatihan sebelumnya yang terdiri dari Korps Sukarela (KSR), petugas dari Puskesmas Sei Tatas, Puskesmas Pulau Kupang ditambah peserta baru dari Puskesmas Terusan Tengah. Petugas dari Dinas Kesehatan juga mengikuti pelatihan ini. Perwakilan dari Kalbar, Kalsel dan Kaltim kembali berpartisipasi.

Setelah pelatihan ini, para relawan akan mulai turun ke desa untuk membentuk Komite Desa. Kemudian akan dilakukan rekrutmen Relawan Kesehatan Desa yang akan menjadi tulang punggung kegiatan KPPBM ini. Kegiatan ini akan dilaksanakan di 3 kelurahan dan desa yaitu Pulau Kupang, Teluk Palinget dan Terusan Raya.

Minggu, 08 Juli 2012

Puasa Ramadhan 1433 H



Oleh: Guru Parhani

Pekerjaan sunah yang dikerjakan di bulan Ramadhan sama dengan pekerjaan wajib di bulan lain. Pekerjaan wajib diganjar tujuh puluh kali lipat apalagi di malam Lailatul Qadr (tidak terhingga balasannya). Bulan rahmah, bulan maghfirah.

Hadits: Jika sekiranya umatku mengetahui kebaikan yang ada dibulan Ramadhan, niscaya mereka menginginkan hari setahun itu Ramadhan, saking mulianya Bulan Ramadhan. Allah memberikan kewajiban kepada kita, yang bila kita kerjakan, kebaikannya untuk kita. Kewajiban itu adalah ibadah puasa. Bila kita lakukan dengan baik, manfaatnya untuk kita, bukan untuk Allah. Diwajibkan pada laki-laki dan perempuan yang sudah akil baligh, tidak ada alasan untuk meninggalkan puasa Ramadhan, kecuali beberapa golongan yang boleh tidak berpuasa:
  1. 2: 185 – sakit (ada harapan sembuh bila istirahat makan obat dan makan teratur). Sakit influenza (sakit ringan) sebaiknya tetap puasa.
  2. 2: 185 – safar (dalam perjalanan jauh) yang tidak diharamkan.

Mereka harus menyempurnakan pada waktu-waktu yang lain. Misalnya sudah sehat, maka membayar banyaknya puasa yang ditinggalkan. Untuk yang musafir bila sudah kembali atau menetap maka di harus membalas puasa yang ditinggalkan.

Ada golongan lain yang boleh tidak berpuasa dan tidak mengqodho’ tapi hanya membayar fidyah di akhir Ramadhan. Fidyah – nya membayar satu kali puasa dengan satu kilo, dibayarkan pada orang-orang miskin dilingkungan kita. Jangan berasnya saja, tapi ada lauk pauknya.

Siapa orangnya yang hanya bayar fidyah:
  1. 1.       Orang yang sakit yang tidak diharap akan sembuhnya. Diambil dari hartanya, bila tidak ada dari harta anaknya. Orang yang sakit bila tidak makan maka boleh tidak puasa (setelah dipastikan penyakitnya oleh dokter).
  2. 2.       Orang yang sudah tua bangka (fisiknya lemah) tapi akalnya masih sehat (tidak pikun). Tapi bila orang tua tersebut pikun, maka tidak ada lagi kewajiban padanya.


Selain itu wanita haid dan wanita nifas tidak boleh puasa dan wajib untuk membayar pada bulan-bulan yang lain. Membayar hutang bisa dengan hari yang berurutan atau hari yang berselang-seling.

Aisyah: kami disuruh untuk membayar puasa tapi tidak disuruh untuk membayar shalat.

Bagaimana dengan tukang becak. Kita harus menabung selama 11 bulan untuk bulan Ramadhan. Bagaimana dengan panen di bulan Ramadhan. Setelah Subuh langsung panen. Setelah Ashar turun lagi.

Rukun puasa:
  1. 1.       Niat pada tiap-tiap malam. Diniatkan dalam hati untuk mengerjakan puasa pada esok hari karena Allah SWT. Niat ini tidak perlu berulang-ulang dalam satu malam. Niat ini tidak bisa batal.
  2. 2.       Menahan diri dari segala yang membatalkan mulai terbit fajar sampai terbenam matahari.


Yang membatalkan puasa:
  1. 1.       Memasukkan sesuatu benda dengan sengaja ke rongga atau lubang-lubang yang terbuka yang ada pada tubuh manusia (telinga, hidung, mulut, kemaluan). Minum karena lupa tidak apa-apa. Berkumur boleh, asal tidak melalui tenggorokan. Sikat gigi boleh. Hukum batal apabila melewati tenggorokan. Mandi tidak membatalkan puasa. Bila yang masuk ke rongga hidung Cuma bau saja maka tidak batal (misalnya minyak kayu putih, bau masakan).
  2. 2.       Muntah dengan sengaja. Orang yang muntah saat puasa wajib berkumur-kumur. Sisa-sisa makanan di sela-sela gigi harus segera dibersihkan agar tidak termakan ketika menelan liur.


Jangan sampai nilai puasa hilang dengan jalan:
  1. 1.       Berbohong. Puasa tidak batal, tapi nilai puasanya tidak ada.
  2. 2.       Menggosip orang lain.


Hadits: puasalah maka engkau akan sehat

Perut bila terisi terus dengan makanan, tidak istirahat. Ibarat pabrik, mesinnya jalan terus. Saat puasa, perut kosong, perut istirahat. 

Sabtu, 07 Juli 2012

Doktor.com - Service Laptop dan Printer

Toko yang terletak di Jalan Letjend Soeprapto, Kuala Kapuas ini meramaikan keberadaan toko komputer di Kabupaten Kapuas. Pelayanan yang disediakan oleh toko ini adalah sebagai berikut:

  • Service laptop
  • Jual beli laptop second
  • Spare part
  • LCD, keyboard
  • Baterai, adaptor
  • HDD, DVD, kabel fleksibel, dll
  • Service printer
  • Jual printer baru + infus (termurah)
  • Jual cartridge kosongan + baru
Toko ini dapat dihubungi pada nomor HP 085249232385.

Bengkel Ihut

Bapak Ihut di bengkelnya
Bengkel Bapak Ihut ini terletak di Jalan Untung Surapati, Kuala Kapuas persis di depan markas Palang Merah Indonesia Kabupaten Kapuas. Bengkel ini melayani servis tambal ban sepeda dan sepeda motor. Selain itu juga menerima service pelang, jari-jari dan tromol ban sepeda motor. Bengkel ini buka dari pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB. Sehari-hari bengkel ini ramai dengan orang-orang yang membetulkan sepeda dan motor mereka.

Peningkatan dan Rehabilitasi Dermaga Sungai Danau Mare (2)

Pemasangan tiang pancang dermaga Danau Mare
Sejak dua bulan yang lalu, peningkatan dan rehabilitasi dermaga sungai Danau Mare kembali berjalan. Kegiatan pemasangan tiang pancang ini sudah mencapai bagian depan dari pos penjagaan Dinas Perhubungan Kabupaten Kapuas. Berbeda dengan sebelumnya, pemotongan tiang pancang ini dilakukan lebih tinggi dibandingkan dengan pancang di tempat yang lalu. Saat air dalam, tiang pancang baru masih terlihat, sedangkan tiang pancang lama tertutup permukaan air. 

Penyemprotan dan Survei Malariometrik di Timpah

Bapak Adi Purnomo (Dinas Kesehatan) sedang melatih penyemprot
Mengingat tingginya angka kesakitan akibat penyakit Malaria di Kecamatan Timpah, pada hari Rabu, 4 Juli 2012 tim dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas melatih petugas puskesmas dan masyarakat untuk melakukan Indoor Residual Spray (IRS) yaitu kegiatan menyemprot bagian dalam rumah dengan insektisida untuk membunuh nyamuk yang menularkan Malaria. Kegiatan ini dilaksanakan di Puskesmas Timpah.
Survei malariometrik pada anak-anak di Pustu Lungkuh Layang
Selain itu juga dilakukan kegiatan survei malariometrik yaitu kegiatan untuk mengetahui angka kesakitan dan tingkat endemisitas malaria di suatu daerah dengan mengukur angka limpa dan angka parasit. Kegiatan ini dilakukan oleh petugas dari Puskesmas Timpah.